Catatan Penjualan Honda di Jakarta Fair 2017: ini dia biang keroknya yang bikin jualan saya sepi...!!

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro / tante sis sekalian yang berkecimpung di dunia perniagaan (khususnya usaha kecil) pasti merasakan sulitnya perekonomian Indonesia sejak awal tahun 2017 ini. Tapi nyatanya kok lain dengan penjualan sepeda motor (khususnya merk Honda).

Maksudnya gimana nih, Mas Bro...? Apa hubungannya?

Sebenarnya sih nggak ada hubungannya...? Tapi pengen aja saya hubung-hubungin. Wakakakakak...!!!

Maksudnya... sepertinya rakyat Indonesia lagi pada ngirit-ngirit banget sampai-sampai pada nggak jajan di warung saya. Rupanya mereka lagi pada nabung buat beli motor, kali, Om Bro / tante sis...? Pasalnya begini... saya habis ngintip warungnya Pakde IWB, edisi Kamis, 20 Juli 2017. Disitu ada bahasan mengenai penjualan dari Wahana Makmur Sejati selaku main dealer motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang.

Ceritanya... selama 39 hari acara perhelatan Jakarta Fair, Honda mencatat angka penjualan Total dari semua tipe sepeda motornya sebanyak 5,500 unit. Dan rupanya angka tersebut menghasilkan kenaikan grafik penjualan sebesar 42% jika Dibandingkan dengan event yang sama di tahun 2016.

Tuh... gimana nggak stress pedagang jengkol, cabe, jeruk dan pedagang sembako lainnya?

Lah iya lah... disaat perekonomian sulit, penjualan di pasar-pasar, toko-toko dan warung-warung kaki lima sepi, eeehhhh... penjualan motor di pasar tahunan kok malah naik?

Tapi ya sudahlah... enjoy aja.

Kembali ke bahasan.

Penjualan motor Honda tersebut di dapat dari komposisi berikut ini;
* Beat series (Street, Sporty dan POP) sebanyak 1,200 unit,
* Vario series (110, 125 dan 150 cc) sebanyak 1,350 unit,
* Tipe Sport (Verza, Megapro, Sonic, CB150R, CBR150R, CBR250R dan CRF250RL) sebanyak 500 unit,
* All New Scoopy sebanyak 2,000+ unit,
* CMX500 Rebel sebanyak 50 unit.


ALL NEW SCOOPY DAN REBEL PALING RENYAH ALIAS LARIS

Dari data di atas, poin yang paling di sorot adalah All New Scoopy, dimana dia sendirian tapi mampu terjual di angka yang jauh melampaui Beat dan Vario. Padahal Beat dan Vario terdapat banyak seri di dalamnya. Itu artinya, perubahan yang terjadi pada Scoopy sangat menarik minat pembeli.

Nah, karena All New Scoopy menggunakan velg berdiameter 12 inchi, maka ini pun sebagai indikasi bahwa nantinya varian velg yang di jual di pasaran akan bertambah banyak. Yaitu ukuran berdiameter 18", 17", 14" dan 12". Ada sih diameter 10" untuk vespa, tapi populasinya sekarang sangat sedikit.

Mungkin harapan Honda akan benar terjadi, dimana dia menyebutkan bahwa All New Scoopy adalah trensetter skutik masa depan.

Kemudian selain Scoopy, ada juga Honda Rebel500 yang terjual sebanyak 50 unit.

Lah... sedikit, Mas Bro...?

Husss...!! Jangan bilang sedikit, Om Bro! Untuk ukuran motor seharga 147 jutaan, jumlah tersebut termasuk banyak lho.

Pantas saja orang-orang pada ngirit jajan... rupanya mereka nabung sampai 147 juta rupiah buat beli Rebel. Wakakakak...!!!

Nah, Om Bro... bisa bayangin nggak, gimana kalau uang sebanyak itu dalam bentuk koin gopekan? Hahahaha...!! Berapa ton beratnya ya?

Comments