Skip to main content

My Byson My Adventure: Review 2 Tahun Yamaha Kebo Bersama Kank Agoes

Baca Juga

Motorisweb.com - September 2010 adalah awal kelahiran Byson. Motor sport dari dapur Yamaha dengan konsep street fighter yang pernah menjadi dambaan saya selama 3 tahun lamanya. Namun entah apa yang terjadi... di penghujung tahun 2013, saya justru meminang Honda Spacy FI sebagai pilihan hati.

Yamaha Byson karburator modifikasi milik Kang Agoest Bad Dog Jakarta

Wakakakakakak...!! Jauh amir...? Dari Byson jadi matic Spacy...?!

Banyak pertimbangannya sih... Salah satunya adalah kelahiran anak pertama saya pada tanggal 5 Maret 2013.

Lah... apa hubungannya, Mas Bro?

Ada! Dengan lahirnya seorang anak laki-laki yang gagah seperti Bapaknya (wkwkwk...!!), otomatis saya jadi membutuhkan kendaraan harian yang multiguna. Yang gampang buat muat-muat perabotan bayi dan emaknya si bayi.

Yaaaa... begitulah akhirnya.

Tapi walaupun begitu, kenangan akan keinginan saya kembali bangkit kala melihat seorang Kang Agus (salah satu pengurus komunitas bikers Bad Dogs Jakarta) yang begitu gagah menunggang si kebo saat mudik lebaran. Namun di sayangkan saya tidak sempat mewancarai beliau hingga musim balik mudik berlalu.

Tapi saya tidak patah arang. Saya cari kontaknya, kemudian saya hubungi Kank Agoes by Whatsapp. Dan akhirnya saya dapatlah email darinya, berikut ini...

My Byson My Adventure
Penampilan
Gagah
Perkasa
Ellegan
Assalamu’allaikum warrohmatullohi wabarrokatu
Hallo.... guys gue mau sedikit sharing pengalaman gue selama gue meminang si kuda besi ini atau BYSON atau juga sering di bilang “kebo” kata para suhu yang lebih dulu memilikinya, Gue meminang si Kebo ini pada tangal 23 agustus 2015 gak tearasa guys sekarang sudaah 2017 hampir 2 Tahun lamannya si kebo ikut gue.
Dari banyak motor sport sekelas 150cc gue lebih memilih Byson Karbu, kebetulan gue dapet stok terakhir di showromm bener...bener... terakhir guys... yaaa walaupun gx sesuai sama pilihan yaitu Hitam Biru dapetnya Hitam Putih.
Tak berfikir panjang langsung gue comottt aja deh tu kebo.. mau putih mau biru yang penting masih karburator bukan ijektion. Kenapa gue memilih kebo injektion selain perawatannya mudah alias bisa dioprek sendiri tanpa harus ke bengkel kecuali sudah di batas kemampuan kita baru dehh masuk ke kandang aslinya (Bengkel) haa...haa..ha........
2 Tahun lamanya gue memakai si kebo (Byson) untuk pemakaian sehari2 alias kerja alhamdulillah selama 2th gue belum pernah ganti aki ganti Ban ganti rante walau pemakaian sangat padat. Baru2 kemari saya ganti ban dan rante satu set... yaaa mungkin wajar yaaaa guysss 2thun baru ganti Ban dan rante... suka duka gue selama memakai si kebo (Byson) yaaa hampir 50:50 simak di bawah ini.....

“Duka” versi gueee yaaa
Kapasitas bagasi minim alias tidak ada.
Lampu ori sering mati mkanya gue ganti pake yg LED
Rem belakang masih tromol
“Suka” versi gue juga yaaa
Nyamaan buat pulang kampung
Banyak sodara kalo udah di jalan
Gampang perawatannya
Terjangkau sperpathnya
Tangguh di segala medan
Nah...... itu Suka duka gue guys selama memakai si Kebo ini yaaa alhamdulilah masih nyaman sampe sekarang. Semua kembali kepada pemilik kuda besinya guys motor mau awet pemakain alus jangan sebrono...
Yang lebih mantapnya lagi guysss kebo (Byson) itu ada club atau komunitasnya antara lain BYONIC Ddan YBCI gue baru tau setelah gue meminang si kuda besi ini... ternyata eh ternyata guysss banyak Byson yang sudah modifikasi dari modif Body part sampai ada yang Modif mesinnya... hampir 2-3 bulan kemudian gue pun mengikuti jejak mereka walaupu gax semuanya saya modifff. Hanya hal2 yang menurut gue perlu saja biar nyaman buat pemakaian sehari2 dan pulang kampung intinya seperti itu.


Selain biar nyaman buat pemakaian sehari2 dan pulaang kampung di kala lebaran tiba gue juga sedikit hobby dengan modif2 si kuda besi selain bagus juga agar tercipta inspirasi-inspirasi lainnya hehehehhee
Itulah guys sedikit penggalan pengalaman dan suka duka gue selama memakai si kebo (Byson) nah para penggemar kebo silakan comment......comment di bawahh yaaa sapa tau ada inspirasi buat saya teruma yang masih pemula dengan si kebo. Cukup sekian dari saya sampai jumpa lain waktu yaaa guys.....
Wassalamu’allaium wr wb

PERBANDINGAN SPESIFIKASI YAMAHA BYSON KARBURATOR VS ALL NEW BYSON FI

Yamaha Byson masih menggunakan basis mesin yang sama, tapi pada versi terbarunya, dia mengalami banyak perubahan. Bukan hanya pada sistem pembakaran yang menjadi injeksi, tapi juga berubah total dalam segi design body.

Yamaha Byson FI telah memenuhi standar emisi Euro3. Selain itu, dia juga memiliki banyak fitur baru yang tidak dimiliki oleh versi karburator, di antaranya,

* panel meter full digital yang dilengkapi dengan trip meter dan eco indicator,
* handle (stang) model street fighter (sejak versi lama) yang menjamin Anda tidak akan cepat merasa lelah karena posisi berkendara yang tegap,
* knalpot dengan model mid strip yang lebih compact,
* suspensi depan berukuran besar (sejak versi lama) menjadikannya lebih stabil saat berkendara dan bermanuver.

* Mesin
K 4 langkah, SOHC, 2 katup
I 4 langkah, SOHC, 2 katup

* Sistem pendinginan
K Udara
I Udara

* Jumlah silinder
K Tunggal, tegak
I Tunggal, tegak

* Isi silinder
K 153 cc
I 150 cc

* Sistem bahan bakar
K Karburator, Mikuni BS26x1
I Fuel injection

* Diameter x langkah (bore x stroke)
K 58 x 57,9 mm
I 57,3 x 57,9 mm

* Rasio kompresi
K 9,5:1
I 9,5:1

* Power maksimal
K 10,1 kW (13,73 PS) / 7500 rpm
I 9,61 kW / 8000 rpm

* Torsi maksimal
K 13,6 Nm / 6000 rpm
I 12,98 Nm / 6000 rpm
Pada versi barunya (FI), Yamaha justru mengurangi kapasitas silinder sang kebo. Hal itu jelas berimbas langsung pada pencapaian power dan torsi maksimal. Tapi tidak apa... sebagai gantinya, Yamaha telah memberikan fitur-fitur modern di atas tadi.

* Kopling
K Manual, tipe basah
I Manual, tipe basah

* Transmisi
K Manual, 5 speed (1-N-2-3-4-5)
I Manual, constant mesh, 5 speed

* Kapasitas tangki
K 12 liter
I 12 liter
Meski desain berubah, namun kapasitas tangki bahan bakar si kebo tetap sama, yaitu 12 liter.

* Kapasitas oli mesin
K 1,2 liter (total), 1 liter (berkala)
I 1,25 liter (total), 1 liter (berkala), 1,1 liter (pada penggantian filter oli)
Ada sedikit perbedaan pada kapasitas oli mesin (total). Byson FI lebih banyak 50 ml pada penggantian total. Tapi tidak masalah, toh pada penggantian rutin, kapasitasnya tatap sama, yaitu 1 liter pas.

* Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
K 207,5 x 78 x 104,5 cm
I 199 x 78 x 104,5 cm

* Jarak sumbu roda
K 133,4 cm
I 134 cm
Meski dimensi All New Yamaha Byson FI lebih pendek (depan ke belakang), namun jarak poros roda justru lebih jauh. Menurut kebiasaan, jarak as roda yang lebih panjang justru mengurangi kelincahan bermanuver. Tapi nggak tahu juga deh apa maksud Yamaha?

* Jarak terendah ke tanah
K 16 cm
I 17 cm
Bagi pengguna versi FI, Anda akan lebih aman dari benturan pada blok mesin. Pasalnya, ground clearance kebo FI lebih tinggi 1 centi dibanding versi karburator. Jadi sepertinya kebo FI lebih tangguh di segala medan (dari sudut pandang ground clearance).

* Berat kendaraan
K 137 kg
I 133 kg
Dapat dipahami jika Yamaha mengurangi bobot All New Byson FI. Maksudnya jelas... yaitu untuk mengimbangi penurunan power akibat kubikasi silinder yang lebih kecil.

* Rangka
K Damond
I Diamond

* Ukuran ban depan
K 100/80-17 52P
I 100/80-17

* Ukuran ban belakang
K 120/70-17 58P
I 130/70-17
Gagahnya sang kebo di dukung dengan ban tubeless berukuran gambot. Bahkan pada versi FI, ukuran ban belakangnya menjadi lebih besar dibanding versi karbu.

* Rem depan
K Cakram (single disc)
I Cakram (single disc)

* Rem belakang
K Drum brake (tromol)
I Drum brake (tromol)
Sayangnya dibagian ini, kebo versi masih mewarisi gaya kakaknya, yaitu menggunakan rem tromol pada roda belakang. Padahal dia akan lebih gagah lagi jika sudah disematkan double disc brake.

* Sistem pengapian
K DC CDI
I TCI
Selain hanya berubah dari karburator menjadi injeksi, All New Byson juga sudah di lengkapi dengan sistem pengapian full transisterized. Teorinya, pembakaran akan menjadi lebih sempurna.

* Battery (accu / aki)
K YTZ4V / 12V-3Ah, tipe MF
I GTZ4V / YTZ4V

* Busi
K NGK CPR8EA-9
I NGK CPR8EA-9

* Starter
K Elektrik dan kick starter
I Elektrik dan kick starter

* Harga
K -
I 22,950,000
Karena versi karburator sudah tidak diproduksi lagi, maka saya hanya mencantumkan harga versi FI saja.

Comments