21 Lokasi Kuliner Khas Banjar Patroman dan Ciamis, Jawa Barat yang Menantang Selera Anda

Baca Juga

Bagi Anda yang hobi travelling, kuliner khas Banjar Patroman dan Ciamis, Jawa Barat patut masuk ke dalam daftar kunjungan Anda. Mengapa demikian? Karena ada banyak kuliner murah meriah dengan rasa mewah di kota kecil ini. Nggak percaya? Yuukk... Kita ke TKP...

1. Area parkir motor pintu utama pasar Banjar Patroman
Lokasi pertama yang masuk dalam perhitungan saya adalah jajaran pedagang kaki lima di sepanjang area parkir motor utama. Parkir utama motor adalah wilayah parkir depan pasar barat Banjar Patroman. Area kuliner di parkiran ini rata-rata buka dari jam 07:00 sampai jam 14:00-15:00. Meski statusnya sebagai pedagang kaki lima, tapi Anda akan terkejut jika mencoba sensasi rasanya.

* Kupat Tahu Pak Ujang
Ini adalah makanan khas Sunda yang umum di makan pada jam sarapan. Terdiri dari ketupat, tahu dan toge yang di siram kuah santan serta bumbu kacang dan di tambah kerupuk di atasnya. Karena sensasi rasanya yang mantap gurih lezat, Kupat Tahu Pak Ujang ini menjadi salah satu yang terlaris di antara kupat tahu yang lain di pasar Banjar Patroman.


* Nasi Timbel
Kira-kira 2 gerobak ke arah utara dari Kupat Tahu Pak Ujang, Anda akan dapat mencipi Nasi Timbel beserta pilihan lauk pauk yang beragam. Nasi timbel adalah nasi putih dengan cara pembungkusan khas Sunda, yaitu di bungkus menggunakan daun pisang yang sudah di deang (di panaskan hingga layu dengan uap api).

* Baso M.Penjol
Tepat di sebelah Pak Ujang, ada Baso M.Penjol yang tidak kalah ramainya. Walaupun M.Penjol cenderung datang belakangan, tapi minat pembeli hampir selalu membuatnya habis duluan. Hal itu dapat di pahami dengan kenyal dan lezatnya Baso M.Penjol yang selalu memuaskan selera para pelanggannya.


* Mie Ayam Asgar
Sedikit bergeser ke sebelah selatan pintu masuk pasar. Ada Mie Ayam Asgar yang juga selalu ramai pembeli. Walaupun di lokasi tersebut ada banyak pedagang Mie Ayam yang lain, tapi Mie Ayam Asgar seakan tidak pernah sepi dari minat pembeli.


* Baso Sari Rasa H.Ayo Sunaryo
Hampir di bagian ujung selatan, ada Baso Sari Rasa alias Baso H.Ayo Sunaryo. Tidak tanggung-tanggung, dua lapak sekaligus di dua sisi jalan yang menjadi area parkir tersebut. Baso Ayo (demikian nama populernya) versi pasar adalah merupakan cabang dari Rumah Makan Sari Rasa di perempatan Jalan Gudang yang sudah melegenda selama puluhan tahun di Kota Banjar.


2. Mie Ayam OSIS Kenanga
Di sebut Mie Ayam OSIS karena dahulunya Mie Ayam ini selalu ramai di kunjungi oleh para pelajar, khususnya pelajar SMA. Lokasinya adalah di Jalan Hamara Efendi (Jalan Gudang), tepatnya di depan sebelah kanan ex Bioskop Kenanga yang sekarang sudah berubah menjadi Baninza Cineplex (Toserba Samudera).

Sampai sekarang, meski Mie Ayam ini sudah di kunjungi oleh berbagai usia, namun nama OSIS tetap melekat padanya. Anda akan merasa kagum jika mampir ke sini. Anda akan melihat satu lapak PKL Mie Ayam yang tidak pernah berhenti melayani pembeli sejak buka sampai semua makanan terjual habis.

Waktu operasional dari Mie Ayam OSIS ini adalah mulai dari jam 07:00 pagi sampai habis. Kadang sampai jam 2 siang, namun bisa juga sampai menjelang Maghrib, tergantung ramainya pengunjung.

3. RM.Cobek Beti
* Jl.Brigjen M.Isa, Cipadung
* Jl.Raya Pangandaran, Tanjungsukur

Untuk kuliner kelas Rumah Makan (Restoran), RM.Cobek Beti ini termasuk salah satu dedengkot di Kota Banjar. Menu pepes lubang dan sidat selalu laris terjual di sini. Lubang dan sidat adalah sejenis belut dalam bahasa daerah setempat. Jika Anda pecinta kuliner sejati, khususnya kuliner khas Sunda Banjar, maka Anda wajib mencicipi lembutnya pepes sidat dan lubang yang berbaur dengan harumnya daun kemangi dan daun bawang di RM.Cobek Beti ini.


Selain pepes, ada juga menu spesial goreng manuk, yaitu burung goreng dalam bahasa Sunda. Burung yang menjadi menu tersebut adalah burung pela yang di ungkep sampai empuk untuk kemudian di goreng sampai renyah. Lezatnya goreng manuk tersebut akan bersambut ria dengan sambal terasi dan lalapan mentah khas Sunda Banjar / Ciamis.

Untuk waktu operasional dari RM.Cobek Beti adalah dari jam 07:00 sampai jam 23:00.

4. Kuliner malam Jalan Gudang / Jl.Hamara Efendi (Area ex Gedung Kenanga) dan Jalan BKR (Jl.Kantor Pos)
Sedangkan jika Anda menginginkan wisata kuliner malam, datang saja ke lokasi Mie Ayam Osis pada malam hari. Terdapat banyak PKL dengan menu lesehan soto lamongan, bubur ayam, sate, mie ayam, ayam goreng + nasi timbel, tongseng, mie kocok Bandung, mie bebek, nasi bakar, soto betawi, dan lainnya. Selain itu Anda juga bisa mendapatkan jajanan makanan ringan, seperti martabak bangka, comro, kue kelepon, colenak, uli (ulen / ketan) bakar / goreng, dan lain-lain.


Setelah puas dengan makanan berat dan jajanan, Anda akan dengan mudah pula mendapatkan minuman seperti es campur, sop buah, jus buah, kopi susu, bajigur, bandrek dan lainnya. Anda dapat mengunjungi lokasi ini pada rentang waktu jam 17:00 sampai jam 24:00.

5. RM.Prima Rasa
Lokasi selanjutnya adalah RM.Prima Rasa di Jl.Husein Kartasasmita yang buka dari jam 07:00 sampai jam 21:00. Anda dapat mencoba menu andalan ikan cobek karuhun, yaitu ikan mas atau ikan gurame dengan bumbu kacang tanah, bawang merah, bawang putih, cabai rawit, jahe, kencur dan kecombrang (honje). Sensasi pedasnya... Hhhaahhh...!!

Namun jika Anda tidak suka pedas, Anda dapat mencoba soto Banjar kuah bening dengan komposisi daging ayam / sapi ditambah bihun dan toge.

6. RM.Sambal Layah
Tidak ketinggalan pula RM.Sambal Layah yang juga berlokasi di Jl.Husein Kartasasmita (Jl.Cimaragas). Seperti pada umumnya, RM.Sambal Layah juga menyediakan menu khas Sunda Banjar - Ciamis. Bahkan kalau di tilik dari namanya, RM.Sambal Layah berarti rumah makan yang menyediakan aneka sambal yang akan menantang selera pedas Anda.

7. RM.Tenda Biru
Rumah makan selanjutnya yang tak kalah menarik adalah RM.Tenda Biru di Randegan 1, dekat Polres Kota Banjar. Menu andalannya adalah cobek ikan dan ayam kampung goreng. Anda dapat mengunjungi rumah makan ini pada jam 09:00 sampai 21:00.

8. Toko oleh-oleh Noengky Snack
Selepas dari RM.Tenda Biru, Anda juga dapat segera menuju ke Toko Oleh-oleh Noengky. Anda dapat berbelanja aneka oleh-oleh khas Sunda seperti galendo dan sale pisang.

9. RM.Sari Rasa (Baso H.Ayo Sunaryo)
Seperti yang saya sebutkan pada poin kuliner Parkiran Pasar Banjar, Baso Ayo adalah salah satu legenda kuliner di Banjar Patroman. Di jamin Anda tidak akan menyesal mampir ke RM.Sari Rasa ini.


10. RM.Warung Jeruk
Jika Anda menempuh perjalanan dari Banjar menuju Ciamis, setelah tanjakan Cibeka Anda akan menemukan RM.Warung Jeruk. Rumah makan yang sudah malang melintang dan menjadi salah satu legenda dunia perkulineran ini memiliki lahan parkir yang lebih luas dari pada ukuran rumah makannya. Itulah uniknya. Sepertinya pemilik rumah makan tetap mempertahankan kesederhanaan RM.Warung Jeruk sebagai salah satu ciri khas.

11. RM.Jorozoy
Kemudian jika Anda berkuliner di Ciamis, Anda patut juga singgah ke Perum Kertasari. Ada RM.Jorozoy dengan suasana pesawahan yang asri dengan menu andalan ikan bakar, mendoan, oseng kangkung, oseng genjer, pencok leunca dan lainnya.

12. RM.Torozol
Masih di kawasan dekat RM.Jorozoy, ada juga RM.Torozol yang juga menawarkan menu serupa.

13. Nasi TO (tutug oncom) Nagrak / nasi cikur (kencur)
Perjalanan kuliner Anda selanjutnya adalah ke warung nasi TO (Tutug Oncom) di depan SMP 2 Ciamis, atau 500 meter sebelah timur Polres Ciamis. Menu andalannya adalah nasi TO spesial ayam goreng.

14. Kawasan DPRD Ciamis
Atau jika kebetulan Anda berada di Ciamis pada sore hari, sepatutnya Anda mengunjungi Kawasan DPRD Kabupaten Ciamis. Ada pecel lele Lamongan dan makanan lain yang akan menantang selera makan Anda.

15. RM.Ampera alun-alun Ciamis
Masih di sekitaran Kota Ciamis, Anda dapat pula mencicipi menu khas Padang, RM.Ampera yang berlokasi di samping Taman Raflesia. Hal yang unik adalah, meski berisi menu masakan padang, namun rumah makan ini adalah milik orang Ciamis asli.

16. Mie Baso Agah H.Oding
Tidak kalah dengan kuliner baso di Banjar, Kota Ciamis juga memiliki Baso Agah H.Oding. Lokasinya ada di pertigaan Condong, Ciamis atau dekat LP.

17. RM.Saung Sawah dan Saung Oemah
Dari Ciamis kita menuju ke timur. Ada RM. Saung Sawah dan RM.Saung Oemah di sekitar Panatasan. Dengan menu andalan pepes ikan, RM.Saung Sawah menjadi salah satu tujuan kuliner yang patut di perhitungkan.


Selain Saung Sawah Panatasan, ada juga RM.Saung Sawah di kawasan Jalan Pamongkoran - Sumanding, Banjar.

18. Kuliner malam pasar Langkap Lancar
Beberapa kilometer lagi ke arah timur, Anda akan menemukan pasar Langkaplancar yang juga menawarkan kuliner malam. Ada berbagai menu yang menyerupai menu wisata kuliner malam Jalan Gudang.


Langkaplancar adalah salah saru Dusun di wilayah Kecamatan Langensari, Kota Banjar.

19. Kuliner malam Pasar Langensari
Seperti pula pasar Langkaplancar, pasar Langensari pada siang hari adalah pasar tradisional umum. Pasar Langkap dan Pasar Langen bukanlah pasar kota yang beroperasi penuh setiap hari. Hanya hari Senin, Rabu dan Sabtu untuk Pasar Langen serta Kamis + Minggu untuk Pasar Langkap.


Tapi... Jika pasarnya tidak beroperasi penuh setiap hari, lain cerita dengan kulinernya yang buka setiap malam. Anda akan dengan mudah mendapatkan makanan berat serta makanan ringan di lokasi ini.

20. Mie Ayam Baso Mang Endut, Cisaga
Salah satu yang jarang di senggol oleh pecinta kuliner Banjar Ciamis di dunia online adalah Mie Ayam Baso Mang Endut. Berlokasi di kios terminal angkot Cisaga, Mie Ayam Baso Mang Endut merupakan salah satu yang terlezat di Cisaga.


Jam buka Mie Ayam Baso Mang Endut adalah dari jam 09:00 sampai jam 15:00.

21. Baso Gofur
Berlokasi di area patung pahlawan, arah stasiun kereta api Banjar atau dekat Betrik. Ini juga salah satu legenda kuliner baso di Kota Banjar.

Baca juga: Lokasi wisata dan tempat nongkrong di Kota Banjar - Ciamis

Comments