Mercedes Benz, Price List dan Sejarah Teknologinya

Baca Juga

Motorisweb.com - Mercedes Benz merupakan salah satu perusahaan otomotif asal Jerman yang telah memproduksi beragam kendaraan bermotor seperti mobil, truk, dan bus. Nama besarnya saat ini telah menjadi salah satu perusahaan mobil paling populer diseluruh dunia dan merupakan perusahaan mobil tertua di dunia yang tetap bertahan hingga saat ini. Mobil-mobilnya telah terkenal mengusung teknologi tinggi dan memiliki tingkat keamanan dan kenyamanan yang tinggi pula.

Sebelum berubah nama menjadi Mercedes Benz, perusahaan otomotif ini menyandang nama Benz & Cie dan didirikan di Mannheim pada tahun 1886.

Mercedes Benz didirikan oleh Karl Benz dan Gottlieb Daimler, dan saat ini memiliki kantor pusat di Stuttgart, Jerman. Tokoh penting lainnya selain dua pendiri diatas adalah Dieter Zetsche yang berperan sebagai CEO di perusahaan otomotif tersebut.

Saat ini informasi perihal Mercedes Benz dapat di akses di situs web resminya; www.mercedes-benz.com

Mercedes-Benz adalah salah satu divisi / unit produksi dari Daimler AG.

Mercedes Benz, Price List dan Sejarah Teknologinya

SEJARAH MERCEDES BENZ
Awal mula kelahiran Mercedes-Benz adalah dari suatu penemuan oleh Karl Benz akan mobil dengan mesin yang berbahan bakar bensin pertama di dunia. Penemuannya tersebut dipatenkan pada bulan Januari 1886 dengan nama Benz Patent Motorwagen.

Selain Karl Benz, asal muasal mobil ini pun terlahir atas jasa Gottlieb Daimler dan seorang teknisi bernama Wilhelm Maybach.

Rangkaian mobil-mobil Mercedes kali pertama dijual pada tahun 1901 oleh Daimler Motoren Gesellschaft. Sedangkan mobil mereka yang pertama menggunakan merk Mercedes Benz baru diproduksi setelah 25 tahun kemudian, yakni pada tahun 1926.

Mobil pertama Mercedes Benz sebelum tahun 1926 dapat terlahir atas adanya merger antara perusahaan Benz dengan Daimler yang saat itu menjadikan perusahaan tersebut sebagai pemilik merk Daimler Benz.

Secara rinci, awal mula Merzedes Benz dimulai pada awal dekade 1880-an. Saat itu Gottlieb Daimler dan Carl Benz telah berhasil menciptakan mobil ditempat terpisah di wilayah selatan Jerman.

Sebenarnya penemu aslinya adalah Daimler dan Wilhelm Maybach. Mereka berdua inilah yang secara bersama-sama telah menemukan mesin berteknologi 4-tak (4 langkah). Namun tentunya mesin temuan mereka saat itu belumlah secanggih mesin-mesin mobil di era modern sekarang ini.

Daimler dan Maybach bekerja sama di Cannstatt, yaitu salah satu kota di distrik Stuttgart). Sementara nama Benz muncul karena dia adalah pemilik tokonya (istilah sekarang; dealer / showroom) di Mannheim atau tepatnya berada didekat Heidelberg.

Pada awal dekade 1900-an, mobil-mobil hasil temuan Daimler diproduksi di Unterturkheim yang juga masih berada di distrik Stuttgart. Kemudian mobil-mobil tersebut dapat terjual dengan cukup sukses melalui jasa agen Austria yang bernama Emil Jellinek.

Emil Jellinek memasok / menjual mobil-mobil tersebut dengan menggunakan nama putrinya, yakni Mercedes. Dan hingga saat ini, Mercedes Benz tengah mulai merambah market online sebagai salah satu strategi penjualannya.

Pada kisaran tahun 2003 hingga 2009, Mercedes Benz melahirkan mobil tipe sport dengan jumlah terbatas bersama McLaren Automotive. Proyek tersebut adalah bentuk kolaborasi tambahan setelah mereka berhasil menjalin kerja sama pada event Formula1 yang pada saat itu sebagian saham timnya dimiliki oleh Mercedes.

Mercedes Benz SLR McLaren mengusung bodi jenis carbon fibre dan menggunakan mesin V8 5400cc yang dilengkapi dengan supercharger. Mesin tersebut menggunakan blok silinder yang sama dengan SL55 AMG serta CLS55 AMG dengan modifikasi sehingga mampu memuntahkan power maksimal hingga 460 kW (625 PS / 617 bhp) dan memiliki torsi 780 N.m (575 ft.lbf).

SLR McLaren mampu menembus kecepatan hingga 337 km/jam.

PENAMAAN MOBIL-MOBIL MERCEDES BENZ
Hingga tahun 1994, Mercedes Benz masih memakai sistem penamaan alfanumerik demi mengkategorikan jenis mobil-mobil mereka. Rangkaian namanya terdiri dari angka-angka untuk menunjukkan kapasitas mesin mobil (dikali 100) dengan disertai huruf-huruf sebagai kode atas tipe bodi dan tipe mesin mobil-mobil tersebut.

* Huruf "C" adalah kode untuk model body coupe / cabriolet,
* Huruf "D" mengandung arti bahwa mobil tersebut memakai mesin jenis diesel,
* Huruf "E" merupakan inisial dari "Einspritzen", yang berarti bahwa mobil tersebut menggunakan mesin bensin dengan injeksi pada sistem bahan bakarnya.

Pada beberapa kasus, mobil-mobil Mercedes Benz yang tanpa huruf "D" atau pun huruf "E", maka hal itu adalah indikasi bahwa mobil tersebut menggunakan mesin bensin dengan masih mengusung sistem karburasi.

* Huruf "G" adalah ciri bawa mobil tersebut merupakan kendaraan berjenis off-road (Gelandewagen).
* Huruf "K" dipakai pada tahun 1930-an yang menjadi kode untuk mesin mobil Mercedes Benz yang telah mengusung teknologi supercharger.
* Huruf "L" menjadi lambang dari "Leicht" aka lightweight. Digunakan untuk tipe sedan sport.

Selain itu bisa juga berarti "Lang" yang bermakna long wheelbase / sumbu roda panjang

* Huruf "R" adalah inisial dari "Rennen" yang berarti racing / balap.
* Huruf "S" bermakna "Sport" yang tentunya diterapkan pada jenis mobil berperforma tinggi. Selain itu bisa juga bermakna "Special" bagi jenis unggulan,
* Huruf "T" adalah singkatan dari "Touring" dan merupakan tanda untuk model estate / station wagon,

Pada beberapa model, nomor-nomor dalam penamaan mobil-mobio tersebut bisa juga tidak sesuai dengan kapasitas silinder mesinnya. Pada kasus seperti ini, nomor-nomor tersebut digunakan untuk menentukan level kendaraan tersebut dijajaran produk-produk Mercedes Benz.

Selepas tahun 1994, Mercedes Benz merubah cara penamaan mobil-mobil mereka. Saat ini model-model mobil tersebut digolongkan dalam kelas-kelas dengan penamaan hingga 3 huruf yang selanjutnya diikuti oleh 3 atau 2 digit angka.

Pada varian yang memiliki model sama, (semisal estate atau pun mesin diesel) tidak lagi menggunakan huruf yang berbeda. Dan pada beberapa kasus, penamaan ini tidaklah selalu pasti.

Pada masa sekarang, nomor pada nama mobil-nobil Mercedes-Benz tidak selalu memiliki hubungan dengan kapasitas silinder mesin mobil tersebut. Kadang bisa juga dikaitan dengan power mesin si mobil.

Sebagai contoh, nama E250 CGI yang memiliki muntahan power mesin hingga lebih dari E200 CGI dengan adanya perbedaan tuning mesin. Padahal kedua mobil tersebut sama-sama menggunakan mesin berkapasitas 1800cc.

Pada beberapa tipe, penamaan juga dilengkapi dengan ciri beberapa fitur khusus, misalnya "4Matic" yang mengandung arti bahwa mobil tersebut memakai penggerak dengan sistem 4 roda. Atau "Bluetec" yang menjadi ciri bahwa mobil tersebut menggunakan mesin jenis diesel dengan knalpot berfitur selective catalytic reduction.

Contoh lain adalah "BlueEfficiency" yang memberikan indikasi bahwa mobil tersebut memiliki fitur efisiensi bahan bakar, semisal sistem injeksi, start-stop system, modifikasi aerodinamika, dan lain sebagainya. "CGI" yakni Charged Gasoline Injection adalah kode untuk mesin Injeksi bensin langsung. Kemudian ada lagi "CDI", yaitu Common-rail Direct Injection adalah tanda untuk mesin diesel yang mengusung teknologi common-rail.

Kode lainnya adalah "Hybrid", yaitu untuk mobil jenis hybrid. Lalu "NGT" yang menandakan bahwa mobil tersebut berbahan bakar gas.

Lanjut ke "Turbo" aka mesin dengan turbocharger, namun peruntukannya hanya pada kelas A, B,Е dan GLK.

Saat ini mobil-mobil Mercedes Benz tidak hanya diproduksi di negara asalnya saja. Namun sudah terbagi pada beberapa negara, yaitu Argentina,
Austria, Bosnia, Herzegovina, Brasil, Kanada, Mesir, Hungaria, India, Indonesia, Iran (sampai 2010), Malaysia, Nigeria, Filipina, Rusia, Spanyol, Afrika Selatan, Korea Selatan, Thailand, Turki, Britania Raya, Amerika Serikat, Alabama dan Vietnam.

PRESTASI DI AJANG BALAPAN
Mercedes Benz pernah mengikuti kejuaraan dunia di tahun 1954 dan 1955, tapi gagal untuk meraih gelar juara. Maka dia memutuskan untuk keluar setelah hanya ikut dalam dua musim saja.

Mercedes Benz kembali ke ajang Formula1 pada tahun 1990 dan berperan sebagai pemasok mesin pada tahun 1990 karena dia menguasai sebagian saham milik Team McLaren.

Kerjasama yang terjalin kali ini terbilang sukses karena berhasil memenangkan Mika Hakkinen pada tahun 1998 dan 1999. Selain itu juga meraih kemenangan melalui pembalap Lewis Hamilton tahun 2008. Kerjasama dengan McLaren tersebut terus berlanjut hingga Mercedes Benz berhasil melahirkan mobil tipe sport SLR McLaren.

Pada tahun 2007, McLaren dan Mercedes Benz terkena denda US$100,000,000 (100 juta dolar AS karena mereka terbukti mencuri data rahasia teknik kepunyaan Ferrari.

Pada tahun 2009, Brawn GP yang merupakan team Formula1 milik Ross Brawn dan memakai mesin Mercedes Benz, berhasil menjuarai konstruktor di tahun itu sekaligus menjadikan Jenson Button yang menjadi pembalapnya sebagai juara.

Diakhir musim, Mercedes Benz menjual kepemilikannya atas saham McLaren sejumlah 40% pada McLaren Group dan beralih membeli 70% saham milik team Brawn GP. Maka pada musim berikutnya di tahun 2010 nama team pun berganti menjadi MercedesGP.

INOVASI-INOVASI MERCEDES BENZ
Telah banyak beragam teknologi permobilan yang dilahirkan oleh pabrikan Mercedes-Benz dalam sejarah berdiri di dunia persilatan otomotif, diantaranya,

* Mesin pembakaran dalam yang ditemukan oleh Benz dan Daimler & Maybach pada tahun 1886,
* Radiator honeycomb yang ditemukan oleh Daimler dan masih tetap digunakan oleh semua kendaraan berpendingin cairan hingga sekarang,
* Karburator, ditemukan oleh Daimler yang mampu bertahan lama hingga akhirnya digantikan oleh teknologi injeksi,
* "Chassis drop", perangat pada mobil "Mercedes", ditemukan oleh Daimler dan merupakan mobil pertama yang menggunakan konfigurasi modern, memiliki "carriage" lebih rendah serta satu set as depan dan belakang, bermesin depan dengan penggerak pada roda belakang,

* "Horseless carriages" yang memiliki titik pusat gravitasi tinggi serta konfigurasi mesin dan drivetrain yang beragam,
* Rem pada empat roda yang di aplikasikan pada mobil penumpang (tahun 1924),
* Crumple zones depan dan belakang, adalah sistem konstruksi pengaman untuk mobil yang dikembangkan pertama kali oleh Mercedes Benz pada tahun 1951.

Penemuan ini telah dianggap menjadi salah satu penemuan yang sangat penting dalam konstruksi otomotif, utamanya pada bagian keamanan.

* Teknologi anti slip yang dipatenkan pada tahun 1959 oleh Mercedes-Benz, yaitu sebuah alat yang dapat menghindari slip dengan mengatur kerja mesin, sistem transmisi dan rem mobil,
* Kontrol traksi pun dipatenkan dan diaplikasikan oleh Mercedes Benz pada tahun 1987. Saat itu, teknologi kontrol traksi dan airbag di pasar otomotif Eropa telah menjadi inovasi dari Mercedes Benz.

Sebenarnya teknologi ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1986.

* Sabuk pengaman, Mercedes Benz-lah pabrikan mobil yang pertama menggunakan sabuk pengaman pretensioner pada seri S-Class sejak tahun 1981. Cara kerjanya... jika terjadi tabrakan, maka sebuah pre-tensioner akan mengencang secara otomatis sehingga mencegah penumpang mobil pada kecelakaan yang serius.
* Transmisi otomatis 7 percepatan, Mercedes Benz pula-lah yang pertama didunia. Dia memperkenalkanya pada bulan September 2003 dan menamainya sebagai 7G-Tronic.

* Teknologi Stabilitas Elektronik (ESP), brake assist dan beragam fitur keamanan lainnya telah berhasil dikembangkan, dites, dan diimplementasikan pada mobil penumpang untuk pertama kalinya oleh Mercedes Benz. Namun begitu, dia tidaklah membuat pemberitaan yang sensasional perkara berbagai penemuan tersebut diatas. Bahkan mrreka justru memberikan lisensi teknologi ini untuk digunakan oleh pabrikan-pabrikan lain di seluruh dunia. Tujuannya tidak lain demi meningkatkan keamanan bagi pengemudi dan penumpang. Dan sebagai hasilnya, saat ini teknologi crumple zones dan anti-lock braking system (ABS) telah menjadi syarat mutlak bagi (hampir) semua mobil-mobil era modern.

* Mesin powerfull berkode M156 adalah mesin mobil dengan 8 silinder yang paling bertenaga di dunia hingga saat ini. Berkapasitas 6208cc dan mampu memuntahkan power hingha 85 PS / 1000cc.

Mesin V8 kepunyaan Mercedes Benz yang dinamakan '63 AMG' ini digantikan oleh M113 aka '55 AMG' untuk beberapa model.

Jika power perseribu cc dari mesin M156 ini dikalikan total kapasitas silindernya, maka dia mampu mengeluarkan power hingga 391 kW aka 532 PS / 524 bhp. Tapi secara uji lapangan, pencapaian power tersebut ada sedikit perbedaan pada tiap-tiap modelnya.

W211 / E320 CDI adalah salah satu produk lansiran Mercedes Benz yang memakai mesin V6 2800 cc diesel dan berteknologi variable geometry turbocharger (VGT) serta common rail yang telah berhasil membukukan 3 kali rekor uji ketahanan tingkat dunia.

Mobil ini berhasil menempuh jarak sejauh 100.000 mil (160.000 km) dengan berlari pada kecepatan rata-rata 224.823 km/jam.

Dua varian mobil lainnya yang masih identik pun berhasil meraih rekor yang sama, yaitu 100.000 km dan 50.000 mil (80.000km).

* Pre-Safe, adalah teknologi yang berfungsi untuk mendeteksi adanya kecelakaan tak terduga, sekaligus juga menyiapkan sistem pengaman mobil agar dapat segera merespon dengan tepat. Teknologi ini pun dapat menghitung beberapa hal, seperti perhitungan tenaga rem yang diperlukan demi menghindari kecelakaan saat situasi kritis dan langsung bekerja ketika pengendara menekan pedal remnya.

Tidak hanya keamanan pengemudi yang diprioritaskan, namun juga keamanan penumpang dengan cara mengencangkan sabuk pengaman, menutup sunroof dan jendela serta mengubah posisi tempat duduk pada posisi optimal.

Sekian banyak teknologi yang ditemukan oleh Mercedes Benz tersebut nyatanya telah berhasil memenangkan penghargaan Safety Award pada event penghargaan "What car?" di tahun 2007.

PRICE LIST MOBIL MERCEDES BENZ 2017
* C-Class
Bekas: Rp25.000.000
Baru: Rp759.000.000

* E-Class
Bekas: Rp15.000.000
Baru: Rp1.449.000.000

* G-Class
Bekas: Rp60.000.000
Baru: Rp4.799.000.000

* GLA-Class
Bekas: Rp111.000.000
Baru: Rp609.000.000

* SLK-Class
Bekas: Rp69.150.000
Baru: Rp1.029.000.000

* S-Class
Bekas: Rp36.000.000
Baru: Rp3.599.000.000

* SL-Class
Bekas: Rp29.000.000
Baru: Rp2.059.000.000

* Sprinter
Bekas: Rp1.800.000.000
Baru: Rp771.000.000

* CLA-Class
Bekas: Rp78.000.000
Baru: Rp679.000.000

* GL-Class
Bekas: Rp185.000.000
Baru: Rp1.699.000.000

* A-Class
Bekas: Rp 25.000.000
Baru: Rp 539.000.000

* SLS AMG
Bekas: Rp1.022.000.000
Baru: Rp4.679.000.000

* GLE-Class
Bekas: Rp333.000.000
Baru: Rp1.139.000.000

* M-Class
Bekas: Rp69.500.000
Baru: Rp999.000.000

* GLC-Class
Bekas: Rp801.000.000
Baru: Rp170.000.000

* CLS-Class
Bekas: Rp48.000.000
Baru: Rp1.549.000.000

* B-Class
Bekas: Rp90.000.000
Baru: Rp565.000.000

* V-Class / ViTO
Bekas: Rp40.000.000
Baru: Rp1.229.000.000

* CL-Class
Bekas: Rp230.500.000
Baru: Rp699.000.000

* CLK-Class
Bekas: Rp 85.000.000
Sumber: wikipedia.org, priceprice.com

Comments