Skip to main content

Scoopy vs Fino Bagusan Mana? Lagu Lama Fitur Lengkap Honda Melawan CC Besar Yamaha

Baca Juga

Motorisweb.com - Sebenarnya susah sih kalau harus menjawab pertanyan, bagusan Scoopy atau Fino...? Tapi disini saya coba sajikan kelebihan dan kekurangan mereka berdasarkan data terbaru dari situs resminya masing-masing.

Jika di tilik dari usianya, Honda Scoopy adalah skutik retro dari merk Jepang yang pertama di Indonesia. Kemudian di ikuti oleh Yamaha Mio Fino dan Suzuki Lets. Namun pada perjalanannya, Suzuki Lets tampaknya tidak mampu bertahan di pasaran.

SEKILAS TENTANG HONDA ALL NEW SCOOPY 110

Pada tanggal 29 Maret 2017, Honda melalui situs resminya telah mengumumkan launching 3 varian dan 8 warna baru untuk All New Scoopy FI 110. Ketiga varian tersebut mengusung konsep, sporty, stylish dan playful.

Honda Scoopy Velg 14"

Pada artikel tersebut, Honda mengklaim bahwa Scoopy merupakan yang terdepan di Indonesia. Terbukti hingga bulan Juni 2010, Scoopy telah terjual sebanyak 2 juta unit.

Catatan sukses penjualan Scoopy di lanjutkan hingga tahun 2016, dimana dia telah terjual sebanyak 528,622 unit. Angka tersebut naik 36,6% dibandingkan tahun 2015. Padahal, menurut data AISI, di tahun tersebut penjualan motor skutik tengah mengalami penurunan sebanyak 3,9%.

Sejak awal produksinya, Honda memberikan desain lampu oval pada Scoopy. Dan desain tersebut masih tetap di pertahankan sampai sekarang.

Sebagai motor matic yang hanya memiliki dapur pacu sebesar 108,2 cc, All New Scoopy terbilang responsif. Hal itu di buktikan dengan akselerasinya yang hanya memakan waktu 12,73 detik untuk jarak 200 meter.

Untuk capaian top speed, Honda All New Scoopy mampu meraih kecepatan hingga 91,3 km / jam. Data tersebut adalah kecepatan real (asli) dengan menggunakan alat ukur performa. Jadi bukan sekedar data dari speedometer.

Sedangkan urusan konsumsi bahan bakar, sudah jelas Honda mempertahankan imagenya sebagai motor irit. Hal itu ditegaskan dengan pencapaian data 59 km / liter (EURO 3) dan 61,9 km / liter (EURO 2).

Honda All New Scoopy juga di lengkapi dengan aksesoris yang dapat Anda beli secara terpisah. Beberapa di antaranya adalah, rubber step floor (karpet karet untuk alas dak), cover panel meter, seat cover (cover jok), back mirror sticker (sticker variasi kaca spion) dan wheel sticker (sticker variasi untuk velg). Semua accesories tersebut bisa Anda dapatkan di jaringan HGA (Honda Genuine Accesories) dengan harga mulai dari Rp.32,000 sampai Rp.190,000.

Anda juga bisa mendapatkannya dalam satu paket seharga Rp.350,000.

Selain hanya itu, Anda juga bisa mendapatkan aksesoris Apparel berupa, sporty & stylish Honda Classic T-shirt, jaket dan helm dengan kisaran harga 110,000 hingga 335,000.

KOMPARASI FITUR HONDA ALL NEW SCOOPY 110 VS YAMAHA ALL NEW FINO FI 125

Kedua pabrikan ini sekarang sudah tidak lagi keras kepala dengan pakemnya masing-masing. Pakem yang saya maksud adalah image Honda = irit dan Yamaha = kencang. Mereka telah sama-sama sadar dan mulai berlomba-lomba untuk memberikan value yang terbaik bagi konsumen.

* Pengaman standar samping
Meski Honda menjadi yang pertama pada Vario karbu, namun sekarang Yamaha juga tidak mau ketinggalan. All New Fino FI 125 juga telah di lengkapi dengan smart stand side switch. Dengan fitur ini, mesin tidak akan dapat di hidupkan pada posisi standar samping turun.

* Kunci rem belakang
Keduanya sama-sama sudah memiliki fitur ini. Yamaha menyebutnya dengan nama smart lock system, dimana kunci rem bisa di operasikan hanya dengan satu tangan.

* Kontrol remote (answer back system)
Answer back sistem adalah kendali jarak jauh yang akan membunyikan alarm dengan satu kontrol remote. Fitur ini akan memudahkan Anda untuk mencari posisi motor di parkiran padat.

Namun fitur remote control dari keduanya memiliki tambahan yang berbeda. Pada Scoopy, Honda memberikan tambahan alarm anti maling. Sedangkan pada Fino, Yamaha memberikan kelebihan yaitu remote yang menyatu pada anak kunci serta fungsi remote untuk membuka penutup lubang kunci. Fitur ini oleh Yamaha diberikan nama advance key system.

Cara menggunakan fitur ini adalah, tekan tombol sekali untuk answer back system dan tekan agak lama untuk membuka penutup lubang kunci.

* Lampu utama
All New Scoopy telah di lengkapi dengan lampu utama jenis LED projector yang lebih terang, awet, hemat energi dan lebih fokus. Bahkan Scoopy versi pertama pun sudah mengaplikasikan lampu proyektor, meski saat itu belum menggunakan LED.

Sekilas dari sorot yang di hasilkan, lampu proyektor ini menyerupai lampu mobil. Pencahayaannya merata tetapi tidak menyilaukan pengendara lain di depan kita. Scoopy merupakan motor matic pertama di Indonesia yang menggunakan lampu jenis proyektor ini (sebelumnya di kelas sport sudah ada Bajaj Pulsar 180 dan 220 yang menggunakan lampu projector).

Lampu utama (LED) pada Scoopy menggunakan 2,67 W x 2 untuk lampu utama (low). Sedangkan untuk lampu jarak jauhnya (high) mnggunakan LED dengan 3 titik.

Sementara itu Yamaha Fino FI 125 menggunakan lampu utama dengan model desain diamond cut lens yang tidak kalah terang dengan milik Scoopy.

* Eco indicator
Seperti yang saya sebutkan di awal, sekarang Yamaha sudah tidak melulu menonjolkan performa mesin. Terbukti Yamaha memberikan indikator ekonomis pada Fino FI 125. Lampu indikator ini adalah pedoman untuk berkendara dengan konsumsi bahan bakar efisien, yaitu pada kecepatan 20-60 km / jam. Demikian juga dengan Honda All New Scoopy yang juga memiliki fitur serupa.

* Tambahan helm
Dalam paket penjualan, baik Soopy ataupun Fino sama-sama memberikan bonus helm dengan model special retro.

* Sistem rem
Honda All New Scoopy secara default sudah di lengkapi dengan rem CBS (combi brake system). CBS adalah kinerja rem depan dan belakang secara bersamaan hanya dengan menarik tuas rem belakang saja. Namun begitu, tuas rem depan pun tetap harus digunakan untuk hasil yang maksimal.

Sementara itu, Fino FI 125 secara normal tidak memiliki fitur serupa. Tapi perkara kehandalan (kepakeman) rem Yamaha (khususnya motor komersil), dia memang sudah lebih pakem dibanding produk Honda.

* Fitur auto stop
Lagi... Honda New Scoopy 110 FI pada semua variannya sudah dilengkapi dengan idling stop system (ISS). Yaitu fitur yang akan mematikan mesin secara otomatis saat motor berhenti selama 3 detik.

Yamaha Fino FI 125 pun di lengkapi dengan fitur serupa, yaitu SSS. Sedikit bedanya, Fino butuh waktu 5 detik untuk mati otomatis.

Fitur dari kedua produk ini memiliki target yang sama, yaitu penghematan bahan bakar, terutama untuk penggunaan di kota besar yang padat dan macet. Namun sayang, Yamaha memberikan fitur ini hanya pada varian tertingginya saja. Tidak seperti Scoopy yang memasangnya pada semua varian.

* Kapasitas bagasi (U-box / utility box)
Dalam hal ini Honda All New Scoopy memiliki volume yang lebih lega, yaitu 15,4 liter. Sedangkan Yamaha Fino FI 125 hanya memiliki volume 8,7 liter saja.

* Power charger
Fitur lainnya pada Honda Scoopy adalah socket charger yang terletak pada rak depan (console box). Disini Scoopy unggul karena Fino tidak memilikinya.

Untuk memastikan Anda tidak akan kehabisan daya baterai gadget, Honda memberikan fitur ini dengan power maksimal 12W (12V 1A). (Fitur serupa sudah ada pada matic TVS Dazz, salah satu merk sepeda motor dari India yang juga beredar di Indonesia).

Sebenarnya Yamaha juga sudah punya fitur ini pada kelas mid end, tapi sepertinya dia masih pelit untuk kelas low end.

* ACG starter
Ini juga fitur Scoopy yang tidak di miliki oleh Fino. Disini rada janggal juga nih... Saya sulit menyebutkan bahwa ACG adalah suatu kelebihan, mengingat pada model konvensional, starter elektrik motor matic Honda memang sangat kasar. Jadi fitur starter senyap ini seperti sebuah perbaikan atas suatu kesalahan. Tapi apapun itu, model starter senyap ini memang wajib ada demi mendukung fitur ISS. Pasti nggak enak kalau fitur ISS aktif, kemudian suara starter bletak-bletok di jalanan. Hahaha...!!

Sedangkan Fino... Dari awal juga motor-motor matic Yamaha memang memiliki suara starter yang wajar, jadi tidak harus di adakan perubahan.

KOMPARASI SPESIFIKASI DAN HARGA HONDA ALL NEW SCOOPY 110 VS YAMAHA ALL NEW FINO 125

Jika hanya melihat dari komparasi fitur di atas, sepertinya Honda All New Scoopy lebih memiliki banyak keunggulan dibanding Yamaha All New Fino FI 125. Tapi bagaimana pada bagian spesifikasi...? Mari kita ke TKP...

* Mesin
H 4 langkah, SOHC, eSP
Y 4 langkah, SOHC, Blue Core
Scoopy menggunakan teknologi yang dinamai dengan eSP. Yaitu prinsip kerja mesin dengan meminimasi gesekan agar tenaga dari mesin tidak terbuang percuma. Sementara itu, Fino menggunakan teknologi blue core yang pada prinsipnya sama. Artinya, sama-sama punya target efisien, bertenaga dan handal.

Menyinggung soal teknologi blue core... Dulu saya sempat kagum dengan klaim Yamaha bahwa mesinnya 50% lebih irit konsumsi bahan bakar. Tapi setelah saya perhatikan baik-baik, ternyata klaim tersebut adalah hasil perbandingan dengan Mio versi karburator. Jadi ya entahlah jika dibanding dengan kompetitor (Honda Scoopy).

* Sistem pendinginan
H Udara dengan kipas
Y Udara dengan kipas

* Jumlah silinder
H Tunggal
Y Tunggal

* Isi silinder
H 108,2 cc
Y 125 cc

* Sistem bahan bakar
H Injeksi (PGM-FI)
Y Injeksi (Blue Core)

* Diameter x langkah (bore x stroke)
H 50 x 55,1 mm
Y 52,4 x 57,9 mm

* Rasio kompresi
H 9,5:1
Y 9,5:1

* Power masksimal
H 6,7 kW (9,1 PS) / 7500 rpm
Y 7 kW (9,52 PS) / 8000 rpm

* Torsi maksimal
H 9,4 Nm (0,96 kgf.m) / 6000 rpm
Y 9,6 Nm (0,98 kgf.m) / 5500 rpm
Perkara volume silinder, bore x stroke, power dan torsi adalah lagu lama dari dua pabrikan ini. Singkatnya, cc lebih besarnya Yamaha dan cc lebih kecilnya Honda adalah sebuah dasar dari klaim mereka masing-masing. Klaim yang saya maksud adalah pencitraan Yamaha motor kencang dan Honda motor irit. Jadi... Entah siapa yang merasa takut, tapi mereka dua pabrikan ini memang tidak pernah membuat produk yang sama 100% dalam hal volume silinder. Ngeselin ya, Om Bro...?

* Kopling
H Otomatis, sentrifugal, tipe kering
Y Otomatis, sentrifugal, tipe kering

* Transmisi
H Otomatis, V-belt
Y Otomatis, V-belt

* Kapasitas tangki
H 4 liter
Y 4,2 liter

* Kapasitas oli mesin
H 0,7 liter pada penggantian periodik
Y 0,84 liter (total), 0,8 liter (periodik)

* Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
H 184,7 x 68,6 x 106,1 cm
Y 187 x 70 x 106,6 cm
Di sini Yamaha yang rada aneh menurut saya. Yamaha mengklaim bahwa Fino memiliki desain yang ramping dan elegan. Tapi nyatanya dimensi Honda Scoopy lebih kecil. Jadi bagaimana...? Klaim ramping itu dibanding dengan siapa?

* Jarak sumbu roda
H 125,7 cm
Y 126 cm

* Jarak terendah ke tanah
H 14,3 cm
Y 13,5 cm

* Berat kendaraan
H 99 kg
Y 98 kg
Pada bagian ini, Yamaha Fino lebih unggul nih. Dia punya cc lebih besar tapi bobot lebih ringan, jadi jelas akselerasinya lebih gesit.

* Rangka
H Tulang punggung (underbone)
Y Tulang punggung (underbone)

* Ukuran ban depan
H 100/90-12 59J
Y 70/90-14 34P

* Ukuran ban belakang
H 110/90-12 64J
Y 80/90-14 40P
Kali ini All New Scoopy menggunakan ban lebar. Hasilnya adalah keseimbangan sempurna pada saat berkendara. Tapi kenapa harus pakai velg berdiameter kecil ya? Maksudnya, pada saat harus ganti ban nanti, peredaran ban ukuran 12 inchi mungkin akan sulit di dapatkan di pasaran umum?

Namun begitu, Honda All New Scoopy ini unik lho... Jadi, walaupun diameter roda lebih kecil, tapi kolong (jarak terandah ketanah justru naik 3% dibanding Scoopy versi lama.

Selanjutnya Fino... Dia memilih untuk tetap menggunakan diameter velg 14". Tentunya akan mudah mendapatkan ban pengganti saat si karet bundar sudah mulai botak. Tapi sayangnya... Yamaha tetap menggunakan ban cungkring untuk motor matic low end miliknya ini.

Sebenarnya sih ukuran bannya standar, tapi karena kompetitor lebih gambot, jadi kesannya ukuran segitu itu cungkring.

* Rem depan
H Cakram hidrolik dengan piston tunggal
Y Cakram hidrolik

* Rem belakang
H Drum (tromol)
Y Drum (tromol)

* Sistem pengapian
H Full transisterized, battery
Y TCI

* Battery (accu / aki)
H MF 12V-5Ah
Y YUASA YTZ4V

* Busi
H NGK MRC9C-9N / DENSO U27EPR-N9
Y NGK CR6HSA

* Starter
H Elektrik dan kick starter
Y Elektrik dan kick starter

* Harga
H 17,800,000
Y 17,200,000 (sporty dan premium), 18,400,000 (grande)
Pada harga dasarnya, Honda All New Scoopy lebih mahal, padahal cc lebih kecil (lagu lama Honda). Tapi pastinya harga itu adalah untuk menebus fitur yang seabrek. Sedangkan Fino... Anda harus merogoh kocek lebih dalam agar bisa mendapatkan varian grande dengan fitur lengkap. Tapi harga yang lebih itu adalah tebusan untuk cc yang lebih besar.

***

Kesimpulan,
* Data di atas lebih lengkap pada Scoopy, tapi saya bukan bermaksud berat sebelah. Pasalnya, informasi pada situs resmi Yamaha tidak selengkap Honda (khususnya Scoopy vs Fino).
* Hasil komparasi sepertinya lebih unggul Scoopy, tapi semua kembali kepada selera dan kebutuhan Anda. Intinya, mau pilih fitur lengkap atau cc besar?

Comments