Penyakit Xabre dan GSX Series? Bukan! Cuma "Goyangan" Normal Saja Pada Ban Depan

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro...!! Ada tips menarik dari blognya Lek Iwb. Sumbernya adalah beberapa pertanyaan dari pembaca pada admin iwanbanaran.com perkara "penyakit" yang di idap oleh Yamaha Xabre 150 dan Suzuki GSX-R150 dan versi nakednya, yaitu GSX-S150. Pasalnya, ada "sensasi" getaran yang dirasakan oleh para penunggang motor-motor tersebut ketika mereka menjalankannya pada kecepatan rendah.

Meskipun vibrasi yang terasa pada bagian stang ini akan menghilang dengan sendirinya ketika motor sudah melaju pada kecepatan diatas 20-30 km / jam, namun tentunya hal itu tetap mengundang pertanyaannya bagi sebagian orang. Ya wajar sih... pasalnya, hal seperti itu kan tidak terjadi pada semua motor, jadi (mungkin) mereka khawatir ada sesuatu yang mendesah dari Syahrini...

Hahaha... bukan itu maksud saya...!!

Mungkin mereka merasa khawatir ada sesuatu yang abnormal dengan motornya.

Penyakit Xabre dan GSX Series? Bukan! Cuma "Goyangan" Normal Saja Pada Ban Depan

Dalam kasus seperti ini, Anda mungkin akan merasa curiga pada komponen suspensi, bearing / laher roda. Wajar... karena biasanya memang disitu letak masalahnya. Tapi bagaimana jika semua komponen tersebut ternyata ada dalam kondisi normal? Apa lagi kedua motor tersebut msnggunakan jenis suspensi yang berbeda. Yamaha Xabre menggunakan suspensi jenis Up Side Down (USD) sedangkan Suzuki GSX-150 menggunakan jenis teleskopik.

Jadi... pasti masalahnya bukan disitu, karena (hampir) mustahil dua jenis suspensi yang berbeda akan mengeluarkan penyakit yang sama saat masih dalam kondisi baru.

Lalu... apa masalahnya...?

Setelah melalui penelusuran yang dilakukan secara seksama dan dalam tempo yang sesingkat-singkatnya oleh Lek Iwb, rupanya getaran tersebut berasal dari ban depan motor Yamaha Xabre dan Suzuki GSX-150 series.

Geraran tersebut muncul karena profil ban OEM yang disandang oleh Yamaha Xabre dan Suzuki GSX-150. Ban tersebut adalah merk IRC Exato.

Kemunculan getaran tersebut disinyalir karena pattern atau kembang (profil) ban terbalik dibanding kembang ban lain pada umumnya. Jadi... kesimpulannya... tidak ada penyakit / masalah dengan getaran / vibrasi tersebut. Jadi tidak perlu khawatir! Oke Om Bro...?

Comments