Promo Gila! Harga perkenalan Suzuki GSX-S150 dan GSX-R150 di perpanjang hingga akhir Agustus 2017

Baca Juga

Motorisweb.com - Pertarungan dunia persilatan motor kelas sport 150 cc kian memanas dengan hadirnya Suzuki GSX-S150 dan GSX-R150. Pasalnya, dua bersaudara tersebut hadir dengan harga perkenalan (harga promo) yang jauh di bawah harga kompetitor, Honda CB150R, CBR150R, Yamaha All New Vixion 155 dan YZF-R15. Sontak sambutan dari masyarakat dunia persilatan motor sangatlah hangat, bahkan pada ajang Jakarta Fair beberapa waktu yang lalu (pun begitu).

Harga promo suzuki gsx-r150 gsx-s150

Keputusan Suzuki memberikan harga promo super murah tersebut adalah langkah yang sangat tepat. Karena, (secara kasat mata) Suzuki hampir tidak akan bisa masuk ke arena perang di kelas ini jika dia memberikan harga yang tidak cukup miring. Hal itu di mungkinkan karena akar dari dua merk besar (Honda dan Yamaha) sudah menancap sangat kuat di Indonesia. Dan kekuatan kedua merk tersebut tentu (salah satunya) adalah karena jaringan aftersales yang banyak bertebaran di seluruh pelosok negeri.

Kembali ke harga...

Sejak awal di luncurkannya, Suzuki memberikan harga perkenalan di angka 23,900,000 rupiah untuk GSX-S150 dan 25,900,000 rupiah untuk GSX-150R. Bandingkan dengan harga Honda CB150R yang sekarang sudah mendekati angka 26 juta (STD) dan 27,050,000 (SE). Bandingkan juga dengan Yamaha Vixion R yang sudah resmi 28,8 juta rupiah...

Jauh kan? Itu baru versi nakednya. Lebih jauh lagi versi fairingnya, Honda CBR150R dan Yamaha YZF-R15 yang harganya di atas 30 jutaan... jauh di atas harga GSX-R150 yang hanya 27,9 juta rupiah saja.

Tapi harga GSX 150 series itu kan cuma harga promo, Mas?

Nah, itulah yang akan kita bahas kali ini. Meskipun awalnya Suzuki hanya memberikan harga tersebut sebagai "perkenalan", tapi nyatanya program itu terus di perpanjang setiap bulannya bahkan sampai akhir bulan Juli lalu.

Yah... habis dong...? Trus berapa harga bulan Agustus ini?

Naahh... itu dia yang menarik. Ternyata Suzuki kembali memperpanjang harga promonya hingga akhir bulan ini, Agustus 2017.

Haaaaaaahhhhhhh....???!!! Benarkah...?!

Biasa aja! Nggak usah kaget gitu...! Kakakakak....!!

Tapi serius, Om Bro. Ini informasi resmi dari internal Suzuki (setidaknya begitu kata Lek Iwb: iwanbanaran.com).

Nah... bagaimana dengan tanggapan kawan-kawan bikers?

Yang jelas beragam. Tergantung selera dan sisi pandang masing-masing.
* Jika kita melihat dari sudut pandang positif, tanggapannya pasti baik. Itu artinya Suzuki benar-benar berkonsentrasi untuk dapat bersaing dengan seimbang di kelas ini. Nantinya, jika perkembangan (penjualan) Suzuki terus bertambah bagus, pastinya hal itu akan berimbas pada pembangunan jaringan aftersales yang merata. Dan jika hal itu terwujud, efek positifnya tentu akan sangat di rasakan oleh bikers Suzuki.

Istilahnya, tidak apa lah untuk sementara ini Suzuki Indonesia (PT.Suzuki Indomobil Sales) hanya mendapatkan sedikit margin dari GSX series. Toh dia jual mobil juga...?! Toh dia juga punya Satria F 150...?

Ya... dalam bahasa singkatnya (mungkin) semacam subsidi silang antara divisi motor dengan divisi mobil?

* Lalu bagaimana jika kita melihat dari sudut pandang negatif...?

Beberapa suara (entah realistis atau haters), ada yang menuding Suzuki dengan ungkapan bahwa harga GSX 150 series tersebut sebenarnya adalah harga normal. Segala embel-embel promo tersebut hanyalah omong kosong!

Mungkin juga...?

Dan memang, bagi saya, kedua pernyataan (cara pendang) tersebut di atas mungkin saja benar. Bahkan saya juga meraba kemungkinan pada pernyataan yang kedua. Pasalnya, saya juga kerjaannya jual beli (walaupun bukan jual beli motor), jadi sedikit banyak mempelajari ilmu penetapan harga jual.

Tapi... apapun kebenarannya, tetap saja Suzuki itu baik hati. Tidak maruk dengan margin besar seperti Honda dan Yamaha. Iya tho? Nah, sekarang tinggal jaringan aftersalesnya saja yang harus Suzuki fikirkan matang-matang.

Comments