Suzuki V-Storm 250 Akan Masuk Indonesia, sementara Yamaha akan upgrade besar-besaran New R25

Baca Juga

Motorisweb.com - Geliat dunia persilatan motor akhir-akhir ini sedang memanas setelah kebangkitan penjualan dibulan Juli yang sebelumnya amblas jauh di bulan Juni 2017. Berbagai jenis / model ditawarkan oleh berbagai merk sepeda motor di Indonesia, termasuk GSX series yang berasal dari pabrikan berinisial "S". Tapi rupanya persembahan Suzuki tersebut masih kurang membuat puas konsumen motor tanah air, sehingga banyak kalangan yang mempertanyakan, apakah Suzuki V-Storm akan 250 akan masuk Indonesia?

V-Strom 250 adalah motor berjenis adventure yang saat ini sudah dirilis oleh Suzuki Cina.

Pertanyaan langsung ditanyakan oleh beberapa blogger saat bertemu dengan managing director Suzuki, Seiji Itayama. Dan jawabannya sungguh mengharukan, katanya, sebenarnya pihak Suzuki pun ingin secepatnya membawa V-Strom 250 ke Indonesia. Tapi semua itu tentu tidak semudah membalikkan telapak tangan. Apalagi kalau telapak tangannya terjepit diantara kedua paha janda. Wkwkwkkwk...!!

Butuh proses panjang untuk bisa mewujudkan hal itu.

Ungkapan tersebut diatas terucap dari para punggawa Suzuki Indonesia pada momen obrolan santai bersama Itayama san, Mori san dan para Blogger otomotif di Jakarta...

Menurut para pejabat Suzuki tersebut, saat ini pun mereka tengah memantau dengan seksama perkara tren pasar motor di Indonesia. Pada dasarnya mereka faham betul bahwa motor jenis adventure seperti V-Storm, sekarang tengah menjadi pasar yang diincar oleh banyak pabrikan besar tanah air.

Suzuki memahami bahwa sisi desain adalah bagian yang rentan menjadi bahan kritikan dari para biker dan jaringan lainnya. Karenanya, butuh proses yang tidak sebentar untuk bisa menghadirkan V-Strom 250 kesini.

Itayama san mengatakan bahwa Suzuki sendiri sudah ingin secepatnya membawa V-Strom 250 ke Indonesia. Namun semua itu tentunya harus melalui persetujuan SMC (Suzuki Motorcorps) di negeri matahari terbit sana.

Kendala terbesar saat ini adalah status V-Strom 250, yang jika diimport dari Cina, maka banderolnya pasti akan jadi menjulang tinggi. Pasalnya, pajak import dari Cina cukup besar. Sangat berbeda dengan pajak import dari Thailand atau pun Vietnam. Pilihan cara lain adalah dengan sistem CKD (dirakit di Indonesia). Tapi hal itu pun tidak cukup meyakinkan, apakah dengan cara CKD saja sudah mampu menekan harga serendah-rendahnya...?

Overall... dengan segala kendala tersebut, Lek Iwb selaku dedengkot blog otomotif di Indonesia hanya bisa memprediksikan, bahwa, Suzuki V-Storm 250 paling cepat akan hadir tahun depan. Tapi ingat, itu prediksi paling cepat lho ya... Batas waktu paling lambatnya tidak diprediksikan oleh beliau. Bisa jadi prediksi paling lambatnya adalah tahun 2028. Wkwkkwkwk....!! Lambreta amirrr...!!??

Suzuki v-storm 250 masuk Indonesia

SPESIFIKASI SUZUKI V-STORM 250
Tipe mesin: 4-stroke, SOHC, Liquid Cooled
Jumlah Silinder: 2
Kapasitas silinder: 248 cc
Diameter x langkah: 53.5 x 55.2 mm
Rasio Kompresi: 11.5:1
Power Maksimum: 24,6 dk / 8.000 rpm
Torsi Maksimum: 23,4 Nm / 6.500 rpm
Sistem Bahan Bakar: Fuel Injection
Starter: Electric starter
Transmsi: 6 percepatan
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Monoshock
Ukuran Ban Depan: 110/80-17 M/C 57H, tubeless
Ukuran Ban Belakang: 140/70-17 M/C 66H tubeless
Rem Depan: Disc Brake
Rem Belakang: Disc Brake

PERANGAI BARU YAMAHA R25
Sementara itu dipihak pabrikan garpu tala, Yamaha, entah itu ditingkat global ataupun nasional Indonesia, saat ini yang sedang dipersiapkan adalah R25. Alasannya jelas! Jika Yamaha ingin seimbang dalam pertarungan di kelas sport fairing 250 cc, dia harus banyak berbenah diri.

Menurut kabar, Yamaha R25 yang berkode MY18 nantinya akan menggunakan mesin yang benar-benar baru. Jadi bukan hanya sekedar facelift ataupun ganti kelir alakadarnya saja. Meski (mungkin) tidak akan 100% baru, tapi part-part mesin sebagiannya akan berbeda jika dibandingkan dengan mesin R25 versi sekarang.

Kemudian perkara dimensi dari fisik mesin itu sendiri akan dibuat sama atau minimal mirip dengan versi sekarang. Indikasinya tersirat jelas dari testimoni bahwa frame (rangka) New R25 MY18 adalah sama dengan versi lamanya. Logikanya, jika frame tidak berubah, maka dimensi mesin pun tidak akan berubah terlalu jauh.

Saat ini Yamaha telah rampung dalam test unit R25 di Jepang. Selain itu, dia juga tengah menjalani test durabilitas di Indonesia.

Mesin baru yamaha new r25

Mesin Yamaha R25 nantinya akan menggunakan kompresi tinggi, yakni 12,5:1. Pastinya mesin berkompresi segitu haruslah menggunakan bahan bakar pertamax atawa pertamax plus. Lagi pula nggak akan terlihat perlente jika unit motor premium sekelas R25 kok mampirnya ke dispenser premium di SPBU. Bisa-bisa nanti dikira motor pinjaman... kakakaakakkk....!!

Selain perkara kompresi, mesin Yamaha R25 pun akan menganut putaran tinggi, yaitu hingga 16,000 rpm.

Pada bagian body, indikasi sementara sepertinya akan menggunakan model yang sama dengan R series yang memiliki kelas lebih tinggi, yaitu R1 dan R6.

Bagian lampu disinyair akan menganut model dual headlight seperti R15, tetapi dengan penampang yang lebih sipit.

Fitur premium milik Yamaha, yakni assist dan slipper clutch sudah barang tentu akan disematkan pada R25. Kemudian unit swing arm juga akan menggunakan model baru. Disusul dengan suspensi depan KYB upside down 41 mm, Yamaha R25 pastinya akan lebih tangguh dan stabil pada kecepatan tinggi, bahkan pada saat bermanuver.

Pada sektor engine, desain dan dimensi klep ex pun akan menggunakan model baru yang lebih besar. Forged piston dan diasil silinder, sudah pasti.

Lanjut ke bagian lampu, tentunya akan menggunakan lampu jenis LED. Kemudian perkara panel meter (speedometer), kemungkinan yang sudah mendekati pasti akan menganut model digital. Iya lah... sudah nggak jamannya lagi panel meter model analog pada motor mid-high end. Wkwkwkwk...!!

Pada bagian kaki, indikasi kuatnya akan menggunakan ban belakang dengan ukuran yang lebih lebar. Kemudian soal tinggi jok, angkanya ada pada 83,5 cm.

So... kita tunggu saja, apakah prediksi-prediksi yang dimuat motorisweb ini akan terbukti...????
Sumber: iwanbanaran.com, tmcblog.com, otomaniac.com

Comments