Evolusi Yamaha Injeksi 150cc Hingga Menjadi All New Vixion R 155 VVA

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro pecinta motor sport 150cc pasti tahu Yamaha Vixion lama hingga All New Vixion R 155 VVA yang sekarang ini tengah ramai diperbincangkan di dunia persilatan motor tanah air. Pasalnya, persaingan penjualan di segmen sport 150cc saat ini tengah mengalami peningkatan. Diduga peningkatan tersebut dipicu oleh selera masyarakat yang kini mengalami peralihan dari tipe bebek ke segmen matic dan sport.

Yamaha Vixion telah mengalami perjalanan yang cukup panjang di Indonesia. Dia telah mengalami berbagai perubahan selama 10 tahun usianya dimuka bumi ini. Perubahan yang tentunya untuk meningkatkan daya saingnya terhadap kompetitor, Honda CB150R dan Suzuki GSX-S150.

YAMAHA VIXION GENERASI-1 (2007 - 2009)
Pada awal masa rilisnya, PT.Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) membekali Vixion dengan lampu model bulat. Model lampu yang pernah beberapa tahun lamanya menjadi trend motor-motor sport tanah air.

Vixion adalah motor sport injeksi pertama ciptaan Yamaha Motor Company untuk pasar Indonesia. Dia diciptakan untuk mencoba eksis ditengah persaingan dengan kompetitor yang saat itu masih bertahan dengan sistem karburasi.

Evolusi yamaha vixion lama 150cc menuju all new yamaha vixion 155 vva

Menurut beberapa pandangan, saat itu penciptaan Yamaha Vixion adalah untuk melawan Honda Megapro yang bermesin 160cc dan bersistem bahan bakar karburator. Vixion sempat terseok-seok sebentar langkahnya, karena penerimaan masyarakat yang belum terbuka pada mesin jenis injeksi kala itu. Jadi, sistem injeksi dari Yamaha Vixon tersebut masih dianggap tabu oleh sebagian orang penggemar mesin karburator.

Jika dilihat dari basis mesinnya, Yamaha V-Ixion adalah pengembangan dari mesin Yamaha Jupiter MX dan merupakan turunan dari Yamaha Scorpio Z. Dia menganut 4 klep dengan camshaft / noken tunggal dan berkubikasi 149,8 cc.

Sementara itu, tujuan penggunaan sistem injeksi bahan bakar pada Vixion adalah demi meningkatkan tenaga hingga tingkat maksimal, namun dengan konsumsi bahan bakar tetap irit. Pada klimaksnya, penggunaan sistem injeksi pada mesin adalah demi menekan tingkat emisi (gas buang) menjadi seminimal mungkin.

Sistem injeksi dipercaya memiliki banyak kelebihan dibanding karburator. Alasannya, karena dengan injektor, maka pencampuran bahan bakar dan udara menjadi lebih akurat. Efek positifnya, Anda akan mudah menyalakan mesin dipagi hari. Selain itu, sistem injeksi juga lebih tahan terhadap suhu ekstrim sehingga meningkatkan interval perawatan kendaraan secara berkala.

Yamaha Vixion lama menggunakan rangka / chasis model delatbox berwarna silver. Suatu inovasi rangka yang pertama diterapkan oleh Yamaha Indonesia pada motor sport 150cc yang diproduksi secara masal. Pola rangka deltabox ini mampu membuat motor menjadi lebih stabil pada semua kecepatan dan segala kondisi jalan.

Pada sektor kelistrikan, Vixion lama menggunakan arus DC (Direct Current). Ketika kunci kontak diputar ke ON, maka lampu utama akan segera menyala dengan terang karena arus listirk bersumber langsung dari aki (baterai).

YAMAHA VIXION GENERASI-2 (2010-2012)
Pada fase ini, Yamaha memberikan sedikit penyegaran pada Vixion dengan menggunakan lampu model meruncing. Dengan model headlamp ini, Vixion jadi terkesan lebih agresif dan sporty.

Pada masa ini, rangka deltabox Vixion menggunakan pilihan warna grey alias abu-abu.

Yamaha belum memberikan perubahan yang signifikan pada saat itu. Sektor bodi,  mesin dan kelistrikan masih tetap sama dengan generasi pertamanya.

YAMAHA VIXION GENERASI-3 (2012-2014)
Dimulai sejak tahun 2012, Yamaha Indonesia memproduksi Vixion yang bukan hanya sekedar facelift, tapi benar-benar All New Vixion. Nama yang disandangkan oleh Yamaha pun berubah menjadi New Vixion Lightning (NVL).

Pada masa ini, Yamaha Vixion 150 berubah pada sektor body, kaki-kaki serta fitur dan spesifikasinya. Tampilan Yamaha New Vixion benar-benar berubah. Penampangnya menjadi lebih gambot dibanding Vixion lama. Pasalnya, NVL menggunakan tangki muskular (berotot) serta shourd yang lebih lebar. Selain itu, NVL juga menggunakan headlamp yang lebih lebar jika dibandingkan dengan Vixion lama.

Pada bagian kaki-kaki, Yamaha New Vixion Lightning pun berubah menjadi lebih kekar. Hal tersebut karena NVL menggunakan velg dan ban yang lebih lebar dibanding Vixion lama. Kemudian, Yamaha juga mengaplikasikan rem jenis cakram pada kedua roda NVL. Tidak seperti Vixion lama yang hanya menggunakan rem cakram pada roda depannya saja.

Bagian fitur juga mengalami perubahan. Diantaranya adalah panel meter (speedometer) yang menggunakan kombinasi antara sistem analog dan digital.

Kemudian, masih pada generasi ketiga, Yamaha melakukan sedikit facelift dengan refresh produk yang dinamakan New Vixion Advance.

YAMAHA VIXION GENERASI-4 (2017)
Demi meningkatkan daya saing dalam pertempuran melawan New Honda CB150R dan Suzuki GSX-S150, ditahun ini Yamaha telah melakukan upgrade besar-besaran pada Vixion dengan nama All New Yamaha Vixion R.

Sebenarnya secara tampang, Vixion R masih mirip dengan generasi ke-3. Namun Yamaha mengupgrade New Vixion R justru pada sektor mesinnya. Yamaha Vixion R memiliki torsi yang merata pada semua putaran dan lebih irit bahan bakar berkat teknologi VVA (Variable Valve Actuation) yang di anutnya.

All New Vixion R juga mengalami kenaikan kapasitas mesin menjadi 155cc serta menggunakan transmisi 6 percepatan dan 4 katup. Sama dengan mesin yang digunakan pada All New R15.

Kesamaan Vixion R dengan New R15 juga termasuk pada fitur assist yang membuat kerja kopling menjadi lebih ringan, serta fitur slipper clutch yang membuat perpindahan gigi terasa lebih halus dan akselerasi menjadi lebih cepat.
Sumber: sindonews.com, wikipedia.com

Comments