10+4 Wahana Wisata Icakan yang Harus Anda Coba! Nomor 1 Paling Seru!!!

Baca Juga

Motorisweb.com - Mega Icakan, salah satu destinasti wisata musim liburan di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di bangun, di buka dan di kelola oleh pemerintah daerah setempat sejak tahun 2011.

Sepertinya Pemerintah Daerah Ciamis memang sudah menyiapkan lokasi ini untuk melepas Kabupaten Pangandaran yang resmi di mekarkan pada 25 Oktober 2012.

Kenapa saya bilang seperti itu...?

Karena ya... Dengan mekarnya Kabupaten Pangandaran, maka Ciamis pastinya kehilangan salah satu sumber pendapatan daerah yang cukup besar. Maka Mega Wisata Icakan inilah yang diharapkan menjadi penggantinya.

Lokasi Icakan terletak di Kampung Cikacang, Desa Sukamulya, Kecamatan Baregbeg, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Di bangun di kaki Gunung Syawal yang membuatnya sejuk dan di penuhi panorama alam yang Indah. Tidak tanggung-tanggung, Pemda Ciamis berencana menggunakan 70 hektare lahan untuk lokasi wisata Icakan. Namun demikian, saat ini baru sekitar 15 hektare atau 20% - 30% yang telah terbangun.

Lokasi Mega Wisata Icakan terletak 7 km dari pusat kota Ciamis. Arahnya mudah... Jika dari arah Bandung, Anda hanya perlu belok kiri menuju arah Kawali / Cirebon. Anda tidak perlu takut salah arah, karena ruas jalannya cukup sederhana. Tidak banyak persimpangan yang akan membingungkan Anda.

Jika Anda tidak menggunakan kendaraan pribadi pun tidak sulit. Dari alun-alun (Taman Raflesia) Ciamis, Anda hanya perlu naik angkot 016, trayek Jalatrang - Ciamis.

ICAKAN ADALAH LOKASI WISATA YANG RELIGIUS

Satu hal yang unik dari Icakan adalah adanya rambu-rambu "DILARANG PACARAN" yang terpampang jelas di sepanjang jalan sejak memasuki area hingga gerbang utama. Suatu hal yang jarang (bahkan belum pernah) saya temui di tempat lain.

Hal itu dapat di pahami karena di sepanjang jalan tersebut lokasinya cukup teduh. Tempat seperti itu tentunya menjadi gelap di malam hari. Tahu sendiri kan... Kalau pasangan mesum sukanya tempat-tempat gelap? Xixixixi...!! Untunglah saya tidak berjiwa mesum. Hahaha...!!

Kesan religius tersebut tidak hanya terdapat di luar lokasi wisata, namun juga hingga ke dalam lokasi. Buktinya, pengelola lokasi menetapkan aturan untuk wahana waterboom dengan batasan sebagai berikut,

Hari Minggu sampai dengan Jum'at, Wahana Waterboom hanya untuk pengunjung Wanita. Sedangkan hari Sabtu menjadi khusus pengunjung Pria. Kecuali untuk anak di bawah usia 9 tahun, boleh bercampur masuk ke wahana.

Peraturan semacam ini, jika saya lihat dengan kaca mata minus tentunya menjengkelkan. Saya sendiri sudah 2 kali berkunjung pada musim libur lebaran dan hanya bisa nongkrong di sana. Pasalnya, hanya istri dan anak-anak saya saja yang boleh masuk waterboom. Sedangkan wahana lain tidak terlalu menarik minat saya.

Padahal saya kan juga pengen lihat cewek-cewek seksi berbasah-basahan. Hahaha...!! Astaghfirulloh... Nggak ding, Om Bro... Otak saya nggak mesum kok... Hahaha...!!

Nah... Itu kalau di lihat dengan kaca mata minus. Tapi jika Om Bro dan Tante Sis berbaik sangka, peraturan tersebut justru menjadi hal yang sangat positif.

WAHANA DAN HARGA TIKET

* Gerbang utama dan parkir
Sebelum masuk ke lokasi wahana, Anda akan melewati gerbang utama dan harus membayar 5,000 rupiah perorang.

Memasuki gerbang utama ini, saya serasa masuk gerbang pantai Ancol di Jakarta. Wekekekek...!! Jadi kangen sama Jakarta. Kota seribu cerita dalam hidup saya... Jahahaha...!! Jadi ngelantur.

Di gerbang utama, Anda juga harus membayar parkir sebesar 5,000 untuk mobil atau 2,000 jika Anda mengendarai motor. Kecuali jika motornya Anda tinggal di luar, nggak perlu bayar parkir. Tapi pas waktunya pulang, besar kemungkinan motor Anda hilang di gondol maling atau di derek dan di tilang oleh pengelola Icakan. Hahaha...!!

1. Wahana Waterboom
Ini adalah wahana favorit di Icakan.

Selepas gerbang utama, Anda ikuti arahnya sampai bundaran tugu icakan. Belok kiri untuk memarkir kendaraan Anda terlebih dahulu. Jangan bawa motor Anda ke dalam kolam waterboom karena pasti akan tenggelam. Hahaha...!!

Kolam renang Icakan

Untuk dapat memasuki wahana ini, Anda harus membayar mahar sebesar 25,000 rupiah. Harga yang sesuai untuk bisa menikmati seluncur, taman air, kolam ombak dan kolam arus.

2. Monster ret
Di lokasi paling atas, Anda akan mendapati wahana yang mirip dengan roller coster punya Dufan (Dunia Fantasi), Ancol.

Dari informasi yang saya dapatkan, harga tiket untuk wahana ini adalah 25,000. Namun sayang... Setelah 2 kali berkunjung, saya tidak mendapati wahana ini beroperasi. Entah karena sepi peminat, masalah teknis atau hal lainnya. Padahal, meskipun tidak se-ekstrim roller coster mestinya wahana ini cukup menegangkan. Pasalnya, lokasi wahana ini berada di puncak bukit (tapi bukan bukit kembar. Wekekekek...!!) Jadi rasanya akan sangat tegang jika saat bermain, kita melihat tempat sekitar yang berlokasi lebih rendah.

3. Sepeda air
Nah... Jika di sepanjang jalan masuk terdapat rambu-rambu dilarang berpacaran, Anda bisa pacaran di sini. Cukup romantis... Hanya dengan 10,000 rupiah saja. Tapi hanya romantis saja ya... Tetap tidak boleh mesum!! Wakakak...!! Gimana bisa mesum, lah di sekeliling banyak orang.

4. Kereta wisata
Bagi Anda yang ingin berkeliling lokasi, cukup 10,000 rupiah saja untuk kereta wisata.

5. Flying fox
Anda juga dapat menikmati pemandangan danau buatan dari atas di Icakan hanya dengan membayar 25,000.

6. Bus wisata
Dengan bus wisata, Anda akan di ajak berkeliling hingga keluar area wahana. Silahkan nikmati pemandangan alam Ciamis hanya dengan 10,000 rupiah.

Bus wisata Icakan

7. Berkuda
Bagi Anda yang gemar atau ingin mencoba menunggang kuda, harga tiketnya hanya 10,000 rupiah. Tidak usah takut terjatuh karena Anda akan di dampingi oleh "pawangnya" si kuda.

8. ATV
Nah... Jika Anda takut berkuda, tidak ada salahnya juga mencoba kuda besi berroda 4 ini. Motor khas pantai ini ada di icakan juga lho, Om Bro / Tante Sis. Tiketnya 10,000 rupiah.

9. Gazebo danau
Atau Anda ingin bersantai sambil mengapung di atas danau? Silahkan bayar 30,000 rupiah untuk sewa gazebo. Harga itu berlaku sampai selesai alias sepuasnya. Murah kan?!

10. Cinema
Cinema 3D: 20,000, Cinema 4D: 25,000. Sayang sekali... Seperti roller coster versi Icakan di atas, cinema ini pun saya dapati tidak beroperasi saat kunjungan saya ke sana.

***

11. Kolam terapi ikan
Selain beberapa wahana di atas, Anda juga dapat mencoba kolam terapi ikan. Enak lho... Geli-geli gimana...gitu.

12. Mesjid
Di atas bukit, tepatnya di sebelah lokasi Monster Ret, berdiri Mesjid nan megah. Jadi Anda tidak perlu khawatir tertinggal Sholat, bahkan di hari Jum'at sekalipun.

13. Saung bambu
Anda pun dapat bersantai secara gratis di saung bambu. Bisa makan-makan dengan keluarga sambil istirahat selepas mencoba semua wahana di atas.

14. Gedung dan area representatif
Selain hanya wahana wisata, Icakan juga menyediakan gedung untuk acara-acara seperti pesta pernikahan dan lainnya.

***

Nah... Bagaimana, Om Bro / Tante Sis? Tertarik berkunjung ke Icakan?

Comments