Skip to main content

Cara Mengobati Perut Kembung Pada Anak dengan Daun Cabai

Baca Juga

Mengobati sakit pada anak balita (cenderung) lebih sulit dari pada mengobati orang tua. Maksudnya, kalau orang dewasa kan sudah ngerti minum obat, sedangkan anak-anak belum ngerti.

Begitu pula yang saya alami.

Saya agak kebingungan saat anak saya perutnya kembung dan muntah-muntah. Saya bawa lah anak saya periksa ke Bu Nia, seorang dokter Umum di Cisaga-Ciamis.

Setelah diagnosa selesai obatpun diberikan. Dan seperti biasa, Bu Nia mengajarkan untuk menggunakan obat-obat tradisional dalam pengobatan anak saya.


Singkat cerita, kami pulang. Sampai rumah, saya segera melakukan apa yang Bu Nia sarankan. Saya mengambil beberapa ruas daun cabai, dicuci dan diremas sampai lumat. Kemudian dengan gerakan dari atas kebawah, saya usapkan lumatan daun cabai diperut dan punggung anak saya. Alhamdulillah esok harinya anak saya sudah ceria kembali.

***

Dirangkum dari halosehat.com, bahwa perut kembung dapat juga diakibatkan oleh adanya gangguan pencernaan. Berikut ini beberapa cara yang juga dapat dilakukan untuk memperbaiki sistem pencernaan.

1. Minum yogurt

Kandungan kalsium dan bakteri baik pada yogurt dapat membantu memperbaiki sistem pencernaan dan mengobati perut kembung.

2. Konsumsi makanan berserat

Anda dapat memberikan sebuah pisang ukuran sedang, sepotong roti gandum dan setengah gelas kacang-kacangan.

3. Mengkonsumsi labu

Labu mengandung banyak vitamin A, serat dan kalium yang baik untuk pencernaan.

4. Memberikan pijatan kecil

Pada bayi dan balita, Anda dapat memberikan pijatan ringan pada perut dan punggung. Perlu juga untuk melakukan tekukan perlahan pada kaki. Pijatan pada bayi dan balita dapat membantu mengeluarkan gas dari dalam lambung.

5. Kompres air hangat

Anda juga dapat memberikan kompresan pada perut anak, dengan menggunakan air hangat. Hal itu juga untuk membantu mengeluarkan gas dari lambung.

6. Minum air putih

Sudah tidak diragukan lagi, minum cukup air putih dapat membantu menyembuhkan segala macam penyakit.

7. Konsumsi jus buah

Selain enak, jus buah juga membantu memperbaiki pencernaan dan meredakan perut kembung.

8. Minum susu dingin

Dalam pengobatan perut kembung pada anak, justru tidak dianjurkan untuk minum susu panas.

9. Mengkonsumsi sup bening

Jika Anda pandai memasak, sup bening bagus untuk membantu menyembuhkan perut kembung.

10. Memberikan banyak ASI

Sudah tidak diragukan lagi. Bagi anak dibawah usia 2 tahun, ASI adalah  sumber gizi terbaik. Bukan hanya sumber gizi, ASI juga membantu mempercepat proses penyembuhan pada anak.

Jadi, jika bapaknya si anak minta menyusu juga, itu berarti bapaknya sedang sakit. Hahaha...!!

11. Mengusap minyak telon/minyak kayu putih

Mengusap minyak telon/minyak kayu putih juga dapat membantu meredakan perut kembung. Usapkan pada perut, dada, punggung dan telapak kaki anak.

Comments