Penjualan Motor Sport 150 cc; Yamaha All New Vixion 155 Mengkudeta Kekuasaan Honda CB150R

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro... sepertinya tahun ini tengah menjadi tahun terpanas dalam persaingan motor seprot (kakakakk... maksudnya sport) 150 cc. Pasalnya, pangkat pimpinan pasar dalam penjualan di segmen ini sekarang di kuasai oleh Yamaha yang sebelumnya menjabat posisi sebagai runner up.

Honda Mega Pro 160 modifikasi CB retro

Menarik nih, Om Bro...

Rupanya kehadiran All New Vixion yang notabene tetap bertahan dengan mesin SOHCnya tidak menurunkan minat konsumen loyal Yamaha. Pantas saja sih... karena, walaupun dia menggunakan mesin bertipe single overhead camshaft, tapi kapasitas mesinnya yang 155 cc telah menjadi yang terbesar di kelasnya. Maka dengan demikian, powernya pun menjadi yang terbesar di antara lawan-lawannya. Belum lagi fitur-fitur lain yang membuat kopling terasa ringan, perpindahan gigi lembut, pemerataan torsi, swing arm alumunium dan lainnya.

Satu hal yang (sepertinya) berhasil di tangkap oleh Yamaha adalah bahwa untuk tipe dan kelas ini, para konsumen jelas menginginkan motor dengan power dan fitur total. Dan itu telah disajikan secara penuh oleh Yamaha pada All New Vixion 155.

DATA PENJUALAN

Selama semester pertama 2017 ini (Januari - Juni) AISI telah membukukan penjualan motor sport 150 cc dengan komposisi sebagai berikut,

1. Yamaha Vixion series
53,304 unit
Meski Yamaha memiliki 3 seri Vixion, namun tipe All New 155 lah yang (sepertinya) menjadi penyumbang angka paling tinggi. Pasalnya, sebelum ada tipe tersebut, penjualan Vixion series tidak pernah mampu mengungguli Honda CB150R secara angka total.

Keberhasilan Yamaha di kelas ini merupakan prestasi kedua setelah MX King yang penjualannya tidak / belum pernah bisa di kejar oleh Honda Supra GTR150.

Mungkinkan Yamaha akan mengulang sukses tahun 2010? Kita lihat saja nanti.

2. Honda All New CB150R
52,670 unit
Sang pemilik sayap mengepak sepertinya sudah merasa sangat pede dengan mesin DOHCnya sang penakluk. Iya sih kelas mesinnya lebih tinggi, tapi perombakan besar-besaran pada seri Vixion nyatanya telah mengalihkan perhatian sebagian pecinta motor sport 150cc. Buktinya, sekarang Honda harus bertukar posisi dengan Yamaha di segmen ini.

3. Honda CBR150R
37,114 unit
Tapi Honda tidak perlu berkecil hati. Unit sport full fairing 150nya ini masih mampu mengungguli lawan-lawannya dari merk lain.

4. Yamaha YZF-R15
22,421 unit
Ini yang saya maksud. Untuk tipe sport full fairing sepertinya konsumen masih tetap lebih sreg dengan mesin DOHCnya CBR150R. Buktinya YZF-R15 hanya mampu menduduki posisi sebagai juara favorite saja.

5. Honda Verza
22,366 unit
Motor dengan kelas tanpa lawan ini berhasil masuk ke 5 besar.

Kenapa saya bilang tanpa lawan?

Karena Honda Verza ini benar-benar hanya mengandalkan harga jual yang relatif murah. Istilahnya ini adalah kelas sport 150 paket hemat. Dan pabrikan lain tidak menciptakan tandingan untuk si echa. Jadi sangat wajar kalau dia berhasil meraih ranking 5.

6. Suzuki GSX-R150
16,943 unit
Angka 16 ribuan saya rasa bagus sekali untuk GSX-R150. Pasalnya dia tidak berjualan secara penuh selama 6 bulan. Andai dia sudah ada sejak tanggal 1 Januari, pastinya angka yang diraih akan lebih besar dari ini.

Satu hal yang paling bikin ngiler dari produk ini adalah promonya Suzuki yang memberikan program harga perkenalan. Hal itu berhasil menjadikan GSX-R150 sebagai yang termurah dikelasnya.

Siapa sih yang nggak ngiler di sodori mesin DOHC dengan harga pahe?

7. Suzuki GSX-S150
5,723 unit
Namun di sayangkan, adik kandung GSX-R150 ini mencatat penjualan dengan angka yang terpaut sangat jauh dari kakaknya. Jadi sepertinya konsumen loyal Suzuki lebih banyak yang menghendaki model fairing ketimbang yang naked.

8. Yamaha Xabre
2,729 unit
Secara mutu produk, Xabre tentu tidak main-main. Bahkan kelasnya di atas Vixion series. Tapi produk ini masih kurang familiar sehingga hanya mampu mencatat penjualan sebesar 2 ribu 7 ratusan unit saja.

9. Honda Mega Pro FI
1,883 unit
Sang street fighter yang pernah menjadi petarung tangguh ini sepertinya mulai lemah. Dia hanya mampu mencapai ranking 9 saja sekarang.

10. Yamaha Byson FI
465 unit
Nasib sama (bahkan lebih parah) juga di alami oleh si kebo. Mengusung judul yang sama, "street fighter", dia harus rela menempati posisi paling bontot dengan angka penjualan hanya ratusan biji saja.

Dari dengungan yang pernah saya dengar, para pecinta Honda Mega Pro dan Yamaha Byson masih sangat mencintai pengabutan karburator. Mereka masih kurang respect dengan sistem injeksi yang saat ini sudah merata pada semua motor merk Jepang di Indonesia.

Comments