Samsat Online Jakarta, Jawa Barat dan 5 Provinsi Lainnya Mulai Oktober 2017

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro... Ada kabar gembira untuk kita sebagai rider, dan umumnya bagi semua orang pengguna kendaraan bermotor. Pasalnya, pada hari Kamis, 7 September 2017, Korlantas Polri melalui (informasi dari) Irjen.Royke Lumowa telah meresmikan sistem pajak online bagi kendaraan bermotor. Termasuk juga didalamnya layanan pengesahan STNK tahunan dan pembayaran asuransi Jasa Raharja. Untuk tahap awal, sementara ini fasilitas samsat online yang disebut E-Samsat tersebut baru akan diberlakukan untuk 7 provinsi, yaitu DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, Jawa Timur, Yogyakarta dan Bali.

Layanan E-Samsat itu sendiri adalah suatu sistem yang terintegrasi langsung dengan Korlantas Polri Pusat. Dengan layanan ini, maka kita dapat membayar pajak motor / mobil dan / atau pengesahan STNK tahunan dimana saja sepanjang masih mencakup 7 provinsi tersebut.

Misalnya, motor Anda berplat Jakarta, maka Anda dapat membayar pajak tahunan di Yogyakarta, Bandung atau wilayah lainnya (Itu contoh jika Anda tengah berada dirantau orang... misalnya...).

Menurut sumber Korlantas diatas, layanan E-Samsat ini akan terus diperluas hingga menjangkau seluruh provinsi di tanah air Indonesia. Namun semua itu tentunya perlu proses yang tidak sebentar, mengingat sistem online seperti tersebut membutuhkan nota kesepahaman (MOU) dari Korlantas Polri yang berkoordinasi dengan Jasa Raharja atau pun perwakilan pemerintah daerah serta bank tertentu.

E-samsat online

Menurut informasi, layanan E-Samsat untuk 7 provinsi tersebut diatas akan mulai aktif pada bulan Oktober 2017.

Comments