Air Perasan Singkong Obat Maag? Bahkan Singkong Mentah Langsung Makan Pun Manjur

Baca Juga

Salah satu yang harus dihindari oleh pengidap penyakit maag adalah kopi dan santan. Saya sendiri selama ini tidak punya riwayat maag kronis. Hanya saja, pada tahun 2012 saya pernah muntah-muntah setelah mengkonsumsi sayur bersantan kental. Dan saya juga merasa tidak nyaman dilambung jika minum kopi agak banyak (sampai sekarang). Tapi hal itu tidak selalu terjadi disetiap saya mengkonsumsi santan atau pun kopi. Hanya sesekali kalau (mungkin) badan lagi kurang fit saja.

Saya punya ibu kost (pemilik kost) waktu saya sekolah dulu. Namanya Bu Engkar. Beliau sudah saya anggap orang tua sendiri. Sampai sekarang pun saya sering berkunjung, disamping saya memang akrab dengan putra beliau.

Suatu hari ketika saya berkunjung kesana, Bu Engkar bercerita bahwa beliau baru saja terkena maag lumayan parah. Sampai-sampai 2 minggu tidak bisa beraktifitas seperti biasa. Bu Engkar bilang, beliau sembuh dengan obat tradisional berupa air perasan dari parutan singkong.


Caranya,
Singkong mentah sekira 100-200 gram diparut, kemudian parutan singkong tersebut diperas tanpa menambahkan air. Air perasan singkong itu diminum 3 kali sehari.

Saya pernah mencoba cara itu. Rasanya enak, manis.

Pernah juga saya cari dirumah mbah google, saya menemukan resep ini dengan tambahan kunyit. Jadi timbulnya air perasan singkong + kunyit.

Saya sendiri belum pernah mencoba resep itu, tapi secara logika memang bagus. (Khasiat dari kunyit itu sendiri adalah sebagai antibiotik alami). Justru saya mengobati gejala maag dilambung saya dengan cara memakan singkong mentah itu secara langsung.

Langsung gimana, Masbro?

Iya langsung. Saya makan begitu saja tanpa diparut.

Emangnya enak, Masbro?

Itu relatif. Saya sih doyan. Tapi kalaupun menurut Anda nggak enak, ya...namanya juga obat.

Trus apakah sembuh?

Alhamdulillah... Dengan makan singkong mentah 3 kali sehari, saya sembuh dalam 2 hari. Tapi Anda harus hati-hati. Pilih singkong yang kulit dalamnya merah, karena singkong yang kulit dalamnya putih biasanya beracun dan tidak boleh dikonsumsi mentah-mentah.

***

Selain sebagai obat maag, singkong juga bisa digunakan untuk obat lapar... Hahaha...!!! Dikira lapar itu penyakit kali, ya?

Dirangkum dari manfaat.co.id, singkong memiliki manfaat lain, diantaranya,

1. Melancarkan pencernaan

Singkong termasuk salah satu umbi-umbian yang kaya serat. Seperti kita ketahui, serat sangat baik untuk menjaga kesehatan pencernaan.

2. Sumber energi

Energi yang terkandung pada singkong adalah dua kali energi kentang.

3. Mengobati sakit kepala

Dalam hal ini daunnya lah yang berperan. Remas daun singkong hingga lumat, dan gunakan untuk mengompres kepala.

4. Makanan diet

Walaupun mengandung karbohidrat tinggi (lebih tinggi dari kentang), tapi singkong mengandung rendah lemak dan rendah kolesterol, sehingga baik untuk Anda yang diet rendah lemak

5. Mencegah anemia

Kandungan mineral dan zat besi pada singkong dapat membantu pembentukan sel darah merah, sehingga baik untuk mencegah anemia.

6. Baik untuk penderita diabetes

Dengan kandungan gula yang rendah, singkong baik untuk konsumsi penderita diabetes.

7. Mengobati diare

Selain enak untuk lalapan, daun singkong juga baik untuk mengobati diare. Caranya, rebus beberapa lembar daun singkong hingga air rebusan tersisa setengahnya. Minum 1/2 gelas=2 kali sehari.

8. Mencerdaskan otak

Singkong juga mengandung asam amino yang dapat menjaga daya ingat.

9. Obat luka bakar dan luka bernanah

* parut sekiranya 100 gram singkong, lalu peras airnya. Tunggu sampai patinya mengendap, kemudian balurkan pati singkong pada bagian yang luka.

* tumbuk singkong secukupnya sampai halus. Kemudian tumbukan singkong yang sudah halus digunakan untuk mengompres luka yang bernanah.

10. Obat rematik

* untuk pengobatan dari luar, haluskan beberapa lembar daun singkong dengan kapur sirih dan jahe merah, kemudian balurkan pada bagian tubuh yang sakit.

* untuk pengobatan dari dalam, rebus daun singkong bersama sereh dan jahe sampai air rebusan tersisa setengah. Minum 2 kali sehari 1/2 gelas

11. Membantu regenerasi sel

Kandungan asam amino esensial juga turut membantu regenerasi sel.

12. Meningkatkan metabolisme tubuh

Kandungan vitamin B pada singkong dapat membantu metabolisme dan membantu pembentukan energi.

13. Melancarkan darah

Antioksidan yang terkandung pada daun singkong dapat membantu melancarkan distribusi oksigen dalam darah.

14. Menangkal radikal bebas

Seperti kita tahu, antioksidan juga bagus untuk menangkal radikal bebas.

***

Nah, Ombro. Kadang sebenarnya obat-obat tradisional bisa lebih mudah, lebih murah, bahkan bisa lebih manjur dari pada obat-obat apotek. Jadi saran saya, dahulukan obat tradisional karena lebih aman. Tanpa efek samping. Perlu juga berobat ke dokter untuk memastikan diagnosa atas penyakit yang Anda derita, atau jika gejala terasa berat.

Sekian, Ombro/Tantesist. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Comments