Supra GTR 150 vs MX King, rahasia sukses penjualan si Supri di bulan Juli 2017

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro... beberapa waktu lalu saya pernah menuliskan perkara penjualan Supra GTR 150 yang pada bulan Juli lalu mampu melampaui penjualan Yamaha MX King. Dan sebelumnya diblog ini juga pernah dibahas beberapa kali perihal dua motor rival tersebut. Nah... kali ini motorisweb baru saja mendapatkan pencerahan mengenai salah satu penyebab unggulnya motor bebek super besutan Honda yang satu ini.

PERUBAHAN STRATEGI KOMUNIKASI HONDA SUPRA GTR 150
Sebelumnya pernah saya utarakan "dugaan" kemenangan Honda Supra GTR150 adalah karena adanya pilihan striping baru yang bernuansa CBX500. Tapi ya tentu bukan hanya itu penyebabnya. Sebab lain yang berhasil motorisweb temukan dari TKP adalah adanya perubahan strategi komunikasi pihak Honda dengan bikers diseluruh Indonesia. Istilahnya perubahan pendekatan atawa sosialisasi, gitu lah kira-kira.

Pada awal kemunculannya, Honda Supra GTR150 telah mendapat cap sebagai motor adventure atawa motor touring atawa motor multi purpose. Hal itu dapat dipahami dari iklannya di media televisi yang (sedikitnya) memperlihatkan set lokasi jalanan berlubang dan tidak rata.

Namun anehnya, motor bebek sport dengan target iklan seperti demikian kok kenapa menggunakan nama "supra"? Bukankah nama supra itu identik dengan motor bebek standar harian? Kelihatannya kurang nampol kala nama itu dipasang menjadi label untuk motor semi off-road. Iya kan...?

Rahasia sukses penjualan supra gtr 150 vs mx king

Akhirnya ya... begitulah... Selama beberapa waktu lamanya penjualan Honda Supra GTR150 selalu tertinggal jauh dari Yamaha MX King 150. Lalu, bagaimana bisa sekarang Supra GTR menyalip penjualan MX King...? Kira-kira begitu pertanyaan yang ada di dalam benak Om Bro semua...?

Seperti yang telah saya sebutkan diatas, menurut penelusuran motorisweb, dikemudian hari Honda telah merubah strategi komunikasinya. Yang intinya Honda ingin menciptakan image bahwa Supra GTR150 adalah juga motor multiguna yang bisa digunakan untuk hangout, kepasar, turing, ngampus, ngantor dan lainnya. Bahkan mau dipakai buat kesawah atau ke kebun juga bisa, asal motornya jangan dicemplungin ke selokan saja. Kakakkaakkk...!!

Intinya lagi, Honda ingin menghapus jejak image bahwa Supra GTR adalah motor adventure atawa motor touring. Pasalnya, jika mengacu pada dua istilah tersebut (adventure dan touring), maka penafsiran masyarakat akan menjadi sempit. Kesan yang akan timbul adalah, bahwa Supra GTR tidak cocok untuk tunggangan harian.

SUPRA GTR DI MALAYSIA MENGGUNAKAN NAMA SESUAI IMAGE BEBEK SUPER
Nah... jika di Indonesia ini Supra GTR150 sedang dalam pembelokan image menuju motor multiguna, maka lain cerita dengan Malaysia. Ketika Honda Indonesia tidak menonjolkan performa tinggi dan sporty, bahkan namanya pun "Supra" maka di Malaysia justru terbalik. Disana, Supra GTR dinamai Honda RS150R

Bagi yang sudah pernah tahu sekilas tentang prototipe Honda RS series, mindsetnya tentu akan mengarah pada bayangan motor balap (motor performa tinggi). Jadi sepertinya, Honda Indonesia dalam hal Supra GTR memang mencari diferensiasi (pembeda / perbedaan) dari region lain semisal Malaysia.

PENJUALAN HONDA SUPRA GTR 150 VS MX KING
Sekedar mengingatkan, bulan Juli 2017 lalu Honda Supra GTR mampu terdistribusikan sebanyak 2.777 unit. Sementara Yamaha MX King sejumlah 2.730 unit. Cuma beda tipis memang... tapi angka itu saja sudah cukup bagus mengingat sebelumnya Supra GTR sangatlah tergopoh-gopoh dalam meladeni perlawanan MX King 150.

Dan lagi-lagi saya ingatkan kembali, bahwa prestasi tersebut adalah hasil dari perubahan strategi komunikasi melalui penggantian striping saja. Sepertinya hanya hal sepele ya...? Tapi nyatanya hal yang sepele tersebut sanggup membawa pengaruh besar dalam hal penjualan.

Saya masih ingat, dulu, di awal dekade 2000-an, saya sama sekali tidak tertarik melihat Yamaha Jupiter milik tetangga yang bermata burung hantu. Dan bukan cuma saya... nyatanya saat itu respon dari pasar memang terasa dingin sekali pada simata burung hantu. Tapi... setelah Yamaha memberikan striping baru pada si Jupie, penjualannya mampu terdongkrak naik.

KESIMPULAN
Meskipun sekarang dominasi bebek super masih dipegang oleh Yamaha MX King, namun nama Supra GTR mulai terasa renyah bagi pasar disegmen ini.
Sumber: iwanbanaran.com, tmcblog.com

Comments