Spesifikasi Kymco Spike 120, bebek jantan yang habis di telan jaman

Baca Juga

Tahun 2002 adalah saksi lahirnya sesosok bebek jantan bernama Spike dari Pabrikan Kymco. Di sebut seperti itu karena dia mengusung spesifikasi paling tinggi di kelasnya saat itu.

Spesifikasi bebek jantan Kymco Spike 120

Pak Herdy (guru komputer saya saat SMK), adalah salah satu orang yang pernah menjadi penunggang Kymco Spike 120 selama tahun 2003 hingga 2006 (setahu saya). Hanya saja saya lupa, apakah motor Pak Herdy itu varian double disc brake atau varian tromol di belakang.

Kymco adalah satu merk dari pabrikan Taiwan yang di bawa masuk ke Indonesia oleh Lippo Group.

Kymco Spike telah menjadi pelopor motor bebek dengan spesifikasi tinggi pada waktu yang jauh sebelum merk Jepang naik kelas (saat motor-motor bebek  Jepang masih bermain di kelas 100-110 cc). Bahkan sebelumnya, pada tahun 2000, Kymco juga merupakan pabrikan yang pertama memproduksi motor Jetmatic dengan kubikasi 125 cc.

Namun sayang... Kehadiran Kymco di jaman menjamurnya motor-motor Cina, telah membuatnya di cap dengan label yang sama oleh masyarakat, yaitu "motor Cina".

Kualitas motor Cina yang terkenal "remuk" membuat Kymco terkena imbasnya dan turut ditinggalkan oleh konsumen motor Indonesia.

Kembali ke Kymco Spike 120...

Menurut salah satu review, kecepatan Kymco Spike mampu tembus 120 km / jam (versi speedometer).

Meski Kymco merupakan merk Taiwan, namun bebek jantan Kymco Spike menggunakan karburator serupa dengan Honda C70 yang terkenal keiritannya. Selain itu, Spike dibekali mesin GY6 yang terkenal handal di Taiwan dan Cina.

Karena kehandalan yang setara dengan merk Honda, Kymco berani memberikan garansi selama 5 tahun untuk produknya tersebut.

Selain hanya handal di sektor mesin, Kymco juga termasuk mandiri dalam hal design. Tidak seperti umumnya motor-motor Cina yang hanya bisa menjiplak model-model body motor Jepang. Maksudnya, Kymco tidak mencontek desain body motor-motor merk Jepang seperti Yamaha, Honda, Suzuki atau pun Kawasaki.

Salah dua contoh yang jelas adalah varian Jetmatic 125 dan si bebek jantan Spike 120 ini. Kita bisa lihat dengan jelas, kedua motor tersebut memiliki design yang sama sekali berbeda dengan motor-motor merk Jepang.

Tapi...

...seperti yang saya sebutkan di atas...

...meski Kymco memiliki produk-produk bermutu "lumayan", tingkat kepercayaan masyarakat yang rendah membuat ATPM Kymco di Indonesia harus tutup. Imbasnya, spare part produk Kymco semakin hari semakin langka dan mahal.

SPESIFIKASI KYMCO SPIKE 120

* Mesin
4 langkah
* Sistem pendinginan
Udara
* Jumlah silinder
Tunggal
* Isi silinder
120,4 cc
* Sistem bahan bakar
Karburator
* Power maksimal
9,2 HP / 8000 rpm
* Torsi maksimal
9,5 Nm / 6500 rpm
* Transmisi
Manual, 4 speed
* Dimensi (panjang x lebar)
200,5 x 73 cm
* Berat kendaraan
120 kg
* Ukuran ban depan
2,50-17 4PR
* Ukuran ban belakang
2,75-17 4PR
* Rem depan
Cakram
* Rem belakang
Cakram (versi RR)

Comments