Yamaha Nmax Modif Police, boleh di tiru asalkan tidak menggunakan logo dan sirine

Baca Juga

Motorisweb.com - Terus terang, saya adalah orang yang kurang respect jika melihat seorang polisi. Tidak benci sih, tapi cuma kurang segan saja. Kayaknya gimana... gitu. Justru saya lebih respect ketika melihat motor si Pak polisi yang umumnya guedee dengan tampang yang gagah. Begitulah saya merasa takjub saat melihat motor Yamaha NMax modif "police" yang terparkir di halaman rumah tetangga saya.

Yamaha nmax modif police

Usut punya usut, pemilik motor Nmax tersebut memanglah seorang anggota kepolisian. Saya tidak terlalu banyak mengorek informasi perihal sang pemilik motor. Saya hanya tahu kalau anaknya si tuan rumah memanggilnya "kakek". Artinya, mungkin si pak polisi tersebut adalah ayah atau paman dari tetangga saya tersebut.

What ever lah... yang jelas motornya tampak gagah.

Seperti kita tahu, pelokalan produksi NMax 155 merupakan salah satu langkah hebat dari Yamaha Indonesia. Nmax langsung mendapatkan sambutan yang meriah karena harganya yang terpaut jauh dari kompetitor (Honda PCX 150) yang masih CBU dari Vietnam (sebelumnya dari Thailand).

Meriahnya sambutan terhadap Yamaha NMax tidak hanya datang dari masyarakat biasa, namun juga dari golongan anggota polisi. Terbukti sering sekali saya melihat pak polisi yang menunggang NMax, baik dengan tampilan modif motor dinas atau pun tampilan standar pabrikan. Baik yang berplat hitam (pribadi) ataupun yang berplat (kendaraan) dinas.

Selain dari apa yang saya lihat langsung, ada juga sebuah motor Nmax milik anggota kepolisian yang menjadi pusat perhatian pada Jambore Nasional pertama Nmax Owner di Bale Pare, Kotabaru Parahyangan, Padalarang, Jawa Barat. Pemiliknya adalah seorang Kanit Dikyasa Polres Cimahi yang bernama Fiekry Adi Permana. Beliau melakukan modifikasi motor pribadinya menjadi motor dinas kepolisian dengan standar internasional. Mantap ya...?
Sumber: detik.com, 13 Maret 2016

Selain itu ada juga modifikasi Yamaha Nmax dengan style "turn back crime" berwarna kuning hitam. Pemiliknya adalah seorang anggota kepolisian yang sangat mendukung kampanye Interpol.
Sumber: motorplus.grid.id, 5 Maret 2016

Tidak hanya itu, masih ada lagi unit Yamaha Nmax milik seorang polisi yang juga di modifikasi. Dan kali ini poin-poin modifikasinya lumayan rinci, yaitu,
* Kaca spion menggunakan model yang  menempel di body motor,
* Perubahan panel pijakan kaki,
* Suspensi (shock breaker) belakang dari merk YSS agar lebih empuk dan nyaman,
* Bagian lampu utama menggunakan HID projector agar lebih terang,
* Lampu sein di berikan skotlite warna kuning,
* Bagian jok di buat menjadi model terpisah antara pengendara dan pembonceng,
* Dipasangi juga pengait (gantungan) barang pada dek
* Ditambah pro guard
* Tambah lagi side box yang memberikan kesan motor touring dengan daya muat lega.
Sumber: pertamax7.com, 27 Desember 2015.

Nah, bagaimana Om Bro...? Berminat juga modif Nmax Police? Boleh saja, tapi tentu ada batasannya.

Bagi seorang yang bukan anggota kepolisian, modifikasi seperti tersebut diatas sah-sah saja, asalkan tidak menggunakan label "police" apa lagi "polisi". Selain itu, Anda juga tidak di perbolehkan memasang sirine polisi yang berkekuatan hingga 200 Watt. Pasalnya, modifikasi semacam itu telah di atur dalam undang-undang dan hanya boleh dilakukan oleh anggota kepolisian saja. Itu pun, bagi seorang polisi, motor yang sudah di modif menjadi motor dinas, maka pemakaiannya pun hanya boleh untuk dinas saja. Tidak boleh untuk kelayaban sembarangan.

Comments

Popular posts from this blog

13 Tugas dan Tanggung Jawab Staff Administrasi Produksi

Honda vs Yamaha Bagus Mana? Inilah 7 Perbedaan, Kekurangan dan Kelebihan Keduanya

Perbedaan Yamaha NMax ABS dan non ABS; spesifikasi, fitur dan harga

Motor Matic Tidak Kuat Nanjak? Lakukan Analisa Mendalam Agar Tak di Bodohi Montir Abal-Abal

17 Kelebihan dan Kekurangan Honda Beat versi Karburator serta Data Spesifikasi Teknisnya

12 Perbedaan Sales Motoris, Kanvas dan TO di Lihat dari Tugas dan Tanggung Jawabnya

Mio M3 vs Beat eSP: Akhirnya Yamaha Sadar Juga, Kapan Giliran Honda?

Kenapa Inden Honda Scoopy Begitu Lama? Nih... 6 Jawabannya beserta Faktor "X"

16 Tugas dan Tanggung Jawab Waiter... Bukan Hanya "Melayani"

Honda Win 100, Spesifikasi, Kelebihan dan Kekurangan Motor Pak Camat Selama 21 Tahun