Starter Honda Beat Ngadat? Spacy Saya Juga Suaranya "Bletaakk...!!!"

Baca Juga

Masalah starter motor tidaklah melulu ada pada accu (aki) dan motor starter (dinamo) itu sendiri. Ada serangkaian komponen yang terhubung menjadi satu untuk menghasilkan daya start pada sarter elektrik sepeda motor.

Seperti kita ketahui, motor matik Honda generasi terdahulu mempunyai starter elektrik yang suaranya "kasar" (sebelum Honda menerapkan teknologi ACG starter). Hal ini kadang terdengar kurang nyaman ditelinga. Itu juga yang saya rasakan sebagai penunggang Honda Spacy FI 2013.

Pada usia Spacy saya yang telah 3 tahun, saya rasa kok suaranya makin kasar? Sampai-sampai keluar suara "bletaakk...!!" ketika tombol starter saya tekan. Bahkan kadang sampai macet, nggak mau start sama sekali. Saya sempat berfikir bahwa aki motor saya sudah lemah, mengingat usianya yang sudah 3 tahun penggunaan dengan lampu besar selalu on (sistem AHO = Automatic Headlamp On). Tapi saya perhatikan klakson dan sein berfungsi dengan baik. Maka hal itu menandakan bahwa aki dalam kondisi baik.



Menurut hasil konsultasi dengan seorang mekanik bengkel dikampung saya, ternyata starter saya sudah harus ganti bostel. Atau istilah lainnya adalah "cool starter". Dan memang benar. Elektrik starter motor saya normal kembali setelah diganti komponen itu.

Untuk lokasi bostel itu sendiri letaknya ada didalam motor (dinamo) starter. Jadi jika Anda tidak memiliki kemampuan mekanis yang memadai, sebaiknya bawa saja kebengkel terpercaya.

Sempat saya penasaran, bertanya sana-sini, termasuk nanya mbah gugel. Dan dari semua sumber itu, saya menyimpulkan...

...ada beberapa bagian yang harus diperiksa jika starter "ngadat".

1. Accu (Aki)

Cara sederhananya cukup mudah. Anda cek saja klakson dan sein. Jika klakson dan sein tidak menyala (kunci kontak pada posisi "on"), kemungkinan aki motor Anda mati.

2. Motor starter (dinamo)

3. Bostel (Cool Starter)

Ini yang saya alami pada cerita diatas. Pada Honda Spacy FI, gejalanya adalah suara starter yang sangat kasar.

4. Bendik

5. Otomatis Starter

Pada Honda  Spacy, posisinya ada didalam gearbox sebelah depan. Dekat dengan motor starter.

Untuk pemeriksaan secara menyeluruh, sebaiknya Anda konsultasi kebengkel terpercaya. Kecuali jika Anda punya keahlian mekanis, peralatan yang memadai, ataupun pengalaman menangani masalah ini.

Sekian dulu dari saya, dan...
Terima kasih.

Comments