Skip to main content

Peluang 2 Bisnis Hayalan vs 3 Usaha Modal Kecil yang Tidak Menjanjikan, tapi Membuktikan

Baca Juga

Kita semua tahu kalau dijaman sekarang ini persaingan disemua sektor usaha sangatlah ketat. Dan hal itu juga berlaku didunia kerja.
Ketika kita kesulitan mendapatkan pekerjaan, sebagian dari kita biasanya akan mencari peluang usaha diberbagai media. Salah satunya adalah mencari informasi melalui media internet.

Adalah hal yang manusiawi ketika kita ingin memiliki usaha yang mudah, dengan modal kecil tapi hasil besar. Walaupun hal itu hampir mustahil.

Enak saja! Mau usaha gampang tapi hasil banyak? Hahahaha....!!! Ngimpi. Kita manusia modern, om bro. Kita bicara yang realistis saja.


Dari hasil mencari tahu sana-sini, ditambah beberapa hal yang pernah saya alami, saya menyimpulkan ada 2 jenis usaha yang "tidak baik" untuk dijalankan, dan ada 4 usaha kecil yang good untuk ditekuni.

Apa saja yang tidak baik? Berikut ringkasannya dari TKP...

A. Bisnis yang tidak bagus

1. Bisnis MLM

Sejatinya MLM adalah sistem usaha yang legal untuk dijalankan. (Katanya) banyak orang yang sukses dibidang itu. Tapi tahukah Anda, bahwa ada lebih banyak yang gagal disana dibanding yang sukses.

Hahaha.. Kasihan yang gagal ya...?

Mohon maaf jika ada yang tersinggung. Tapi saya tidak bermaksud menjelek-jelekkan pihak manapun. Saya hanya bermaksud "meyakinkan pilihan" jika Anda berniat terjun kedunia MLM ini.

Jika Anda bertanya pada "mbah google", maka akan ada banyak sekali ulasan yang membahas MLM disana. Dan ada banyak sekali pro kontra dalam bahasannya.

Biasanya, orang yang "menyerang" MLM adalah orang yang gagal dibidang itu, atau orang yang sama sekali tidak tertarik pada MLM.

Sementara ada juga pihak yang "membela" MLM. Pihak ini terdiri dari 2 bagian,

* orang yang sukses disana,

* orang yang baru bergabung dengan MLM sehingga belum tahu hasilnya dalam jangka panjang.

Orang yang baru bergabung inilah yang menurut saya "berbahaya". Mereka baru tahu teori dan iming-iming dari leadernya. Tapi justru menggebu-gebu dalam rangka mengajak calon downline.

Hadeuhh.. Kalimatnya rancu ya? Nggak apa lah. Kita ngopi saja sambil ngemil kacang bogor.

Nah... Bagi Anda yang belum tahu, kacang Bogor ini bijinya lebih besar dari kacang tanah.

Hahaha...!!! Ngapain jadi ngomongin kacang Bogor?

Nah, lalu kenapa saya tidak menyarankan bisnis MLM? Berikut ini kejanggalan-kejanggalan MLM dalam konteks "bisnis" menurut pandangan saya...

1.1. Istilah "bisnis MLM"

Dari istilahnya saja saya sudah tidak setuju. Yang benar adalah "kerja MLM". Kenapa begitu?

Yang namanya bisnis (dalam arti bisnis penjualan produk), bagi saya adalah jika kita bebas mutlak. Punya modal sendiri, belanja sendiri (tanpa iming-iming bonus dll), menjual sendiri, keuntungan buat diri sendiri.

Lalu bagaimana dengan MLM?

* bayar uang pendaftaran = mendapat hak member dan beberapa unit produk.

Menjadi member MLM, berarti Anda bekerja untuk MLM tersebut.

Bisnis modal kecil seharusnya tidak perlu menjadi member. Cukup belanja ke distributor/grosir, kemudian jual pada konsumen. Selesai!

Bebas kan? Nggak perlu jadi member, dan kita bebas menjual produk apapun!

1.2. Diberikan penyuluhan (semacam breafing atau seminar)

Dalam bisnis kecil, Anda sendiri yang mencari penyuluhan (jika Anda merasa perlu). Anda hanya perlu menonton acara para motivator di TV, kemudian Anda aplikasikan dalam bisnis Anda. Simple dan bebas kan?

1.3. Harus merekrut member baru (downline)

Dalam bisnis real, Anda hanya perlu mencari pelanggan, tidak perlu downline.

Dan Anda akan mendapat komisi dari perekrutan downline tersebut.

Apa Anda nggak kasihan dengan downline Anda? Sejatinya, komisi Anda itu adalah uang milik downline, bukan bonus dari perusahaan.

Bagaimana kalau downline Anda itu bergabung karena "tergiur" penghasilan tinggi semata, dan bukan karena faham sistem kerjanya?

Bagaimana kalau downline yang nggak faham itu sebenarnya mendaftar dengan uang hasil ngutang? Kasihan kan?

Boss Andalah yang enak diatas. Hanya ongkang-ongkang kaki dan menerima penghasilan tak terbatas dari kerja keras Anda semua.

Seharusnya, Andalah yang menikmati hasil kerja keras Anda sendiri.

1.4. Menjual produk perusahaan MLM tersebut

Menjual produk tertentu, berarti Anda bekerja pada perusahaan produk tersebut, bukan berbisnis.

Dalam bisnis kecil yang nyata, Anda seharusnya bebas menjual produk apapun yang sesuai dengan kebutuhan pasar Anda.

Dengan menjual produk yang sesuai dengan permintaan pasar, maka lebih besar potensi keuntungan Anda.

Kenapa harus susah-susah menjual produk tertentu? Kalau gitu sih mendingan Anda kerja diperusahaan distribusi yang produknya sudah dikenal luas dimasyarakat.

1.5. Mencapai target penjualan untuk mendapatkan bonus/reward

Ketika target penjualan ditentukan oleh leader/atasan/perusahaan, berarti kita adalah bekerja, bukan berbisnis. Dalam bisnis Anda, Anda sendiri yang seharusnya menetukan targetnya. Dan tanpa iming-iming bonus.

1.6. Waktu kerja yang bebas dan fleksibel

Siapa bilang?!

Siapa coba? Bukan saya lho yang bilang. Hahaha...!!

Anda justru bisa benar-benar bebas ketika Anda menjalankan usaha sendiri. Usaha yang mutlak milik sendiri, bukan sebagai member dari perusahaan manapun.

1.7. Harus bekerja keras untuk bisa sukses

Ini yang paling aneh menurut saya. Hal ini banyak saya temukan dirumahnya mbah google.

Ketika ada seseorang (mungkin orang yang gagal di MLM) merasa kesal, kemudian melampiaskan kemarahannya dimedia internet, maka orang lain yang pro pada MLM akan menjawab,

"Ketahui dulu sistemnya! Harus kerja keras! Jangan harap reward besar jika malas!"

Hahaha...!!! Ini kan lucu! Semua orang juga tahu, kalau mau berhasil ya harus kerja keras. Dan ini berlaku untuk semua sektor bisnis! Bukan cuma untuk MLM.

Coba kalau kerja keras itu Anda terapkan pada usaha kecil Anda, hasilnya akan jauh lebih besar dibanding Anda kerja MLM.

Itulah beberapa point penting yang harus Anda ketahui tentang MLM. Karena itulah saya tidak menyarankan Anda terjun kedunia MLM.

Jikapun Anda tetap ingin mencoba, sebaiknya Anda baca dulu artikel dari brilio.net berikut: 25 bukti MLM tidak seindah yang dibayangkan

2. Usaha perkreditan

Usaha perkreditan disini maksudnya, Anda beli suatu produk dengan cara tunai, dan menjualnya dengan sistem kredit. Usaha ini sedikit lebih baik dari pada MLM (menurut saya). Usaha jenis ini berpotensi memberikan keuntungan hingga 100%.

Menggiurkan ya...?

Banyak produk yang bisa dijual dengan sistem ini. Mulai dari produk elektronik, alat rumah tangga, sampai pakaian.

Saya sendiri pada tahun 2012 pernah menjajal bisnis ini, di Tangerang. Maksudnya buat sampingan, tambahan gaji bulanan. Lalu kenapa saya tidak menganjurkan bisnis ini?

Karena besar potensi kredit macetnya!

Sudah menjadi hal yang lumrah. Kebanyakan orang akan mudah saat mau ngutang, tapi jadi sulit saat mau bayar.

Terakhir dibisnis ini, tunggakan dari konsumen saya senilai 1,163,000 rupiah. Lumayan kan? Coba kalau buat beli cendol, banjir cendol sekampung tuh.

Sampai pada 2014, saya pulang kampung dan menetap di Ciamis, uang itu nggak pernah kembali... Sedih kan?

Disini bahasannya usaha kecil lho ya? Jangan disamakan dengan FIF, Adira dan lain-lain.

Nah, saudara-saudara sebangsa dan setanah air! Kalau diatas sudah saya sebutkan bisnis yang tidak baik, sekarang...

B. Usaha kecil yang tidak menjanjikan, tapi membuktikan!

1. Salesman freelance


Sebagian orang mungkin tidak menghendaki profesi sebagai salesman, apalagi motoris. Saya sendiri, dulu, sama sekali tidak menginginkan profesi ini.

Jujur saja, awalnya usaha ini saya jalani setengah terpaksa, karena tidak ada pilihan lain. Tapi lain cerita sekarang.

Setidaknya, usaha saya ini lebih baik daripada bekerja diperusahaan milik orang lain. Bahkan lebih baik daripada bisnis MLM.

Lalu bagaimana cara menjadi salesman freelance? Anda bisa mulai membaca dari: 3 produk yang mendongkrak keuntungan hingga 93,55%.

Nah, usaha jenis ini hanya membutuhkan sedikit modal (dalam hal produk yang dipasarkan), tapi sebelumnya tentu Anda harus sudah punya armada niaganya. Minimal sepeda motor (seperti saya).

Kalau dipikul, nanti dikira tukang bajigur keliling... Hehehe...

Untuk mengetahui jumlah modal yang harus Anda miliki, saya berikan contoh produk yang saya pasarkan, dibawah ini beserta harga belinya.

Namun sebelumnya saya klarifikasi dulu, disini saya hanya berbagi ilmu yang saya tahu. Saya sama sekali tidak menawarkan produk apapun. Saya bukan pelaku MLM. Hahaha...!!

Semua produk yang saya contohkan disini, bisa Anda dapatkan ditoko grosir/distributor masing-masing produk dikota Anda. Baca: sumber barang murah, metode penetapan harga, dan rute terbaik canvas

Dan sekarang, kita langsung saja ketabel produk...

# tabel harga beli

Kis chewy2 zak 40 pcs: 3,900
Kopiko mini 40 pcs: 10,000
Kis box 150 pcs: 13,500
Lazery Kotak 175 pcs: 20,000
P Susu penguin 30 lembar: 12,500
Texas Refil 200 pcs: 15,000
Yupi toples 125 pcs: 15,500
Panda marshmallow 70 pcs: 15,000
Antangin mini 150 pcs: 15,500
Golia Refill 165 pcs: 16,000
Collins Refill 150 pcs: 14,000
Kino Refill 200 pcs: 12,000
Coffee Club teko 150 pcs: 16,500
Davos 10 roll:  7,200
Christon 20 roll: 4,250
Yosan Box 60 pcs: 7,250
Big Babol box 20 stick: 26,500
Bubble Gum box 20 pcs: 8,500
Parago box 80 pcs: 21,000
Relaxa Emutz 30 pcs: 6,250
Hotmil Refil 50 pcs: 12,500
7Bintang 100 lembar: 20,000
Trio Tablet 40 lembar: 14,000
Permen Dot 30 pcs: 13,000
Milkita Cair 30 sachet: 10,625
QQ long jelly stick 50 pcs: 5,500
Chocho long dolpin 50 pcs: 16,500
Pop Choc 50 pcs: 16,000
EyeGlass 40 pcs: 13,500
Happy Cigar box 24 pcs: 7,500
Champ sosis 30 stick: 16,667
Jelly gunting indra 25 pcs: 6,000
Madu box 12 sachet: 6,667
Herbangin box 12 sachet: 18,500
Extra joss gelas 30 sachet: 21,000
LED 3W pancaran: 2,750
LED 5W Rolinson: 4,500
LED 7W RDY : 6,500
LED 9W RDY : 7,500
LED 12W RD Y: 9,000
Neo 20W Motion: 4,400
Electra 5W: 2,160
AA Dynamax baterai jam: 32,000
AAA Traktorx baterai remote: 31,000
Gas M2000 korek: 45,000
Gas M2000M korek magnet: 52,000
Gas M2000 korek senter: 63,000
BLP MX2000 ballpoint: 4,667
Buku 30 lembar murah: 6,750
Amplop MR: 11,000
Paseo kecil lusin: 7,250
Cotton Bud dove dewasa: 4,000
Cotton Bud dove baby: 5,000
Aljesco super glue: 12,500
Isolasi hitam kingstone: 4,500
Isolasi putih murah: 3,000
Lakban Cokelat tipis: 4,000
Lakban Hitam tipis: 3,500
Oke plast: 14,000
Gilittey IIP: 31,000
Cutter pisau: 13,500
Peniti: 25,000
Sandal Miki jepit: 3,500

Total: 859,286 rupiah.

Kita asumsikan tiap item produk kita bawa sebanyak 2 unit, maka total modal Anda hanya: 1,718,572 rupiah.

Cuma segitu modalnya. Nggak sampai 2 juta (bahkan dikota Anda mungkin harganya lebih murah). Bandingkan jika kita mau membangun toko grosir, berapa modal yang harus kita miliki?

Nah, dari modal sekian diatas, berapa sih potensi keuntungannya? Kita hitung lagi..

# tabel harga jual

Kis chewy2 zak 40 pcs: 5,000
Kopiko mini 40 pcs: 13,500
Kis box 150 pcs: 19,000
Lazery Kotak 175 pcs: 28,500
P Susu penguin 30 lembar: 22,000
Texas Refil 200 pcs: 19,000
Yupi toples 125 pcs: 21,000
Panda marshmallow 70 pcs: 35,000
Antangin mini 150 pcs: 23,000
Golia Refill 165 pcs: 20,000
Collins Refill 150 pcs: 19,000
Kino Refill 200 pcs: 22,000
Coffee Club teko 150 pcs: 20,000
Davos 10 roll:  8,500
Christon 20 roll: 8,000
Yosan Box 60 pcs: 11,000
Big Babol box 20 stick: 34,000
Bubble Gum box 20 pcs: 16,000
Parago box 80 pcs: 30,000
Relaxa Emutz 30 pcs: 11,000
Hotmil Refil 50 pcs: 20,000
7Bintang 100 lembar: 35,000
Trio Tablet 45 lembar: 18,000
Permen Dot 30 pcs: 22,000
Milkita Cair 30 sachet: 12,500
QQ long jelly stick 50 pcs: 8,500
Chocho long dolpin 50 pcs: 20,000
Pop Choc 50 pcs: 20,000
EyeGlass 40 pcs: 16,500
Happy Cigar box 24 pcs: 10,000
Champ sosis 30 stick: 22,000
Jelly gunting indra 25 pcs: 9,500
Madu box 12 sachet: 9,500
Herbangin box 12 sachet: 23,000
Extra joss gelas 30 sachet: 25,000
LED 3W pancaran: 4,000
LED 5W Rolinson: 7,000
LED 7W RDY : 9,500
LED 9W RDY : 11,000
LED 12W RD Y: 13,000
Neo 20W Motion: 6,000
Electra 5W: 2,750
AA Dynamax baterai jam: 45,000
AAA Traktorx baterai remote: 45,000
Gas M2000 korek: 70,000
Gas M2000M korek magnet: 80,000
Gas M2000 korek senter: 90,000
BLP MX2000 ballpoint: 8,000
Buku 30 lembar murah: 8,500
Amplop MR: 17,500
Paseo kecil lusin: 9,500
Cotton Bud dove dewasa: 6,000
Cotton Bud dove baby: 7,000
Aljesco super glue: 18,000
Isolasi hitam kingstone: 7,000
Isolasi putih murah: 4,500
Lakban Cokelat tipis: 5,000
Lakban Hitam tipis: 5,000
Oke plast: 18,000
Gilittey IIP: 60,000
Cutter pisau: 18,000
Peniti: 36,000
Sandal Miki jepit: 6,000

Total: 1,263,250
Dikalikan 2 unit/item = 2,526,500

Berarti potensi keuntungannya adalah,
2,526,500 - 1,718,572 = 807,928 rupiah.
Atau 47% dari harga beli (modal) atau lebih mudahnya konversi ke harga jual, hasilnya 32%.

Saya tidak akan bicara muluk-muluk disini. Saya gambarkan saja penjualan saya hari-hari hanya dikisaran 600,000 - 1,000,000. Kita ambil tengahnya berarti 800,000.

Berapakah keuntungan saya?
800,000 x 32% = 256,000
Dengan asumsi 26 hari kerja perbulan, maka penghasilan saya adalah 6,656,000.

Yaaahh.. Cuma segitu?

Ya kita ini bicara usaha kecil dipinggiran Jawa Barat. Nominal itu lumayan disini.

Jika Anda tinggal dikota besar, tentu potensinya juga lebih tinggi, karena jumlah warung juga lebih banyak disana. Mungkin bisa mencapai 15 juta perbulan? Lumayan kan untuk ukuran usaha kecil?!

Bandingkan dengan UMK dikota Anda tahun 2017 ini. Lebih besar mana?

Tapi angka itu kan cuma ilustrasi, mas bro?

Betul! Om bro. Tapi hasil yang saya capai selalu mendekati angka itu. Jika Anda berusaha lebih keras, yakinlah, Anda akan mendapatkan lebih dari yang saya dapatkan.

Tapi saya belum punya pengalaman jadi salesman?

Itu bukan halangan. Baca: 11 langkah menjadi motoris tangguh

2. Usaha warung kelontong

Jaman sekarang ini, warung kelontongan banyak bertebaran dimana-mana.

Hahaha...! Dikira warung sama kayak debu, bertebaran...?

Ketika seseorang mau memulai usaha ini, biasanya dia akan berfikir ulang.

"Ah.. Warung udah banyak banget disini...", begitu kira-kira.

Tapi tahukah Anda..! Usaha warung kelontong kecil-kecilan ini ternyata mampu menopang kebutuhan sehari-hari keluarga saya.

Bagaimana bisa seperti itu?

Pertama, saya sudah terlebih dahulu menjadi salesman motoris canvas, sebelum memulai usaha warung.

Kedua, saya memosisikan usaha warung saya sebagai usaha tambahan. Dikelola oleh istri dirumah, sementara saya tetap fokus canvas.

Penjasannya begini...

Ketika Anda sudah berstatus sebagai salesman freelance, maka Anda akan menjual produk yang sama diwarung Anda. Betul?

Salaaahhh...!!!

Hahaha... Seru kali ya, kalau ada motivator lagi berapi-api, trus penonton jawabnya, "salah"..

Nah, seperti kita ketahui, salesman freelance/motoris, mendapatkan harga beli yang "special". Sehingga dengan menjual produk-produk tersebut diwarung Anda sendiri, maka keuntungan Anda jauh lebih besar dibanding keuntungan diposisi sales.

Yaa... Itu kan kalau laku banyak perharinya..

Nah, maka itulah saya sebutkan diatas, status warung ini sebagai usaha tambahan.

Dengan status "usaha tambahan", maka kita tidak akan "merasa terbebani", jika warung kita masih sepi pembeli. Karena kita sudah punya usaha utama.

Bukankah membangun usaha warung butuh modal besar?

Tidak! Warung yang saya maksud bukan dengan konsep warung pada umumnya. Ingat! Konsep warungnya sebagai usaha tambahan. Jadi Anda mulai dari yang kecil-kecil.

Seorang teman saya sesama motoris, dia buka warung hanya menggunakan 1 unit etalase dan 1 buah meja. Display didepan rumah, buka tutup dengan cara sederhana, yaitu dengan pengaman gembok.

Bahkan, saya sendiri awal buka warung, hanya membangun gubuk menggunakan material sisa-sisa bangunan rumah. Bongkar pasang barang tiap pagi dan malam hari.

Alhamdulillah sekarang sudah permanen.

Lalu, bagaimana dengan potensi keuntungannya?

Kita lihat saja pada poin 1 diatas.

Jika Anda sebagai motoris saja mendapat untung 32%, maka diwarung Anda mendapatkan keuntungan lebih tinggi.

Iya dong...! Karena diwarung penjualannya kan secara eceran. Otomatis keuntungannya lebih tinggi dibanding keuntungan Anda saat diposisi sebagai salesman.

Dapat dipahami?

Kalau nggak paham, ngopi dulu 3 gelas. Diminum saat panas, tanpa ditiup. Hahaha..!

3. Menjual pulsa all operator

Aaahhh... Basiii...

Hahaha..!! Sialan. Belum juga mulai udah dibilang basi. Baca dulu, om bro...

Harga beli pulsa tentu lebih murah jika belanja langsung kedistributornya. Tapi coba Anda hitung, ada berapa banyak operator seluler di Indonesia?

Dan tiap-tiap operator mempunyai batas minimal pembelian. Dan lagi, pembelian pulsa langsung kedistributor dibatasi oleh tiap-tiap nomlnal.

Aduh, rancu lagi ya kalimatnya?

Begini contohnya,
Jika Anda berbelanja pulsa kedistributor telkomsel, maka rincian minimalnya seperti ini,
Nominal 5,000 minimal 5 unit.
Nomial 10,000 minimal 5 unit.
Nominal 20,000 minimal 5 unit.
Dan seterusnya...

Dengan cara seperti itu, Anda butuh banyak modal untuk banyak operator. Belum lagi Anda harus memprediksikan nominal mana yang paling banyak peminatnya didaerah Anda?

Ribet kan? Sedangkan disini kita membahas usaha kecil, berarti harus dengan modal kecil dong?!

Nah, solusinya adalah dengan jaringan pulsa all operator. Satu deposit untuk operator apapun dengan nominal berapapun.

Tapi dengan cara itu jadi harga belinya lebih mahal dong? Betul, jika Anda tidak tahu cara pintasnya.

Menjual pulsa all operator bisa lebih menguntungkan jika Anda mendapatkan pulsa tersebut dari servernya langsung. Harga yang Anda dapatkan hanya akan selisih 100 rupiah dari harga distributor.

Tapi tidak disemua daerah saya bisa menemukan servernya. Sedangkan jika saya mendaftar sebagai downline dicounter-counter yang dipinggir jalan, maka harganya jauh lebih mahal.

Tenang, om bro... Ada cara untuk menemukannya.

Pertama, Anda tidak usah susah-susah nyari servernya. Langsung saja Anda mendaftar dicounter pulsa terdekat yang menerima pendaftaran downline/referall. Dari situ Anda akan mendapatkan nomor server transaksi.

Nah, Anda lacaklah nomor server tersebut di google, maka Anda akan menemukan lokasi servernya melalui blog/web resmi server tersebut.

Jika cara itu tidak berhasil, Anda telfonlah layanan pelanggan dari server tersebut. Tanyakan lokasi servernya.

Setelah Anda mendapatkan alamat server tersebut, segeralah datang kelokasi.

Disana Anda sampaikan pada customer servicenya, bahwa Anda akan menghapus pendaftaran sebelumnya, dan mengulang pendaftaran langsung dicounter/kantor tersebut.

Sebelum saya tutup, saya ingatkan lagi. Posisikan penjualan pulsa tersebut sebagai sampingan/tambahan. Sama seperti posisi warung kelontong dipoin nomor 3.

Dengan sinergi 3 usaha kecil diatas, Anda bisa sukses tanpa harus pusing-pusing mencari pekerjaan dengan gaji tinggi. Anda bebas dari target dan jam kerja. Penghasilan Anda jauh lebih tinggi daripada Upah Minimum dikota Anda.

Saya ingat perkataan teman (entah ngutip dari siapa dia),

"Setinggi apapun jabatan Anda, Anda tetaplah bawahan bos. Tapi sekecil apapun usaha Anda, Andalah bosnya".

Selamat berwira usaha!

Wassalam..
Penulis

Comments

  1. a masih keneh janten motoris teu?

    ReplyDelete
  2. a sumber barang murah aya deui teu di banjar kecuali di
    h maman?

    ReplyDelete
  3. update deui a brang2 nu tiasa dicandak ku freelance

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sumber di banjar mah mung terang pa haji maman ungkul eung... kapungkur aya oge pa dirman di bojong, ngan ayeuna mah tutup ceunah.

      Aya wartos ceunah di mas epul aya barang-barang anu non-makanan. Produkna sapertos produk toko batavia (haji rohim) ciamis, model lakban, alat-alat tulis dll. Ngan abi mah tacan kantos nyobian.

      Mun hoyong nyobian, taroskeun alamat kang epul ka karyawanna pa haji maman.

      Abina ayeuna nuju teu aktif di motoris, janten tinggaleun update produk-produk freelance.

      Nuju sibuk pisan urusan dibumi, waktosna pebeulit, janten off heula ngiderna.

      Delete

Post a Comment