Penyebab Motor Matic Injeksi Mati Mendadak dan Cara Menanganinya

Baca Juga

Cara yang paling mudah tapi paling berat untuk mengatasi motor mogok adalah, "dorong motor sampai bengkel terdekat". Hahaha... Kampret lu!

Saya pernah beberapa kali menjumpai penunggang matic (baik yamaha ataupun honda) yang tengah kerepotan karena mesin skuternya mogok. Termasuk saya sendiri pernah mengalami kejadian seperti itu. Mesin skutik saya tiba-tiba mati saat saya menutup gas.

Kadang (kalau lagi kumat) saya juga merasa skutik saya "nggak narik" saat saya buka gas. Di tarik gas kok rasanya malah kayak nge-rem, gitu?

Penyebab dari mogoknya skutik itu sendiri (semua motor pada umumnya) dapat beragam. Namun disini saya hanya akan menceritakan apa yang pernah saya alami.

Dirangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa penyebab yang paling umum (khususnya pada motor matic).


1. Kompresi Bocor

Hasil bertanya pada mbah gugel, saya mendapat pencerahan bahwa kebocoran kompresi bisa menjadi salah satu penyebabnya. Kebocoran kompresi itu sendiri bisa diakibatkan oleh penggunaan BBM yang kotor. Kotoran dari BBM terbawa masuk keruang bakar sehingga menyumbat diantara piston dan dinding selinder.

Tapi saya sendiri sebenarnya kurang begitu yakin. Jika memang itu masalahnya, tentu kasusnya akan terjadi disemua tipe motor, bukan hanya skutik saja.

2. Mesin Kebanjiran Bensin

Hal ini paling banyak terjadi pada motor-motor jaman dahulu. Tapi tidak tertutup kemungkinan terjadi juga pada motor-motor baru. Hal itu ditegaskan dengan adanya petunjuk penanganan "mesin kebanjiran bensin" didalam buku panduan manual Honda Spacy FI, Honda Fit X dan Yamaha Vega R.

3. Injektor dan Saluran Bahan Bakar Kotor

Setelah mengalami mesin mati mendadak, segera saya bawa Spacy saya kesalah satu bengkel resmi Honda disekitaran Banjar, Jawa Barat. Dan dari mekanik disana, saya mendapatkan penjelasan bahwa injektor dan saluran bahan bakar motor saya kotor.

4. Mesin mengalami overheat (panas berlebih)

Saya pernah mengalami hal ini pada saat mudik lebaran tahun 2012. Dalam perjalanan dari Tangerang - Banten menuju Ciamis - Jawa Barat dengan menunggang Vega R. Mesin Vega R saya tiba-tiba mati saat dalam kemacetan diruas jalan Soekarno - Hatta, Bandung.

Dengan agak susah payah saya menepi. Agak panik sih, tapi kemudian mesin bisa menyala kembali setelah istirahat selama beberapa menit.

Nah, bagaimana menanganinya saat mesin mati mendadak?

Bawa ke rumah sakit untuk dilakukan otopsi.
Hahaha... Di kira kasus pembunuhan kali, ya?

Hasil dari membaca buku panduan manual motor saya, penanganan masalah ini adalah,

Cara 1

* topang motor dengan standar utama (standar tengah),

* putar kunci kontak ke posisi "on",

* tekan tombol starter elektrik selama beberapa detik (jangan lebih dari 5 detik). Jika mesin hidup, segera tutup gas.

* jika mesin tidak hidup, cobalah menyalakannya dengan cara normal

* jika belum bisa juga, ulangi lagi dari langkah pertama.

Cara 2

* putar kunci kontak keposisi off,

* buka putaran gas keposisi terbuka penuh,

* injak pedal kick starter (selah) beberapa kali,

* kemudian on-kan kunci kontak,

* nyalakan mesin dengan cara normal

* jika belum berhasil, ulangi dari langkah pertama.

Jika kedua cara diatas belum berhasil setelah beberapa kali, istirahatkan dulu motor untuk beberapa saat. Ulangi lagi setelah beberapa menit. Mungkin mesin mengalami overheat seperti kejadian saya diatas.

Apakah cara ini bisa berhasil?

Saya berhasil pada Vega R saya, Spacy FI saya, dan Mio Sporty milik orang tak dikenal yang saya tolong ketika mogok dijalan.

Namun jika cara diatas tidak berhasil, berarti ada masalah lain yang lebih berat dan motor harus segera dibawa kebengkel untuk pemeriksaan lebih lanjut.

Menurut artikel yang saya baca di www.hondacengkareng.com, berikut ini beberapa kemungkinan lain yang membuat motor mati tiba-tiba:

1. Tutup tangki tersumbat

Jika Anda perhatikan, ditutup tangki bahan bakar motor ada beberapa lubang kecil yang berfungsi sebagai ruang sirkulasi udara. Jika lubang-lubang tersebut mampet, maka bensin tidak akan turun dengan lancar. Anda harus membersihkannya menggunakan angin bertekanan (angin kompresor).

2. Filter udara kotor

Fungsi dari filter ini adalah untuk menyaring udara bersih, supaya tidak ada debu/kotoran yang ikut masuk kedalam percampuran bahan bakar dengan udara. Jika ada (banyak) kotoran yang masuk kedalam sistem pengabutan, maka hal itu dapat menyebabkan tarikan motor menjadi berat dan dapat pula mengakibatkan mesin mati mendadak.


3. Setelan klep tidak tepat

Kerenggangan klep yang terlalu rapat juga dapat mengakibatkan motor mogok.

4. Komponen pengapian mati

Ada beberapa komponen yang berhubungan dengan sistem pengapian, diantaranya:

* busi

Untuk pemeriksaan awal, Anda dapat membuka busi. Kemudian dengan busi terpasang ditopi (padudnya), tempelkan kepala busi pada body mesin. Jika api busi berwarna biru, berarti busi dalam keadaan baik. Namun jika api busi berwarna merah atau bahkan tidak ada percikan api, itu berarti busi sudah tidak layak pakai. Segera ganti busi sesuai dengan spesifikasi motor Anda.

* koil

* sepul

* CDI

CDI ini adalah otak dari pengapian.

Pada dasarnya, CDI bawaan pabrikan sangat awet, jarang terjadi kerusakan (kecuali jika Anda sudah menggantinya dengan CDI aftermarket).

Tapi walaupun begitu, bukan berarti CDI original tidak dapat rusak.

Nah, untuk 4 poin diatas, perbaikannya membutuhkan keahlian mekanis dan peralatan yang memadai. Jadi untuk Anda biker golongan "user" seperti saya, sebaiknya bawa motor kebengkel terpercaya untuk penanganannya.

Agar Anda tidak mengalami mogok seperti saya, baca: kesalahan perawatan motor

Nah, Om Bro / Tante Sist. Sekian dulu dari saya...

Selamat menikmati mogok...

Hahaha... Maap. Maksud saya, selamat berkendara. Keep safety riding.

Comments