Spesifikasi Supra Fit Series, Bebek Low End Honda dari Tahun 2003 Hingga 2008

Baca Juga

Secara singkat, dilihat dari spesifikasi dan harganya, Honda Supra Fit series adalah versi murah dari bebek 100 cc milik Honda. Terdapat beberapa seri yang di keluarkan oleh Honda sejak awal hingga akhirnya discontinue dan naik kelas menjadi 110 cc.

Maksud dan tujuan dari penciptaan Supra Fit adalah untuk membantu bahkan menggantikan Honda Legenda yang saat itu sedang perang besar melawan serangan motor Tiongkok (motor Cina). Dan tidak sia-sia... Strategi Honda ini berhasil mengambil kembali para konsumen yang sebelumnya sempat berpaling pada produk Negeri Tirai Bambu tersebut.

Baca: Perang tanding Honda vs Yamaha dan sedikit ulasan motor Cina

Secara spesifikasi teknis, bebek Fit series dari Honda tidaklah memiliki perbedaan yang signifikan. Bahkan jika di pandang dengan sudut negatif, bebek Fit series adalah satu mesin yang gonta-ganti baju.

SERI UTAMA BEBEK HONDA FIT SERIES

1. Honda Supra Fit
Ini adalah generasi pertama bebek Honda Fit series. Dari tampilan dan spesifikasi teknisnya, Honda Supra Fit ini hampir sama persis dengan Honda Supra X 100. Hanya saja, kualitas logam dan lain-lainnya tentu berbeda, mengingat harga Supra X yang lebih mahal. Selain itu, pada panel meter juga terdapat perbedaan, dimana indikator gigi percepatan Supra Fit hanya menunjukkan posisi gigi netral dan top gear (gaya Astrea Grand dan seri sebelumnya). Sedangkan pada Supra X 100, endikatornya lengkap, dari netral sampai gigi 4.

Honda Supra Fit

Baca juga: Spesifikasi Honda Supra X 100 cc

Perbedaan lainnya ada pada ukuran final gear roda belakang, dimana Honda Supra Fit menggunakan gear ukuran 40 gigi. Berbeda dengan Honda Supra X 100 yang menggunakan gear 36.

Penggunaan ukuran gear yang lebih besar pada Supra Fit, jelas memiliki tujuan untuk meningkatkan akselerasi pada putaran bawah. Semakin besar gear belakang, maka semakin ringan pula akselerasinya, sehingga untuk jalan menanjak pun Supra Fit menjadi lebih kuat dan tangguh. Prinsipnya hampir sama dengan penggunaan roller yang lebih ringan pada motor-motor matic di jaman sekarang.

Baca: Tenaga motor matic ngedrop tidak melulu masalah mesin

Baca juga: Motor matic tidak kuat nanjak? Analisa beberapa bagian termasuk roller

Baca juga: Beat Street vs Xride dan perbedaan rollernya dengan Mio series

2. New Honda Supra Fit
Di sekitaran tahun 2006, Honda merubah desain Supra Fit menjadi sedikit lebih besar. Di jaman ini Honda sudah mulai membuat bagasi besar pada seri bebek low endnya.

Honda New Supra Fit

3. Honda Supra Fit R
Pada dasarnya, Supra Fit R ini adalah Supra Fit New yang di pasangi velg palang. Udah... Cuma itu doang perbedaannya.

4. Honda Fit S
Sedangkan pada tipe ini, Honda Supra Fit justru di pretelin. Dia hanya di bekali velg jari dan bahkan rem cakram pun di copot dan di ganti jenis tromol. Tujuannya adalah untuk menekan harga jual menjadi semurah-murahnya. Dan memang benar, Harga Supra Fit yang tadinya sudah mencapai 12 jutaan bisa di tekan menjadi hanya Rp.10,400,000. Lumayan kan bedanya sampai 2 jutaan begitu...?

5. Honda Fit X
Ini motor yang bikin kesal pemilik Honda Fit S. Bagaimana tidak... Hanya naik harga 200,000 yaitu menjadi Rp.10,600,000 motor ini sudah di bekali rem cakram pada roda depan. Apa nggak jengkel tuh pemilik Fit S dengan rem depan tromol?

Honda Fit X

Saya pernah memiliki motor ini dari tahun 2009 sampai 2011. Motornya nyaman dan lembut, ciri khas motor Honda. Pada tipe ini, Honda telah mengembalikan final gear menjadi ukuran 36 gigi dan panel indikatar gigi percepatan menjadi lengkap kembali.

Baca juga: 7 perbedaan motor Honda vs Yamaha

SPESIFIKASI TEKNIS HONDA FIT SERIES

* Tipe Mesin
4 stroke, OHC, 1 silinder
* Kapasitas silinder
97,1 cc
* Diameter x langkah (bore x stroke)
50 x 49,5 mm
* Rasio kompresi
9,0:1
* Power maksimal
7,29 PS / 8000 rpm
* Torsi maksimal
0,74 kgf.m / 6000 rpm
* Starter
Elektrik dan kick starter
* Kapasitas oli mesin
0,7 liter pada penggantian periodik
* Sistem bahan bakar
Karburator (KEIHIN)
* Kopling
Ganda, basah, otomatis sentrifugal
* Transmisi
4 percepatan dengan sistem rotari (N-1-2-3-4-N)
* Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
(Supra Fit 2005) 190,7 x 71,5 x 106,7 cm
* Jarak sumbu roda
122,2 cm
* Jarak terendah ke tanah
14,55 mm
* Berat kendaraan
93 kg
* Kapasitas tangki bahan bakar
3,7 liter
* Tipe rangka
-
* Suspensi
Teleskopik (depan), lengan ayun dengan peredam kejut ganda (belakang)
* Ukuran ban
2,50-17 38L (depan), 2,75-17 41P (belakang), alternatif 70/90-17 (depan), 80/90-17 (belakang)
* Rem
belakang= tromol, depan= tromol (Supra Fit 2003-2004 dan Fit S), cakram (Supra Fit 2005-2006, New Supra Fit, Supra Fit R dan Fit X)
* Sistem pengapian
DC-CDI, magneto
* Battery (accu / aki)
12V-5Ah
* Busi
ND U20FSU / NGK C6HSA

Comments