Curug Cipamingkis, penuh misteri namun tetap diminati...

Baca Juga

Motorisweb.com - Beberapa hari lalu saya mendapati foto profil teman di Whatsapp. Fotonya menarik untuk saya tuliskan di blog ini. Langsung saya tanyakan pada doi, dan dia segera kirim foto-foto lain. Isinya pamer kemesraan dan keceriaan bersama pacar. Ckckckck...!! Tapi bukan soal itu intinya. Yang menarik untuk saya tuliskan di motorisweb ini adalah backround dari foto-foto tersebut.

Merasa penasaran dengan foto-foto tersebut, saya tanya lah doi perihal lokasi foto-foto tersebut. Dan jawabannya, ternyata mereka itu berfoto riang di Curug Cipamingkis, Bogor yang (katanya) penuh misteri, legenda dan mitos.

Doi adalah Kank Agoest, salah satu punggawa komunitas bikers "Bad Dogs Jakarta" yang pernah beberapa kali saya sebut namanya di dalam artikel blog ini. Dan berikut ini isi pesan Whatsapp dari doi sebagai jawaban atas pertanyaan saya,

Misteri curug cipamingkis dan ciherang bogor

Destinasi Curug cipamingkis desa sukamakmur bogor

Indonesia itu indah dengan berbagai keanekaragaman baik suku budaya dan agama selain itu indonesia di anugerahi dengan keindahan alam yang menakjubkan selain pulau seribu raja ampat dan masih banyak destinasi lainnya.

Nah guys kali ini saya akan menunjukan salah satu keindahan alam indonesia yang berada di kota bogor tepatnya Desa Sukamakmur. Disini kalian akan di suguhi keindahan pegunungan yang memukau dan amat memanjakan mata udaranya yang sejuk dan alam yang asri membuat hati kita menjadi tenang dan releks setelah berpanas2n di ibu kota.

Memang tak mudah untuk mencapai puncak curug cipamingkis ini selain jalanan yang curam kalian harus berjalan kaki untuk mencapai puncak air terjunnya yaaaa walau enggak begitu jauh hanya sekita 60 meteran dari tempat parkir, Tapi yaa lumayanlah bisa buat betis kalian pegelll heeee..

Tapi semua lelah dan keringet kalian akan terbayarkan dengan sejuknya air terjun cipamingkis ini airnya yang dingin dan derasnya air yang turun dari atas pegunungan bisa meembuat badan lebih releks. 

Ayooo guyss eksplore alam indonesia yang telah di berikaan oleh Tuhan YME kepada kita bummingkan tempat2 dan destinasi yang menakjubkan yang dimiliki Indonesia. Sampai jumpa di alam Indonesia berikutnya guyssss

NKRI harga Mati


Demikian itu isi pesan Whatsapp dari doi. Luar biasa! Mantap Om Bro!

Misteri curug cipamingkis dan ciherang bogor

Memang benar... kita seharusnya banyak-banyak bersyukur pada Alloh atas karunia keindahan alam Indonesia ini. Sudah semestinya kita lestarikan kekayaan alam di bumi Indonesia tercinta. Explore, expose dan beritakan pada dunia bahwa kita memiliki negara yang indah dan kaya.

Misteri curug cipamingkis dan ciherang bogor

TENTANG CURUG CIPAMINGKIS
Curug Cipamingkis adalah salah satu tujuan wisata alam yang terletak di Desa Wargajaya, Kecamatan Sukamakmur, Kabupaten Bogor, Jawa Barat. Lokasinya memiliki luas 16,5 hektar dengan udara sejuk karena berada di antara hutan pinus yang hijau dan asri.

Lokasi Curug Cipamingkis memiliki suhu udara pada kisaran 18 - 20 derajat celcius. Pantaslah jika udaranya terasa sejuk dan dingin.

Bagi sebagian orang (yang percaya), udara dingin di sekitaran lokasi tersebut bukanlah semata-mata karena lingkungan yang hijau saja. Mereka meyakini bahwa di tempat tersebut terdapat “pengaruh lain” yang sering di hubung-hubungkan dengan legenda yang berbau mitos.

Lokasi Curug Cipamingkis merupakan pertemuan dua sungai yang masih berada di wilayah Kabupaten Bogor, yakni Sungai Cipamingkis dan Sungai Cisarua. Dan dari nama sungai itulah asal nama curug tersebut. Namun begitu, bagi sebagian orang, ada juga yang meyakini kata "Cipamingkis" tersebut berasal dari kata "pamungkas" yang berarti "terakhir". Sayang... saya tidak menemukan cukup informasi mengenai kisah kata pamungkas menjadi cipamingkis tersebut.

Sebenarnya, disekitaran lokasi tersebut, Curug Cipamingkis bukanlah satu-satunya curug (air terjun). Masih ada satu lagi, yaitu Curug Ciherang yang juga tak kalah menariknya. Namun begitu, Curug Cipamingkis cenderung lebih memiliki banyak pengunjung dibanding Curug Ciherang. Salah satunya (mungkin) disebabkan oleh legenda Curug Cipamingkis yang lebih kental jika dibanding dengan Curug Ciherang.

Salah satu legenda dan mitos Curug Cipamingkis adalah, jika Anda mandi di bawah air terjunnya dengan niat ingin enteng jodoh, maka keinginan Anda akan cepat terwujud. Tapi itu hanya mitos lho ya... jangan di percaya sepenuhnya. Jodoh itu tetap urusan Alloh SWT. Jadi, jika Anda memutuskan untuk mandi dibawah air terjun tersebut, maka niatkanlah hati Anda untuk mensyukuri karunia Alloh atas kesejukan alam-Nya. Jangan sampai perjalanan wisata Anda justru menjadikan Anda syirik (menduakan Alloh).

Disamping soal jodoh diatas, banyak juga orang-orang yang mempercayai bahwa Curug Cipamingkis memiliki “penunggu”. (Katanya) di lokasi tersebut ada sesosok ular naga yang oleh warga sekitar disebut Ratu Ular atau Dewi Ular.

Selain kisah-kisah diatas, masih ada lagi cerita lain. Kabarnya, pernah ada salah satu pengunjung Curug yang tiba-tiba dihampiri oleh sesosok dengan sinar mata tajam. Sorot matanya tersebut sangat tajam sehingga mirip dengan sebutir bola berwarna merah. Hiii... serem...!!

Dan (katanya), setelah kejadian tersebut, si pengunjung merasa bahwa dia mendapatkan sebuah kekuatan gaib yang hebat. Khususnya kekuatanan (pesona) dalam hal yang hubungannya dengan daya tarik (cinta).

LEGENDA CURUG CIHERANG
Seperti yang telah saya singgung diatas, selain Curug Cipamingkis, didekat lokasi tersebut juga terdapat cerita yang berhubungan dengan Curug Ciherang. Dan seperti pula Curug Cipamingkis, Curug Ciherang juga merupakan lokasi wisata religi dengan aroma mistis yang cukup kuat (meski tak sekuat Curug Cipamingkis).

Menurut legenda, Curug Ciherang dulunya adalah tempat pemandian dan pertapaan para keturunan raja. Oleh karenanya, dimasa sekarang, lokasi tersebut dikeramatkan dan diyakini dapat memberikan tuah (khasiat). Konon, air dari Curug Ciherang memiliki khasiat yang dapat menyembuhkan berbagai macam penyakit. Selain itu berhasiat juga untuk kebugaran dan mendapatkan berkah.

***

Nah, Om Bro dan Tante Sis, kembali saya ingatkan... perkara khasiat, kebugaran, berkah, keramat dan segala macamnya, bagi kita cukup tahu saja mengenai kepercayaan sebagian orang. Bagi kita, keberkahan tetap datangnya dari Alloh. Dan tiada keramat yang ampuh di dunia ini selain dari do'a ibu. Tapi do'a ibu kita masing-masing, bukan do'a ibu yang jadi armada bus. Wkwkwwkk...!! Setidaknya begitulah kata Bang Haji Rhoma Irama pada salah satu lirik lagunya. Jiahahaha...!! Brewokan dong...?

JALAN MENUJU CURUG CIPAMINGKIS DAN CURUG CIHERANG
Lokasi kedua curug ini relatif mudah dijangkau. Jaraknya sekira 40 km dari sentul. Rutenya,  Bogor - Sentul - Babakan - Madang - Sukamakmur - Desa Wargajaya - Curug Cipamingkis.

Jika dari Jakarta, Anda harus menempuh jarak 60 km dari Pintu Tol Cibubur. Rutenya adalah, Cibubur - Gunung Putri - Jonggol - Sukamakmur - Desa Wargajaya - Curug Cipamingkis. Secara keseluruhan, Anda tidak akan mengalami kesulitan yang berarti untuk mencapai lokasi curug dari gerbang tol Cibubur.

Sedangkan jika Anda masuk dari Jonggol, maka teruslah menuju Sukamakmur dan Cipanas.

Memasuki lokasi wisata, Anda juga tidak akan mengalami kesulitan memarkir kendaaan karena area parkirnya relatif dekat dengan jalan utama. Dan dari tempat parkir, Curug Cipamingkis lebih dekat dan lebih mudah diakses dibanding Curug Ciherang yang letaknya sekira 500 meter dari gerbang utama.

Di sekitar lahan parkir terdapat pondok-pondok yang menjual makanan ringan serta minuman. Kemudian untuk mencapai curug, Anda harus melewati jembatan bambu demi menyeberang ke lokasi.

Di sekitar curug terdapat juga lokasi perkemahan, jongging track, outdoor activity, toilet, musholla, serta tenda-tenda dan saung-saung untuk rehat. Anda juga dapat menggelar tikar untuk menikmati bekal yang Anda bawa dari rumah.

Untuk dapat naik ke lokasi bawah air terjun, Anda harus menggunakan sandal atau sepatu khusus untuk pendaki gunung. Atau jika tidak, Anda dapat juga mencopot dan menjinjing sepatu agar tidak licin saat berpijak.
Sumber: alampriangan.com

Comments