Spesifikasi Honda Vario Techno 110, desain dan pilihan rem berbeda untuk mesin yang sama

Baca Juga

Motorisweb.com - Pada dasarnya, secara spesifikasi teknis, Honda Vario Techno 110 adalah sama persis dengan varian MMC. Yang membedakan hanyalah desain body dengan lekuk yang serba tajam. Berbeda dengan versi pertama (MMC) yang menggunakan desain serba oval.

Spesifikasi Honda Vario 110 karburator

Vario Techno 110 adalah varian motor matic pertama dari Astra Honda Motor yang menerapkan Combi Brake System (CBS). Yaitu cara pengereman yang dapat mengoperasikan dua rem sekaligus hanya dengan satu tuas. Jadi... kira-kira seperti rem mobil pada umumnya, dimana dengan satu pedal, 4 titik rem bekerja secara bersamaan.

Meski rem Honda Vario Techno 110 dapat beroperasi berbarengan, namun daya remnya tidak 100% bekerja bersama. Jadi, jika Anda menekan tuas rem belakang, maka akan terjadi komposisi dimana rem belakang bekerja 100% dan rem depan 30%. Artinya, Anda tetap harus menggunakan tuas rem depan untuk hasil yang lebih maksimal.

Perkara pilihan varian, Honda Vario Techno 110 sebagai pelopor rem CBS pun tetap memberikan pilihan model rem konvensional. Jadi Anda bebas untuk memilih salah satunya.

SPESIFIKASI HONDA VARIO TECHNO 110

* Seperti yang saya sebutkan diatas, Vario Techno 110 menggunakan mesin yang yang sama dengan varian MMC, yaitu jenis SOHC, 4 langkah, 2 katup dan berpendingin cairan.
* Dengan diameter dan langkah piston sebanyak 50 x 55 mm, Vario Techno 110 memiliki kubikasi sebesar 108 cc dan menghasilkan power sebesar 8,99 PS / 8000 rpm. Kemudian perkara torsi, dia memiliki angka 0,86 kgf.m / 6500 rpm.
* Honda Vario Techno 110 dibekali dengan sistem bahan bakar karburator Keihin AVK 22 dan diberikan pengapian DC-CDI.
* Honda Vario Techno 110 memiliki rasio kompresi yang tergolong tinggi, yaitu sebesar 10,7:1. Angka tersebut secara pemahaman umum berarti menuntut penggunaan bahan bakar beroktan tinggi, seridaknya pertamax 92. Namun begitu, pihak Honda sendiri menyatakan bahwa matic jagoannya ini aman menggunakan premium.
* Pada bagian roda penggerak dilengkapi dengan ban berukuran 80/90-17 di depan dan 90/90-17 di posisi belakang. Ukuran ban tersebut terbilang gambot jika dibanding dengan kompetitor dimasa itu.
* Pada kaki-kaki, seperti umumnya motor matic dek rata yang banyak beredar di pasaran, Honda Vario Techno 110 pun menggunakan suspensi teleskopik di depan dan swing arm bershockbreaker tunggal di belakang.
* Untuk mengendalikan laju motor, disc brake 190 mm di terapkan pada roda depan dan drum (tromol) untuk roda belakang.
* Pada bagian pengapian, Vario Techno 110 dijejali dengan busi NGK CR7EH-9. Pilihan lainnya adalah DENSO U22FER9.
* Kapasitas tangki bahan bakar sebesar 3,7 liter dan oli mesin sebanyak 0,7 liter pada penggantian periodik.

Honda Vario Techno 110 adalah salah satu motor matic yang nyaman di kendarai karena menggunakan suspensi yang lembut dan minim getaran.

Comments