29 Alamat Mall-Mall Besar di Jakarta, wajib Anda kunjungi jika ingin tahu Jakarta yang sesungguhnya...

Baca Juga

Motorisweb.com - Tinggal di ibukota, tentu tidak asing lagi dengan kata "mall". Ialah pusat perbelanjaan atawa pasar modern, gitu lah istilah gampangnya. Nah, kalau bahasannya sudah "ibukota", maka kata "pusat perbelanjaan" tentunya tidaklah semata-mata sebagai tempat untuk berbelanja, melainkan juga sebagai tempat wisata atawa tempat untuk menghibur diri. Dan berikut ini motorisweb.com telah merangkum beberapa nama dan alamat mall-mall besar di Jakarta yang di ciduk dari berbagai TKP...

1. PONDOK INDAH MALL
Pondok Indah Mall (PIM) terletak dilokasi yang cukup strategis, yaitu kawasan perumahan elite Pondok Indah. Karena lokasinya yang berada di lingkungan elite, maka mallnya pun memiliki interior yang cukup mewah.

Pondok Indah mall memiliki lantai basement yang sangat memadai untuk parkir mobil-mobil tinggi. Asalkan tidak setinggi mobil container pelabuhan. Wkwkwkwk....!! Jadi Anda tidak perlu khawatir mengalami kesulitan parkir di mall yang satu ini.

Pondok Indah Mall terdiri dari 2 setengah bagian, yakni PIM 1, PIM 2, dan gallery street yang menjual beragam makanan. PIM memiliki empat gerai Starbucks yang terletak di berbagai area, juga dua bioskop sebagai tempat Anda menghibur diri dengan menonton film favorit. Dan tentunya film-film favorit Anda masing-masing, bukan film favorit saya, karena belum tentu selera kita sama. Kakkakakk...!!

Alamat mall besar di Jakarta

2. PLAZA SENAYAN
Lokasinya berada di ujung selatan Sentral Bisnis Jakarta (CBD). Dekat dengan Jalan Sudirman dan Jalan Gatot Subroto. Plaza Senayan tergolong mall untuk kalangan atas. Hal itu tersirat dari desain arsitekturnya yang unik dan mewah. Dan sebagai buktinya, pada tahun 2014, Plaza Senayan pernah memperoleh penghargaan “Best Mall in Premium Mall Category”.

Alamat mall besar di jakarta

Di Plaza Senayan, Anda akan dengan mudah menemukan gerai-gerai yang menjual produk-produi branded fashion, seperti Dior, Gucci, Charles & Keith, Celine, Guess, Louis Vuitton dan lainnya. Disana Anda juga akan mendapati counter-counter yang menjual alat-alat elektronik, peralatan olahraga, perhiasan, jam tangan dan juga beragam restoran untuk menyalurkan selera kuliner Anda.

3. GRAND INDONESIA - Jl.MH.Thamrin No.1, Jakarta Pusat
Grand Indonesia merupakan salah satu mall terbesar di Indonesia yang sekaligus juga menjadi salah satu mall terbesar di Asia. GI terdiri dari dua bagian, yakni mall timur dan mall barat.

Jika Anda perhatikan dari luar, GI ini tampak tidak begitu besar. Namun jika Anda sambangi bagian dalamnya, Anda akan menemukan bahwa Grand Indonesia adalah mall yang sangat luas.

Grand Indonesia merupakan salah satu mall favorit kaum ekspatriat dan elit Jakarta. Disana, jika diperhatikan, maka Anda akan mendapati orang-orang yang berbelanja dengan mengendarai Ferrari ataupun Lamborghini. Tapi mobilnya sih ditinggal diparkiran, tidak dibawa masuk kedalam mall. Jiahaahahahah...!! Gimana kali ya kalau ada orang belanja membawa mobil kedalam mall? Wkakakakk...!!

Grand Indonesia terletak di jantung kota Jakarta Pusat, yaitu diseberang Bunderan HI dan di samping Plaza Indonesia. Disana, ada banyak sekali gerai yang menjual produk-produk dengan brand-brand ternama dari Inggris hingga brand-brand tradisional dari Indonesia.

Saya pernah tinggal di Kebon Melati selama hampir 1,5 tahun. Tempat kost saya dekat dari Grand Indonesia, tapi hanya beberapa kali saya masuk mall ini. Ngeri, Om Bro / Tante Sis... Isinya orang-orang tajir mulu...

4. PASIFIC PLACE
Terletak di Sudirman Central Business District SCBD. Lokasinya dekat dengan pusat-pusat bisnis. Pasific Place terdiri dari tiga bagian, yakni Pacific Place Mall, pusat kantor One Pacific Place, dan menara The Ritz-Carlton Pacific Place Hotel.

Di dalam mall, hampir seluruh gerai berada di atrium utama, sehingga Anda akan dengan mudah menjangkaunya.

Pasific Place memiliki taman didalam ruangan khusus bagi anak-anak (Kidzania). Disana juga ada Galeries LaFayette yang merupakan satu-satunya di Asia. Mantap lah, Indonesia!

5. GANDARIA CITY
Gandaria City adalah mall yang masih relatif baru. Ini adalah salah satu mall yang sangat cocok bagi pecinta film karena didalamnya terdapat bioskop dengan fitur IMAX 3D. Uwooww...!!

Gandaria City terdiri dari tiga lantai parkir basement, lima Lantai pusat perbelanjaan, dan satu lantai untuk Skenoo Hall. Didalam mall ini terdapat gerai Electronic Solution, Gramedia, Metro Department Store, Lotte Mart, Cinema XXI, Amazing World, Watch Studio, Informa, ACE Hardware, Lollipop, Eat and Eat Food Market, Celebrity Fitness dan lain-lain dan sebagainya dan seterusnya.

6. KOTA KASABLANKA - JL.Casablanca Raya, Kav.88 Jakarta Selatan, 12870
Seperti Gandaria City, Kota Kasablanka juga merupakan mall yang masih relatif baru. Desain / styling Kota Kasablanka hampir sama dengan Gandaria City, karena ternyata dua mall ini dibuat oleh pengelola yang sama.

Bangunan mall terdiri dari tiga lantai basement untuk parkir, dan 5 lantai sebagai pusat perbelanjaan. Ada bermacam gerai didalamnya, semisal Sogo, Toys Kingdom, ACE Hardware, informa, dan lain-lain. Selain pusat perbelanjaan, di dalam mall ini juga terdapat Celebrity Fitness dan Kasablanka XXI.

7. MALL KUNINGAN CITY - Jl.Prof.Dr.Satrio Kav.18, Setiabudi, Kuningan, Jakarta Selatan
Kuningan City dipenuhi dengan arsitektur yang stylish dan mewah. Tapi itu belum seberapa. Yang paling hebat di Kuningan City ini justru karena adanya trotoar super luas khusus bagi para pejalan kaki. Kakakak...!! Ya iya lah... namanya trotoar ya khusus bagi pejalan kaki.

Dan yang paling menarik lagi adalah, trotoar luas di sepanjang lingkungan mall tersebut ternyata dijaga agar tidak bisa digunakan oleh para pemotor. Tahu sendiri kan kalau pemotor sudah kena macet? Trotoar juga dihajarnya saja!!

Tapi tidak semua pemotor seperti itu lho ya...?! Saya juga seorang pemotor, tapi pemotor yang baik hati, tidak sombong dan rajin menabung. Hanya sebagian oknum pemotor saja yang bregajulan seperti itu. Wkwkwkwwk....!!

Kembali ke Kuningan City...
Didalam mall ini terdapat gerai-gerai shopping yang masih terbatas. Mungkin karena usianya yang relatif masih muda dan belum banyak penyewa yang membuka gerai disana.

8. KEMANG VILLAGE / LIPPO MALL KEMANG
Termasuk Kemang Village juga adalah mall yang masih tergolong baru. Tapi, meskipun masih baru, Lippo Mall Kemang adalah salah satu tempat gaul yang menarik di Jakarta. Disekitar mall terdapat banyak cafe, bar, dan juga night club yang kerap menjadi tempat bagi kaum muda dalam mencari hiburan malam.

Memasuki kawasan Kemang Village, kesan pertama yang sangat terasa adalah suasana yang seperti di Singapura. Hal itu didukung dengan adanya stand-stand bergaya British, semisal gerai Swarovski, Mothercare, Debenhams, Victoria Secret, Marks & Spencer, T.M. Lewin, New Look, lain sebagainya.

9. FX SUDIRMAN / FX MALL
FX Sudirman yang kerap disebut FX Mall terdiri dari delapan lantai. Didalamnya terdapat gerai fashion, kecantikan, entertainment, dan juga fasilitas bisnis. Disana juga terdapat apartemen, pusat kebugaran, kolam renang, dan juga lapangan tennis.

Ditilik dari ukurannya, FX Sudirman tidaklah sebesar mall-mall lain. Tapi suasan didalamnya terasa nyaman untuk Anda nongkrong setelah pulang kerja atau pulang sekolah. Tapi jangan bolos sekolah ya...!!

10. RATU PLAZA
Ratu Plaza adalah surganya bagi Anda penggila teknologi atau gadget mewah. Jadi bagi Anda yang suka gonta-ganti gadget, maka Anda wajib datang ke Ratu Plaza. Tapi jangan gonta-ganti pasangan! Oke?! Kakakakakakkk...!!

11. PURI INDAH MALL
Adalah pusat perbelanjaan yang ramah keluarga. Terdiri dari empat lantai, yakni basement, ground floor, lantai 1 dan lantai 2. Ukuran fisiknya tidak sebesar mall-mall lain di Jakarta, tapi cukup lengkap dengan menyediakan kebutuhan fashion, buku, peralatan rumah tangga, bahkan sampai tempat-tempat kuliner.

Salah satu lokasi kuliner favorit disana adalah resto unik Hans & Belle. Disebut unik karena restoran tersebut menggunakan konsep sirkus yang mewah dan meriah.

12. MALL KELAPA GADING - Jl.Kelapa Gading Boulevard, Jakarta Utara 14240,
Mall Kelapa Gading berdiri diatas lahan seluas sekira 150.000 meter persegi. Yang karena ukurannya tersebut, Mall Kelapa Gading telah menjadi salah satu mall terbesar di Jakarta.

Lokasi mall Kelapa Gading juga berdekatan dengan pusat hiburan lainnya, seperti La Piaza Lifestyle Center dan Gading Food City.

Mall ini memiliki beberapa zona “khusus”, yaitu The New Catwalk yang merupakan deretan butik batik khas nusantara, Fashion Hub aka zona untuk remaja dan anak muda, juga Kids Safari yang menjadi zona remaja dan anak-anak.

Mall Kelapa Gading memiliki food court dengan ukuran dan kapasitas terbesar di Indonesia. Namanya Food Temptation yang memiliki luas 6.000 meter persegi dengan 2.300 kursi untuk menampung pengunjung food court tersebut.

Saya belum pernah dengan sengaja datang ke Mall Kelapa Gading, tapi pernah beberapa kali mendapat tugas catering di salah satu toko didalam mall ini. Memang luas sekali areanya...

13. SENAYAN CITY - Jl.Asia-Afrika No.19, Gelora
Sesuai dengan namanya, lokasi mall ini ada di Senayan, atau tepatnya diseberang Plaza Senayan. Senayan City merupakan sarana one stop shopping yang menyediakan ratusan tenant. Terletak ditanah otoritas Gelora Bung Karno dan mulai dibuka pada tanggal 23 Juni 2006.

Senayan City masih satu kompleks dengan gedung perkantoran, apartemen dan hotel. Dan di dalam mall ini terdapat banyak tenant fashion, buku dan lain-lain sampai wisata kuliner.

Pada tenant fashion, Anda akan banyak mendapati pakaian bermerek dari dalam dan luar negeri.

14. CENTRAL PARK
Letaknya di wilayah Tanjung Duren, Jakarta Barat. Central Park merupakan salah satu mall terbesar di Jakarta. Dia berada satu kompleks dengan gedung perkantoran, hotel dan apartemen di antara Mall Taman Anggrek dan Mall Ciputra (Citraland Mall)

Hal yang menarik dari Central Park adalah adanya taman Tribeca yang menjadi tempat nongkrong favorit anak muda. Sementara itu di dalam Central Park terdapat beragam tenant makanan dan minuman untuk Anda yang hobi kuliner.

Pernah pada tahun 2008 saya melamar kerja di salah satu kantor di komplek ini. Tapi nasib belum berpihak, lamaran saya tidak kunjung diterima. Saat itu Central Park belum semegah sekarang. Kalau tidak salah, masih dalam tahap pembangunan.

15. MALL TAMAN ANGGREK - JL.Letjen.S.Parman Kav.21, Jakarta.
Mall Taman Anggrek atau biasa disebut TA merupakan salah satu mall yang termasuk cukup tua usianya. Dibangun pada tahun 1996 dan merupakan mall terbesar di Asia Tenggara pada masa itu.

Alamat mall besar di jakarta

Taman Anggrek memiliki keistimewaan sendiri dengan adanya facade LED screen yang merupakan yang terbesar di dunia. Keistimewaan lain dari Mall Taman Anggrek adalah adanya tempat bermain ice skating yang terletak di lantai 3.

Dan hal lain yang menjadi favorit saya di Mall ini adalah Bioskop XXI, dimana susunan tempat duduk penontonnya tertata begitu curam sehingga penonton dibagian belakang tidak akan pernah terhalang oleh kepala orang lain yang duduk didepannya.

16. PLAZA INDONESIA
Jl.MH.Thamrin No.28-30, Jakarta Pusat 10350

17. PLAZA PONDOK GEDE
Jl.Raya Pondok Gede, Jakarta Timur 17150

18. PASAR FESTIVAL
Jl.Hr.Rasuna Said Kav-22, Setiabudi, Jakarta Selatan 12940

19. MALL AMBASADOR
Jl.Professor Doktor Satrio, Jakarta Selatan 12940

20. THAMRIN CITY
Jl.Thamrin Boulevard, Waduk Melati, Jakarta Pusat 10230

21. BELLAGIO MALL
Jl.Mega Kuningan Barat, Setiabudi, Jakarta Selatan 12950

22. PLAZA ATRIUM
Jl.Senen Raya No.135, Senen, Jakarta Pusat 10410

23. CITY WALK SUDIRMAN
Jl.KH.Mas Mansyur, Jakarta

24. SARINAH BUILDING
Jl.M.H. Thamrin No.11, Jakarta Pusat 10350
Sarinah adalah salah satu mall di Jakarta yang sangat menonjolkan produk-produk Indonesia. Ada gerai batik satu lantai penuh, serta gerai kerajinan khas Indonesia yang juga satu lantai penuh.

Sarinah Building hanya terdiri dari beberapa belas lantai, itu pun lantai-lantai bagian atas merupakan perkantoran (kalau tidak salah hanya 6 lantai + 1 bestment yang dijadikan mall). Meski begitu, pada masa pembangunannya, Sarinah merupakan mall terbesar di jamannya. Iya, Sarinah Building adalah salah satu mall tertua di Jakarta, bahkan di Indonesia. Saat saya kerja disana selama periode 2007-2011, saya pernah mendengar cerita bahwa Sarinah Building mulai dibangun pada tahun 1962. Bahkan peletakan batu pertamanya dilakukan oleh Bung Karno, Presiden pertama RI yang sekaligus juga Proklamator kemerdekaan RI.

25. MALL BLOK M
Jl.Iskandarsyah II/2, Jakarta Selatan

26. PLAZA SEMANGGI
Jl.Jenderal Sudirman Kav.50 Jakarta Selatan

27. CIBUBUR JUNCTION
Jl.Pusdika, Cibubur, Ciracas, Jakarta Timur

28. KRAMAT JATI INDAH PLAZA
Jl.Raya Bogor Km.19, Jakarta Timur

29. MALL CIPUTRA (CITRALAND)
Letaknya ada diseberang terminal Grogol, Jakarta Barat. Mall Citraland adalah salah satu tempat favorit saya untuk nonton di bioskop karena letaknya yang dekat dengan tempat kost saya selama tahun 2009 hingga 2011.

Mall Citraland memiliki dua akses (jalan) masuk, yaitu melalui Jl.S.Parman dan melalui Jl.Daan Mogot. Hanya saja bedanya, jika Anda masuk melalui Jl.Daan Mogot, maka Anda akan langsung menuju ke area parkir kendaraan. Atau artinya juga, akses melalui Daan Mogot adalah pintu belakang yang lebih diutamakan sebagai jalur keluar kendaraan dari area parkir.
Sumber: anekatempatwisata.com, wikipedia.org, masibas.my.id, pengalaman pribadi

Comments