Harga Yamaha Nouvo dan RX King bekas terbaru sudah di luar nalar! Cinta memang buta...

Baca Juga

Motorisweb.com - Cinta itu buta... Mungkin kalimat itu yang tepat diselipkan pada bikers penggemar Yamaha Nouvo dan RX King. Betapa tidak? Mereka rela merogoh kocek dalam-dalam demi kedua motor tersebut yang harganya melambung tinggi sampai diluar batas nalar.

Tapi itu kata sebagian lain orang yang bukan penggemar Yamaha Nouvo dan RX King. Ceritanya jadi lain ketika kita hubungkan harga kedua motor tersebut dengan kata "hobi". Nah, kalau bicara hobi, hubungannya jelas dengan kepuasan. Lantas, kalau sudah bicara perkara kepuasan, hasil akhirnya tentu akan berbeda-beda bagi setiap orang. Lihat saja, bagaimana seorang pehobi mancing rela mengeluarkan uang hingga jutaan rupiah demi hanya membeli sebatang joran dan perlengkapan memancing lainnya. Kemudian... bagaimana (saya yang dulu) seorang pehobi musik (anak band kampung, wkwkwkkwk...!!) rela membuang-buang uang demi untuk berlatih bermain musik dan mengikuti berbagai festival band? Padahal sekarang saya tidak mendapatkan apa-apa dari musik, kecuali mendapatkan istri yang saya kenal pada saat saya masih aktif ngeband. Wkwkwkwk...!! Itu hasil yang luar biasa bagi saya...

Dan nyatanya semua itu belum seberapa. Lihat saja para pehobi golf yang harus menggelontorkan uang hingga ratusan juta rupiah demi hobinya. Lah, iya lho... satu batang stick golf saja, dulu, harganya sudah mencapai puluhan juta rupiah. Belum lagi untuk "nyawer" para caddy yang cantik-cantik dan seksi di lapangan. Bagaimana dengan sekarang?

Nah... itulah kalau kita bicara perkara hobi. Sekarang kita kembali ke Yamaha Nouvo dan RX King...

Spesifikasi dan harga bekas yamaha nouvo dan rx king

Fenomena melambungnya harga Yamaha Nouvo dan RX King bukanlah hal baru di dunia persilatan motor. Hal itu sudah terjadi sejak beberapa tahun yang lalu.

Yamaha Nouvo adalah pelopor motor dengan bagasi helm in yang pertama dari merk Jepang di Indonesia. Nouvo merupakan perpaduan antara model motor skuter dengan tipe bebek (cub) yang mengusung mesin berkapasitas 113 cc dan bertransmisi otomatis.

Nouvo pertama kali di perkenalkan oleh Yamaha pada tahun 2002. Sedangkan untuk produksi, generasi pertamanya baru di mulai tahun 2003 hingga 2005. Dilanjutkan dengan generasi kedua yang dinamakan Nouvo Z.

Nouvo hanya mampu bertahan selama kekira 5-6 tahun di Indonesia. Generasi Nouvo Z discontinue pada tahun 2008 dan selanjutnya Yamaha lebih fokus pada Mio series yang saat itu menjadi salah satu tulang punggung penjualan pabrikan garpu tala tersebut.

Di akui atau tidak, keputusan Yamaha untuk menyuntik mati Nouvo adalah karena produknya tersebut kurang mendapatkan respons positif dari masyarakat persilatan motor di Indonesia (saat itu).

Keadaan berbalik setelah beberapa tahun kemudian. Yamaha Nouvo di Indonesia menjadi buruan para pencinta motor modifikasi. Nah, karena pabrikan sudah tidak lagi memproduksinya, dan di masa lalu populasi Nouvo hanya sedikit, maka sekarang produk tersebut menjadi barang langka. Dan klimaksnya, harga bekas motor Yamaha Nouvo di pasaran jadi melambung tinggi.

Salah satu sumber rujukan saya, yaitu dari berita di situs viva.co.id edisi 25 November 2016 menyatakan bahwa tingginya harga Yamaha Nouvo pun diakui oleh para pedagang motor bekas di kawasan Condet, Jakarta Timur. Sebut saja Iing, pemilik dealer mokas "Lukas Motor" yang menyebutkan bahwa harga Yamaha Nouvo melejit akibat banyak kalangan yang ingin melakukan modifikasi namun dengan anggaran sedikit. Tapi sebenarnya itu dulu, saat harga Nouvo masih murah.

Sebagai contoh, pada tahun 2007, harga bekas Yamaha Nouvo hanya di kisaran 5 juta rupiah saja. Jadi, bagi pecinta modifikasi yang memiliki budget 9 jutaan saja sudah bisa melakukan modifikasi banyak pada motor tersebut. Namun sekarang... keadaan telah berubah. Saat ini banyak anak muda yang mencarinya. Hal itulah yang membuat harga Yamaha Nouvo terdorong naik karena stoknya yang sudah langka.

Terjadinya minat banyak kalangan pada Yamaha Nouvo adalah karena bodi si motor gampang dimodifikasi. Selain itu harga spare partnya juga relatif murah dan berlimpah di pasaran.

Nah... bagi Anda peminat motor Yamaha Nouvo, Bang Iing ini berpesan... jika hendak membeli motor Nouvo bekas, sebaiknya di cek dulu secara mendalam. Poin utamanya, perhatikan beberapa komponen dengan melakukan cek kaki-kaki, rem dan CVTnya. Hal itu untuk memastikan bahwa Nouvo bekas yang Anda beli masih dalam kondisi laik pakai.

Hal senada juga di ungkapkan oleh Yaya, pemilik Gapura Motor yang juga berlokasi di bilangan Condet, Jakarta Timur.

Sementara itu dari situs Sindonews edisi 27 Maret 2017 pun ada berita tentang Yamaha Nouvo dan RX King yang saat ini tengah menjadi primadona para pecinta modifikasi.

Menurut Zaenal, salah satu penjual mator bekas di Kramat Jaya, Jakarta Utara, minat tinggi para pecinta RX King adalah karena kecepatan dan kekuatannya yang sudah tersohor di seantero Indonesia.

Perkara harga tentunya tergantung pada kondisi si motor itu sendiri. Namun begitu, rerata harga di pasaran paling murah adalah 12 juta rupiah untuk RX King dan 8 jutaan untuk Nouvo.

Lalu, berapa harga maksimalnya...?

Penasaran, saya buka situs OLX dan melakukan pencarian harga bekas Yamaha Nouvo dan RX King. Dan hasilnya...

... beberapa penawaran yang terpampang di OLX, di antaranya,

* Yamaha Nouvo Z 2006, iklan pada tanggal 10 Agustus 2017 Rp 11.000.000
* Iklan pada tanggal 21 Agustus 2017, Yamaha Nouvo Z tahun 2005 Rp 11.000.000, Rp 12.000.000, Rp 8.000.000 dan ada pula yang Rp 5.950.000, Rp 7.500.000 dan Rp 4.800.000.

Nah... untuk yang seharga 4 dan 5 jutaan itu jadi pertanyaan tuh. Bagaimana dengan kondisinya?

Sedangkan untuk harga Yamaha RX KING tahun 2004, dengan status standar dan tangan pertama, harga yang di tawarkan adalah senominal Rp 16.000.000 (iklan tertanggal 16 Agustus 2017). Sementara itu, dari iklan tanggal 9 Agustus, ada pula penawaran seharga Rp 5.900.000.

Penawaran Yamaha 135 cc RX King tahun 1995 (iklan tanggal 21 Agustus) adalah Rp 11.000.000. Nah... yang paling mahal adalah penawaran RX King 2004 dan 2008 seharga Rp 22.000.000.

Fantastis kan? Motor-motor lain yang sekelas mana ada yang secondnya seharga itu...?

SPESIFIKASI YAMAHA NOUVO
Dibawah ini motorisweb hanya sajikan data dari Nouvo saja. Untuk data spesifikasi Yamaha RX King, motorisweb sudah pernah bahas sebelumnya di blog ini.

* Tipe mesin
4 langkah, SOHC, 2 valve
* Kapasitas silinder
113,7 cc
* Sistem pendingin mesin
Udara
* Sistem bahan bakar
Karburator, BS25 x1
* Diameter x langkah piston (bore x stroke)
50 x 57,9 cc
* Perbandingan kompresi (compression ratio)
9,8:1
* Power maksimum
6,54 kW (8,9 PS) / 8000 rpm
* Torsi maksimum
8,63 Nm (0,88 kgf.m) / 7000 rpm
* Tipe transmisi
Stepless, v-belt
* Pola pengoperan gigi
Otomatis
* Starter
Pedal dan elektrik starter
* Tipe kopling
Otomatis, sentrifugal, tipe kering
* Kapasitas tangki bahan bakar
4,9 liter
* Kapasitas oli mesin
0,8 liter
* Dimensi (panjang x lebar x tinggi)
193,5 x 67,5 x 107 cm
* Jarak sumbu roda
128 cm
* Jarak terendah ke tanah
13,5 cm
* Tinggi tempat duduk
75,5 cm
* Berat kendaraan
96 kg (kosong), 101 kg (isi)
* Tipe rangka
Steel tube, underbone
* Ukuran ban depan
70/90-16
* Ukuran ban belakang
80/90-16
* Tipe rem depan
Cakram hidrolik
* Tipe rem belakang
Drum (tromol)
* Suspensi depan
Teleskopik
* Suspensi belakang
Unit swing dengan peredam kejut ganda
* Sistem pengapian
DC-CDI

Comments