Skip to main content

[Review] Mie Ayam Moro Seneng Mang Gino: Kedungwaringin Kidul, Langensari, Banjar, Jawa Barat

Baca Juga

Motorisweb.com - Mie Ayam Mang Gino / Moro Seneng. Tempatnya sih sederhana... sepertinya tidak ada yang istimewa. Soal rasa... lumayan. Di kampung situ, dia yang paling enak. Harga? Terjangkau lah...


Fisik warungnya standar warung di kampung, tidak ada yang istimewa. Tapi panoramanya alamnya yang membuat betah. Dikelilingi pesawahan luas yang menghijau di musim tanam, dan menguning di musim panen. Ditambah lagi dengan meriahnya anak muda nongkrong di sore hari, membuat tempat ini menjadi hangat dan ramai.

Gerah...? Panas..? Tidak akan! Hembusan angin di alam terbuka seperti itu, kesejukannya akan mengalahkan AC yang berukuran 2 PK sekalipun. Wkakakak....!!

Lokasinya di Dusun Kedungwaringin RT.009/006 Desa Waringinsari, Kecamatan Langensari, Banjar - Jawa Barat. Yaitu di pertigaan jalan Langensari - Tambakreja - Kedungwaringin.

Warga setempat biasa menyebut lokasi tersebut dengan nama "pintu".

Kenapa di sebut pintu?

Konon, menurut para sesepuh kampung, di lokasi tersebut dulunya terdapat pintu air (pada zaman pendudukan Belanda). Jadi, walaupun sekarang sudah tidak ada pintu airnya, nama tersebut tetap melekat di situ.

Kedungwaringin itu sendiri berasal dari 2 kata, yaitu kedung (pusaran air) dan waringin (beringin). Kisah dari kakek saya, dulunya di kampung situ terdapat pusaran air yang berdekatan dengan pohon beringin. Tapi saat Kakek cerita, saya masih kecil. Saya tidak mendapatkan petunjuk lokasi kedungwaringin tersebut hingga Kakek wafat.

Kampung / Dusun Kedungwaringin itu sendiri sebenarnya lebih dominan mengarah pada perkampungan sebelah utara. Yaitu di sepanjang jalur pengairan di sebelah timur pusat kota Langensari. Berbatasan dengan Dusun Sukarahayu di sebelah barat, Dusun Purwodadi di sebelah utara dan Dusun Citamiang di sebelah timur. Namun selain blok dominan itu, Kedungwaringin juga memiliki blok terpisah sebanyak 3 RT di sebelah selatan. Lokasinya berbatasan dengan Desa Tambakreja.

Dusun Citamiang dan Desa Tambakreja adalah dua kampung yang berbeda kecamatan bahkan beda kabupaten dengan Purwodadi dan Sukarahayu. Jadi, Dusun Sukarahayu dan Purwodadi termasuk wilayah Kecamatan Langensari, sedangkan Citamiang dan Tambakreja termasuk dalam Kecamatan Lakbok.

Menariknya lagi, Kecamatan Langensari dan Kecamatan Lakbok itu sendiri adalah 2 wilayah kabupaten yang berbeda. Begini... Langensari adalah wilayah Kota Banjar (Banjar Patroman), sedangkan Lakbok adalah bagian dari Kabupaten Ciamis. Sedangkan Kota Banjar itu sendiri adalah hasil pemekaran dari Kabupaten Ciamis sejak 14 tahun yang lalu, yaitu sejak tahun 2003.

Kira-kira pusing nggak nih, Om Bro bacanya? Hahaha...!!

Intinya sih begini... kita kembali ke Mie Ayam Mang Gino.

Mie Ayam Moro Seneng Mang Gino bukan hanya menawarkan menu Mie Ayam yang lezat, tapi juga memberikan pemandangan alam yang indah. Dari warung ini, Anda akan melihat hamparan sawah yang di kelilingi oleh pegunugan di 4 arah; yaitu utara, selatan, timur dan barat.

Nah... selain hanya ramainya anak muda nongkrong di sore hari (di lokasi pintu), Anda juga akan mendapati keramaian di area gapura perbatasan Banjar - Ciamis. Lokasinya hanya sekira 400 meter ke arah selatan dari pintu.

Bagaimana Om Bro? Siap berkuliner di alam terbuka?

Comments