Mengatasi Kesulitan Blogging di Blogspot Menggunakan HP Android dengan 26 Langkah ini

Jika Anda berfikir bahwa panduan blogging lewat HP Android sudah basi, maka itu berarti Anda belum membaca artikel ini sampai selesai. Iya. Karena yang saya tulis disini bukanlah hanya "cara membuat blog dari HP", tapi bagaimana blogging lewat HP bisa menghasilkan tampilan yang (hampir) sama seperti jika Anda blogging menggunakan komputer.

Bagi Anda pengguna wordpress, hal itu bisa dengan mudah Anda lakukan, karena aplikasi blog wordpess versi Android terbilang lengkap untuk menghasilkan tulisan yang bagus.

Lalu bagaimana dengan pengguna blogspot (blogger) gratisan?


Saya tidak akan bicara panjang disini, takut dimarahi oleh mbah gugel selaku pemilik blogger. Intinya sih, aplikasi blogger versi android dibuat hanya untuk keperluan menulis tok, dan tidak bisa maksimal untuk editing artikel. Tapi anda tidak perlu risau, tidak perlu galau, apalagi sampai sakau...

Dibawah ini ini adalah cara yang tepat blogging blogspot menggunakan HP android.

1. Download aplikasi blogger

Pertama yang harus Anda lakukan adalah mendownload aplikasi blogger di playstore. Agar lebih mudah, setelah masuk ke playstore, Anda ketikkan "blogger" pada kolom pencarian.

2. Download browser Chrome

Secara default, browser chrome akan sudah tersedia diperangkat android Anda. Namun jika ternyata tidak ada, Anda dapat mendownloadnya juga dari playstore.

Saya tidak menyarankan browser lain, karena chrome ini (sepengalaman saya) yang paling tepat untuk blogging di blogspot (blogger.com). Mungkin karena platformnya yang sama-sama google.

3. Download aplikasi office (saya sarankan WPS office)

Pada dasarnya, penulisan artikel bisa dilakukan langsung di aplikasi blogger. Namun saya sering mengalami kesulitan dengan cara langsung seperti itu.

Misalnya begini,

Anggap saja Anda sudah menulis di aplikasi blogger, kemudian Anda save sebagai draft. Kemudian dilain waktu Anda membuka draft tersebut untuk melanjutkan ataupun mengedit tulisan Anda. Saat itu Anda harus scroll jauh kebawah untuk mencapai ujung tulisan yang terakhir. Tentu itu tidak terasa nyaman, bukan?

Selain itu, dengan menggunakan aplikasi office, Anda akan lebih hemat kuota internet Anda, karena Anda tidak membutuhkan koneksi internet saat mengetik. Anda hanya membutuhkannya pada saat posting tulisan.

4. Mulai menulis dengan aplikasi text (note pad versi WPS Office)

Pertama, Anda buka aplikasi WPS office. Jika pertama kali membuka, Anda akan diberikan panduan oleh aplikasinya. Untuk memulai menulis, klik tanda "+" disudut kanan bawah.

5. Kemudian pilih "memo baru" (logo T)


6. Kemudian mulailah menulis. Jika sudah selesai, untuk menyimpannya, klik gambar disket disebelah menu "selesai" itu.

7. Jika sebelumnya Anda sudah punya tulisan yang tersimpan, maka pada poin nomor 4 diatas, Anda klik "buka" pada pojok kiri datas.

8. Lalu pilih dokumen yang akan Anda edit

9. Jika ini merupakan dokumen baru seperti pada poin nomor 6, maka pada saat Anda akan menyimpan dokumen, akan ada pilihan seperti dibawah ini.

Pilih salah satu folder yang akan digunakan untuk menyimpan dokumen. Misalnya "kartu SD (sdcard1)

10. Lalu berikan nama dokumen. Dalam contoh ini saya beri nama dokumen "contoh 1", kemudian klik "simpan".

11. Selanjutnya tahap peng-copy-an dari WPS ke blogger

Buka dokumen yang akan diupload (lihat poin nomor 7 dan 8), lalu klik dan tahan disembarang tempat sampai keluar menu dialog seperti dibawah ini. Pilih menu "pilih semua".

Jika tampilan kurang enak, sebelumnya klik dulu menu "bungkus teks" dipojok kiri bawah.


elanjutnya Anda keluarlah dari aplikasi office, dan masuk ke aplikasi blogger.

Disini asumsinya, Anda sudah memiliki akun blogger (akun google) dan sudah memiliki blog gratisan di blogspot.com. Jika Anda belum punya blog di blogspot, Anda bisa searching di google untuk cara pembuatannya. Gampang kok. Gampang banget.

Saat pertama kali Anda masuk aplikasi ini, Anda akan diminta memasukkan akun google Anda. Ikuti instruksinya sampai Anda masuk, kemudian Anda klik gambar pena disudut kanan atas.

Ini agak aneh... Kita kan ngetik di HP menggunakan jempol tangan. Kenapa kok gambarnya pena, bukan gambar jempol?

Hahaha...!!!

14. Selanjutnya, sentuh (klik) dan tahan dikolom isi artikel, kemudian pilih "tempel". Maka akan tercopy tulisan yang dari dokumen aplikasi WPS office tadi.

Selanjutnya isi kolom judul diatas isi artikel, dan berikan label dibawah isi. Anda juga dapat menambahkan gambar (foto) dengan mengklik pilihan logo kamera disebelah kotak judul..

Masukkan gambar yang bagus, jangan jelek seperti gambar dibawah ini.

Hahaha...!

Setelah selesai, jangan langsung diposting (diupload), karena masih ada editing yang harus dilakukan. Anda save dulu artikel tersebut dengan mengklik logo disket disudut kanan atas.

15. Setelah artikel tersimpan, buka lagi artikel tersebut

Perhatikan! Tampilan gambarnya jadi seperti dibawah ini. Posisi gambar akan otomatis berada dibawah artikel.

Anggap saja disini Anda akan memindahkan posisi gambar, maka klik gambar pena dipojok kanan atas.


16. Kemudian klik di area isi artikel

17. Kemudian sentuh dan tahan pada gambar sampai gambar terblok. Selanjutnya Anda klik gambar gunting diatas.

18. Gambar akan hilang seperti ini.


19. Pindahkan cursor ketempat yang dikehendaki, pada contoh ini misalnya diletakkan di bawah angka "2".

20. Lalu sentuh dan tahan diarea kosong dibawah angka "2" tersebut hingga terblok seperti dibawah.

Selanjutnya klik logo dokumen dijepit, (sudut atas paling kanan).

21. Maka hasilnya seperti gambar dibawah ini. Kemudian klik "selesai", dan klik logo disket dipojok kanan atas untuk menyimpannya kembali ke draft. Dan keluarlah dari aplikasi blogger, kemudian buka browser chrome.


22. Setelah Anda buka chrome, ketikkan www.blogger.com pada bilah alamat.

23. Masuk (log in) ke akun google Anda.

24. Perbesar tampilannya, pilih "edit" pada artikel yang akan diedit,

25. Misalnya Anda akan merubah tampilan huruf. Sentuh dan tahan pada kata "satu". Setelah kata terblok, Anda dapat memberi efek seperti menebalkan, memiringkan atau memberi garis bawah dengan meng-klik logo B/U pada menu bar diatas artikel.

Anda dapat juga mengatur jarak antar paragraf.

Dibagian ini mungkin Anda bertanya, kenapa tidak sekalian editing di aplikasi bloggernya tadi?

Begini, Om Bro. Berdasarkan hasil percobaan saya, editing melalui aplikasi blogger sering gagal. Contohnya, saya atur paragraf dengan memberikan jarak satu spasi antar paragraf, tapi setelah saya publikasikan tulisan saya, tampilan di browser berantakan lagi. Jarak tiap paragrafnya hilang lagi.

Karena itulah saya selalu pakai browser crome untuk keperluan editingnya.

26. Terakhir setelah editing selesai, Anda tinggal upload/posting artikel Anda dengan memilih tombol "publikasikan" pada menu bar diatas, sebelah kanan.

Nah, Om bro/Tante Sist, itulah salah satu cara alternatif blogging menggunakan HP android bagi tidak memiliki komputer seperti saya.

Sekian, terima kasih, happy blogging,
Wassalam...

Comments