Ukuran Maksimal Ban New Soul GT125 serta keuntungan dan kerugiannya

Baca Juga

Motorisweb.com - Beberapa bulan yang lalu saya pernah share perkara mengganti ban Honda Spacy dengan yang lebih besar. Nah, kali ini kita bahas mengenai ukuran maksimal untuk All New Yamaha Soul GT125.

Bahasan ini adalah petanyaan dari seseorang yang menamakan dirinya Dante, seorang FOM Manajer di Hotel Sakura, Cikarang. Pertanyaan masuk ke redaksi blog iwanbanaran.com beberapa hari yang lalu.

New Yamaha Soul GT125 merupakan generasi terbaru motor matic Yamaha yang merupakan pengembangan dari produk Mio Soul di masa lalu. Mengusung desain gambot dan kekar sejak generasi awalnya karena Soul series ditargetkan untuk kaum pria yang menginginkan motor jenis skuter matic namun tidak ingin tampil feminim.

Pada versi terbarunya, sekarang, New Soul GT125 tampil dengan desain yang lebih agresif dan lebih kekar.


Meskipun penampilan Yamaha New Soul GT125 sudah cukup kekar,  namun kadang ada saja biker yang kurang puas dengan segala tampilan dan part-part standar pabrikan. Wajar sih... namanya juga manusia... kadang ada saja rasa "kurang" atas apa yang telah dimilikinya. Seperti saya sendiri yang tidak puas dengan ukuran ban standar pada unit Honda Spacy FI 2013 milik saya.

Tujuan dari segala modifikasi pada motor (baik modifikasi besar atau pun kecil), memiliki maksud yang berbeda-beda bagi setiap orang. Diantaranya adalah tujuan agar tampak lebih gagah atau pun lebih nyaman pada saat di kendarai.

KEUNTUNGAN UPGRADE UKURAN BAN
Plus minus pasti ada untuk setiap perubahan apa pun yang tidak sesuai dengan nilai dasarnya. Sebagai bahan pertimbangan, ada baiknya jika Anda mengetahui terlebih dahulu perkara keuntungan dan kerugian jika Anda mengganti ban standar dengan ukuran yang lebih besar. Berikut ini beberapa keuntungannya;
* Handling motor jadi lebih stabil pada kecepatan tinggi
* Meminimalisir goncangan saat motor melintasi jalanan rusak
* Tampilan motor jadi tampak lebih gagah dan kekar
* Ground clearance / jarak terendah ke tanah menjadi lebih tinggi sehingga tidak mudah "gasruk" di polisi tidur (terutama untuk motor skutik)

KERUGIAN UPGRADE UKURAN BAN
* Konsumsi BBM menjadi lebih boros karena beban perputaran roda lebih berat
* Kelincahan berkurang pada saat bermanuver
* Secara feeling, akselerasi lebih lambat karena gesekan pada bidang jalan menjadi lebih besar akibat tapak ban yang lebih lebar
* (meski tidak selalu terjadi, namun) dalam jangka panjang dapat menyebabkan bearing (laher) roda menjadi lebih cepat "koplak".

UKURAN MAKSIMAL BAN YAMAHA NEW SOUL GT125
Sebagai informasi, ukuran ban standar Yamaha All New Soul GT125 dari pabrikannya adalah 80/80 pada roda depan dan 100/70 pada roda belakang.

Sebenarnya ukuran tersebut sudah cukup lebar untuk ukuran motor matic. Tapi ya itu tadi... kalau sudah bicara perkara kepuasan, maka ceritanya akan menjadi lain.

Secara teknis, jika kita ingin menaikkan ukuran ban suatu motor, maka ukuran yang ideal adalah hanya satu tingkat diatasnya. Maksudnya adalah supaya handling motor tidak terlalu banyak penurunan secara akselerasi dan kelincahan. Selain hal itu, dengan menaikkan satu tingkat ukuran, maka secara tampilan tidak akan memberikan kesan terlalu mendonat jika Anda ingin tetap menggunakan velg standar pabrikan.

Nah, dengan demikian, jika ukuran standarnya adalah 80/80 (depan) dan 100/70 (belakang), maka Anda dapat menaikkannya menjadi 90/80 (depan) dan (110/70) belakang.

Namun demikian, jika pertanyaannya adalah "ukuran maksimal", maka Yamaha All New Soul GT125 dapat pula di jejali dengan ban ukuran 120/70 aka 2 level diatas ukuran standar. Tapi fokusnya hanya pada ban belakang saja lho ya...

Nah... permasalahannya adalah, ukuran ban 120/70 itu sangat jarang tersedia dipasaran, khususnya untuk ukuran diameter roda 14". Jadi, jika Anda kesulitan mendapatkan ban dengan ukuran tersebut, maka solusi terakhir adalah ukuran 120/80. Namun perlu perhatikan juga, bahwa referensi ukuran ban 120/80 diatas hanyalah untuk All New Soul GT125. Pasalnya, Soul GT generasi lama masih menggunakan ukuran velg yang lebih kecil, secara ukuran ban standarnya pun hanya 80/90.

Comments