Skip to main content

Foto: Honda CB100 Palsu Merajalela di Indonesia

Baca Juga

Motorisweb.com - Kata "palsu" pada judul diatas bukanlah dalam artian pemalsuan yang melanggar hukum. Tapi sebatas pada ketidak sesuaian antara tampang dan kenyataan yang ada. Jadi... motor yang dari luar bermake up Honda CB100, ternyata dia sudah merupakan hasil racikan dari keahlian seseorang dalam seni modifikasi. Misalnya, knalpotnya yang khas Honda CB klasik, posisi footstep belakang yang menempel pada swing arm... kedua bagian tersebut merupakan ciri khas motor-motor jadul semisal CB retro klasik.

Sekilas sepertinya itu adalah benar-benar Honda CB100, tapi ternyata blok mesinnya... sama sekali bukan blok mesin Honda CB klasik.

Setidaknya sudah 3 kali saya mendapati Honda CB100 yang ternyata hanya bodynya saja. Pertama saya mendapati sesosok Honda CB klasik dengan tangki berwarna cream yang ternyata bermesin Honda Megapro 160cc. Kedua punya tetangga dari mertua saya... satu unit body Honda CB100 yang ternyata bermesin Honda GL Pro. Dan terakhir, body dengan tangki berwarna merah yang ternyata juga bermesin Honda GL series.

Modifikasi honda cb 100 mesin gl series

Om Bro sendiri juga mungkin sering melihatnya dijalanan.

Modifikasi-modifikasi seperti diatas adalah salah satu indikasi kecintaan para biker tanah air yang menyukai model klasik dari Honda CB namun tidak ingin dipusingkan dengan perawatan mesin original. Maksudnya, kalau menggunakan mesin original Honda CB100 kan kemungkinan perawatannya akan menjadi lebih sulit. Hal itu dapat dipahami karena usia Honda CB retro klasik yang sudah cukup tua sehingga ketersediaan spare partnya dipasaran sudah tidak selengkap Honda GL series lagi.

Cara modifikasi seperti ini (menurut motorisweb) sah-sah saja selama Anda bersedia untuk merubah data registrasi motor tersebut ke Samsat. Artinya, dengan "mengawinkan" antara body Honda CB dengan mesin Honda GL, maka secara otomatis data pada STNK dan BPKB pun berubah tuh... maka lakukanlah registrasi ulang motor tersebut sesuai dengan spesifikasi realnya agar hobi Anda pada tampilan klasik Honda CB tidak menjadi sebuah pelanggaran hukum.

Comments