Perbandingan Spesifikasi Trio Vixion, Seri R Paling Gahar... Silahkan Beli 2, yang Satu Buat Saya, Hahaha...!!

Baca Juga

Jika kita kilas balik ke masa lalu, pasti Anda masih ingat bagaimana perjuangan Yamaha dalam mengenalkan teknologi injeksi pada masyarakat. Ya... Di kisaran tahun 2007 itu memang teknologi injeksi seakan masih tabu bagi pecinta otomotif roda dua. Tapi lihatlah sekarang... Spesifikasi Vixion yang semakin sempurna terbukti menjadi salah satu motor naked sport yang tangguh di Indonesia.

Sebelum kita membahas perbedaan antara Vixion R dengan 2 saudaranya, terlebih dahulu saya akan membuat Anda tergiur dengan perubahan Vixion secara umum. Sudah sekian banyak perubahan yang terjadi dari generasi Vixion yang pertama hingga sekarang... Coba kita tengok di TKP...

UPGRADE SPESIFIKASI ALL VIXION

* Lampu utama
Pada generasi awal, Vixion menggunakan lampu depan model bulat. Model saat itu. Namun sekarang, desain lampu utama model visor yang agresif telah tersemat pada 3 seri Vixion sekaligus.

* Ukuran ban
Pada generasi pertama, Yamaha hanya memasang ban ukuran 90/80-17 pada roda depan dan 100/80-17 pada roda belakang Vixion. Tapi sekarang Vixion sudah punya roda yang lebih besar.


* Diasil Cilinder dan Forged Piston
Yamaha mengklaim part ini 3 kali lebih awet, lebih kuat dan lebih ringan sehingga menghasilkan akselerasi yang agresif. Bukan hanya klaim, tapi Yamaha berani memberikan garansi selama 5 tahun pada part ini. Hal itu menunjukkan bahwa klaim Yamaha bukanlah omong kosong.

* Assist grip
Model pegangan pembonceng (behel) menyatu dengan body membuat Vixion tampil lebih sporty. Tidak ada lagi logam behel pada bagian ekor yang terlihat kurang gesit dalam penampilannya.

* Sporty under cowl
Kali ini Yamaha juga mengenakan penutup bagian bawah depan mesin pada Vixion. Hal itu, selain menciptakan kesan sporty, juga memberikan proteksi (perlindungan) pada blok mesin dari benturan. Misalnya jika Anda berkendara di jalanan yang relatif terjal.

* Pass beam & Engine Cut Off
Penggunaan tombol lampu dim memudahkan Anda untuk memberikan tanda pada pengendara lain di depan Anda. Sementara itu, fitur Engine Cut Off akan memudahkan Anda dalam mematikan mesin selain melalui kunci kontak.

* Lampu utama dan lampu belakang LED
Pada All New Vixion dan Vixion R, lampu depan dan belakang sudah menggunakan jenis LED yang terang dan sporty.

* Speedometer full digital
Jika dulu Vixion menggunakan speedometer analog seperti yang lain, sekarang speedometer Vixion telah berubah menjadi full digital. Khusus pada Vixion R, Yamaha telah menyematkan juga fitur Shift Timing Light sebagai indikator performa yang optimal.

* Hazard lamp
Vixion Series juga di lengkapi dengan Hazard Lamp, yaitu lampu tanda yang dapat Anda gunakan pada kondisi darurat. Cara kerjanya kurang lebih sama dengan lampu darurat pada mobil. Mantap, kan?

* Fender belakang dengan model yang dapat di lepas
Tidak ketinggalan spatboard belakang Vixion juga menggunakan model kekinian, yaitu model yang dapat di lepas untuk menyesuaikan dengan selera Anda.

Baca juga: 44 motor legendaris Yamaha Indonesia

***

Pada saat artikel ini di buat, setidaknya ada 3 seri Vixion yang di pasarkan oleh Yamaha, yaitu New Vixion Advance, All New Vixion dan Vixion R. Yang menarik adalah bahwa Vixion R memiliki DNA yang sama sekali berbeda. Jadi, walaupun KTPnya pakai nama Vixion tapi sebenarnya dia merupakan kloningan dari YZF R15, atau dengan kata lain, Vixion R adalah versi telanjang dari Yamaha R15.

Yuk kita simak perbedaan spesifikasi dari trio Vixion ini,

SPESIFIKASI NEW VIXION ADVANCE, ALL NEW VIXION DAN VIXION R

* Harga
VA 25,800,000
NW 26,000,000
VR 29,500,000

Seperti yang saya sebutkan di atas, Vixion R merupakan R15 yang telanjang, karena itulah harganya juga relatif lebih mahal. Kelebihan harga Vixion R bukanlah hanya karena perbedaan penampilan, tapi karena banyaknya kelebihan yang terkandung di bawah ini,


* Tipe mesin
VA Liquid cooled, 4-stroke, 4-valve, SOHC, 1 silinder tegak, 149,8 cc
NW Liquid cooled, 4-stroke, 4-valve, SOHC, 1 silinder tegak, 149,8 cc
VR Liquid cooled, 4-stroke, 4-valve, SOHC, 1 silinder tegak, 155,1 cc with VVA

Terlihat jelas dari mesinnya, Vixion R memiliki kubikasi yang lebih besar serta di lengkapi dengan VVA. Teknologi VVA ini membuat Vixion R memiliki torsi dan power yang merata di semua putaran mesin.

* Diameter x langkah
VA 57 x 58,7 mm
NW 57 x 58,7 mm
VR 58 x 58,7 mm

Pada putaran bawah, ketiga Vixion ini memiliki akselerasi yang relatif sama. Hal itu dapat di lihat dari langkah pistonnya yang sama-sama 58,7 mm. Namun pada putaran atas, Vixion R menunjukkan keunggulannya, yaitu dengan diameter piston (bore) yang lebih besar.

* Rasio kompresi
VA 10,4:1
NW 10,4:1
VR 11,6+0,4:1

Pada bagian kompresi, Vixion R juga menunjukkan perbedaan yang signifikan. Rasio kompresi yang lebih tinggi tentu mampu memuntahkan power yang lebih besar.

* Power maksimal
VA 12,2 kW / 8500 rpm
NW 12,2 kW / 8500 rpm
VR 14,2 kW / 10000 rpm

Dan inilah buktinya. Vixion R memiliki power yang lebih besar 2 kW dari kedua saudaranya.

* Torsi maksimal
VA 14,5 Nm / 7500 rpm
NW 14,5 Nm / 7500 rpm
VR 14,7 Nm / 8500 rpm

Seiring dengan power, maka torsi Vixion R pun lebih besar. Walaupun perbedaannya hanya 0,2 Nm, namun teknologi VVA yang tersemat pada Vixion R dapat menjadi perbedaan yang cukup besar.

* Starter
VA Elektrik dan kick starter
NW Elektrik dan kick starter
VR Elektrik starter

Di poin ini Vixion R memiliki kelebihan yang sekaligus menjadi kelemahan (bagi saya). Teknologi tanpa kick starter adalah salah satu ciri dari gaya motor besar, namun (mungkin) bisa menjadi masalah saat ada kendala pada fungsi starter elektrik.

* Kapasitas oli mesin
VA 1,15 liter (total), 0,95 liter (pada penggantian berkala), 1 liter (pada saat ganti filter oli)
NW 1,15 liter (total), 0,95 liter (pada penggantian berkala), 1 liter (pada saat ganti filter oli)
VR 1,15 liter (total), 0,95 liter (pada penggantian berkala), 1 liter (pada saat ganti filter oli)

Yamaha tidak memberikan perbedaan pada poin ini. Ketiganya di buat sama.

Baca juga: Tips memilih oli mesin motor 4 tak

* Kopling dan transmisi
VA Kopling basah, manual, multiplat, constan mesh 5 percepatan
NW Kopling basah, manual, multiplat, constan mesh 5 percepatan (assist & slipper clutch)
VR Kopling basah, manual, multiplat, constan mesh 6 percepatan (assist & slipper clutch)

Perbedaan pertama ada pada Vixion Advance, dimana dia menduduki kelas harga paling murah, maka dia hanya di berikan 5 gigi dengan kopling konvensional. Berikutnya All New Vixion yang walaupun sama-sama 5 gigi, tapi dia sudah diberikan fitur assist dan slipper clutch. Fitur assist adalah teknologi yang membuat kopling menjadi lebih ringan. Sementara itu slipper clutch memberi efek perpindahan gigi jadi lebih halus dan akselerasi lebih cepat. Itulah yang membuat All New Vixion sedikit lebih mahal.

Pada Vixion R, selain 2 keunggulan di atas, dia juga di bekali 6 gigi percepatan. Seperti pada manusia, jika giginya lebih banyak, maka mengunyahnya pun lebih cepat. Hahaha...!! Apa hubungannya ya?

* Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
VA 192,5 x 72 x 103 cm
NW 195,5 x 72 x 102,5 cm
VR 195 x 72 x 102,5 cm

Dalam hal dimensi, perbedannya hanya di kisaran 0,5 cm saja. Saya rasa hal itu tidak terlalu terasa dalam hal handling.

* Jarak sumbu roda
VA 130 cm
NW 129,5 cm
VR 132 cm

Di bagian ini All New Vixion di daulat untuk menjadi yang terlincah. Hal itu tersirat dari jarak sumbu depan dan belakangnya yang paling pendek.

* Jarak terendah ke tanah
VA 16,5 cm
NW 16,5 cm
VR 16,5 cm

Terlihat ketiganya akur. Mungkin Yamaha tidak mau mereka bertengkar karena perbedaan kecil. Hahaha...!!

* Tinggi tempat duduk
VA 79 cm
NW 79,5 cm
VR 79,5 cm

Vixion Advance nyatanya lebih rendah tempat duduknya.

* Berat kendaraan
VA 131 kg
NW 132 kg
VR 131 kg

Di sini, walaupun hanya selisih 1 kg, tapi ada penjelasan yang patut Anda pahami. Pertama, bobot Vixion Advance di buat lebih ringan untuk mengimbangi minusnya teknologi assist dan slipper clutch yang tidak diberikan padanya. Sementara itu pada Vixion R, bobot yang lebih ringan diberikan untuk semakin mendukung kelebihannya dalam berbagai sektor.

* Kapasitas tangki bahan bakar
VA 12 liter
NW 12 liter
VR 11 liter

Sekilas sepertinya Vixion R minus karena kapasitas tangkinya lebih kecil. Namun lagi-lagi Anda harus faham (setidaknya memahami pemikiran saya  Hahahah,,,!!) bahwa hal itu merupakan kelebihan dalam hal bobot. Selain itu juga otomatis memberikan desain yang lebih ramping karena lebih kecil 1 liter.

* Rangka
VA Deltabox
NW Deltabox
VR Deltabox

Ketiganya menggunakan teknologi rangka deltabox yang sudah tersemat sejak generasi pertama Vixion. Jenis rangka yang kokoh dan stabil pada kecepatan tinggi.

* Suspensi
VA Teleskopik (depan), swingarm dengan monocross (belakang)
NW Teleskopik (depan), swingarm dengan monocross (belakang)
VR Teleskopik (depan), swingarm alumunium dengan monocross (belakang)

Disini terlihat jelas, Vixion R di buat lebih kokoh, ringan dan stabil dengan swingarm berbahan alumunium.

* Ukuran ban
VA 90/80-17 (depan), 120/70-17 (belakang)
NW 90/80-17 (depan), 120/70-17 (belakang)
VR 90/80-17 (depan), 130/70-17 (belakang)

Tidak terkecuali pada roda, Vixion R juga di buat lebih stabil dengan tapak ban lebih lebar pada roda belakangnya.

* Rem
VA Double disc brake
NW Double disc brake
VR Double disc brake

Pada edisi pertama, Vixion masih sempat menggunakan model rem tromol pada roda belakang. Namun di masa sekarang, semua seri Vixion telah di berikan double disc brake.

* Pengapian
VA TCI
NW TCI
VR TCI

Pengapiannya akurr.. Biar nggak ada yang ngiri...

* Battery (accu / aki)
VA GTZ4V / YTZ4V
NW GTZ4V / YTZ4V
VR GTZ4V / YTZ4V

Akinya akuur juga... Biar selalu rukun.

* Busi
VA NGK CR8E / DENSO U24ESR-N
NW NGK CR8E
VR NGK MR8E9

Untuk mendukung performanya yang lebih tinggi, Vixion R di lengkapi juga dengan performa busi yang lebih tinggi.

***

Nah, bagaimana Om Bro? Mau pilih yang mana? Tentukan dari sekarang. Silahkan beli dua sekaligus, yang satu buat saya. Hahaha...!!

Comments

  1. mas, tau ga kalau untuk cek mesin siap service itu gimana ya? apakah ada jangka untuk Km nya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Waduh, saya gagal faham nih... Maksudnya gimana ya? Kalau maksudnya servis berkala (servis rutin), itu selalu ada pada buku panduan manual motor masing-masing. Kemudian (biasanya) yang menjadi kendala adalah jika seseorang membeli motor bekas (second) dan tidak mendapatkan buku panduan dari pemilik pertama, sehingga tidak punya pedoman servis berkala.

      Pada seri low end (bebek dan matic), Yamaha memberikan anjuran servis berkala setiap 3,000 km atau setiap 3 bulan (tergantung mana yang lebih dulu di capai). Kemudian anjuran ganti busi tiap 6,000 km, servis injektor tiap 10,000 km, dan lain-lain.

      Nah, kalau yang Anda maksud servis untuk Vixion series, saya perlu klarifikasi dulu ke sumber yang terpercaya dari Yamaha. Pasalnya, pada seri mid-high end biasanya ada perbedaan. Contoh di pabrikan Honda, anjuran penggantian oli untuk CBR250 dan PCX150 adalah tiap 12,000 km, padahal pada seri bebek dan matic low end, anjurannya setiap 4,000 km. Tapi itu pun tentu dengan oli yang lebih mahal dan bagus (pada CBR dan PCX)

      Delete

Post a Comment