Cara Mengobati Biduran pada Anak dengan Air Kelapa

Baca Juga

Alergi dingin (biduran) adalah suatu reaksi berlebih dari tubuh terhadap cuaca dingin extrim. Gejala umum yang terjadi adalah keluar bintik-merah (bentol) pada kulit yang membesar dan semakin melebar (mirip gatal karena ulat).

Pada umumnya, alergi dingin (biduran) lebih sering menyerang anak-anak, tapi bisa juga menyerang orang dewasa. Seperti yang pernah saya tulis pada,

mengobati alergi dingin dengan mandi air hangat

Pada artikel diatas, untuk orang dewasa lebih mudah mengobati alergi dingin dengan mandi air hangat. Tapi beberapa waktu lalu saya tidak bisa memakai cara itu untuk anak saya.

Anak saya yang berumur 4 tahun, pernah juga mengalami alergi dingin. (Hal ini sekaligus membuktikan bahwa alergi dingin dapat menurun pada anak). Ini kali kedua setelah sebelumnya pada tahun 2013, saat usia anak saya belum genap 1 tahun. Saat itu saya sempat bertanya pada dokter umum yang memeriksa anak saya, bagaimana caranya agar reaksi alergi pada anak saya tidak kambuh lagi? Tapi seperti yang pernah saya tulis pada artikel sebelumnya, dokter pun tidak bisa menjamin kesembuhan total (selamanya). Hal itu karena alergi (khususnya alergi dingin) lebih pada kelainan genetika dari pada sebuah penyakit.


Kembali ke anak saya...

Kebetulan, reaksi alergi pada anak saya kambuhnya setiap menjelang tengah malam, jadi saya tidak berani mencoba metode mandi air hangat. Seperti kata iklan (jaman dulu), "buat anak kok coba-coba". Hahaha...!!

Barulah esok harinya saya bawa anak saya ke bidan dan diberikan obat anti-alergi.

Beberapa hari kemudian obat habis tapi anak saya belum kunjung sembuh. Kemudian saya bawa anak saya ke Puskesmas Cisaga-Ciamis, tapi malam harinya masih kambuh lagi. Total sudah 10 malam anak saya menderita gejala alergi.

Esok harinya saya segera menuju kerumah orang tua saya di Langensari-Banjar untuk minta kelapa muda. Dapatlah 16 butir. Segera saya pulang, saya berikan air kelapa muda pada anak saya 3 kali sehari (3x1). Reaksinya bukan main-main. Malam itu anak saya tidak lagi mengalami gejala alergi. Alhamdulillah...

Saya berikan terus air kelapa untuk minuman anak saya selama beberapa hari hingga habis 16 butir.

***

Tambahan:

* Jika Anda kesulitan untuk mendapatkan air kelapa, Anda dapat membeli obat anti-histamin di apotek terdekat. Biasanya, apoteker sudah tahu dosis pengobatannya. Atau Anda bisa langsung konsultasi dengan dokter untuk lebih pastinya.

* Menurut pengalaman saya, alergi dingin tidak ada pantangan pada makanan. Tapi dari hasil konsultasi dengan dokter dan bidan, sebaiknya jangan dulu mengkonsumsi makanan yang dapat memicu alergi, semisal telur, ikan, daging ayam dan makanan-makanan berbau amis lainnya. Hal itu karena (dikhawatirkan) dapat memicu rekasi alergi yang lain. Tapi tidak selamanya. Anda boleh mengkonsumsinya lagi setelah reaksi alerginya hilang.

* Jaman dulu, kata orang tua, kalau seorang penderita alergi dingin tidak boleh mandi dan keluar rumah sampai gejala alerginya sembuh. Tapi dari pengalaman saya dan hasil konsultasi dengan dokter Bowo (dokter spesialis kulit di Banjar Patroman) seorang penderita alergi dingin boleh mandi dengan air hangat. Menurut beliau, dengan tidak mandi justru gejala alergi akan lebih lama sembuhnya akibat keringat dan kotoran yang menempel ditubuh.

* Walaupun saya tidak bisa menjamin bahwa air kelapa dan mandi air hangat sebagai obat yang paling ampuh, tapi setidaknya cukup ampuh untuk menghilangkan gejala yang timbul.

* Selain sebagai obat alergi, air kelapa juga terbukti dapat menyembuhkan penyakit kista dalam rahim. Anda dapat membaca kisah kakak saya pada artikel

apakah air kelapa bisa mengobati kista?

Demikianlah Ombro / Tante sis. Semoga bermanfaat.

Comments