Skip to main content

Wanita USA Penunggang Motor Besar, bukan motor skutik layaknya di Indonesia

Baca Juga

Motorisweb.com - Hanya kabar ringan, tapi cukup menarik... Ternyata kaum wanita di USA lebih menyukai motor besar jenis cruiser dibanding motor jenis skuter matic seperti umumnya di Indonesia.

Pada tahun 1990-an, jumlah pemotor wanita atau yang biasa disebut "lady biker" belumlah terlalu banyak. Anda yang generasi 90-an pasti ingat masa itu, dimana penunggang motor di Indonesia masih didominasi oleh kaum pria. Dan bukan hanya di Indonesia... Pun di negeri Paman Sam, Amerika Serikat pun seperti itu.

Menurut The Drive, edisi 11 September 2017, pada tahun 1998, di USA baru ada sekitar 8% pengendara dan pemilik motor yang berjenis kelamin wanita. Tapi beberapa tahun kemudian jumlah tersebut meningkat hingga hampir dua kali lipat. Yakni pada tahun 2014...

Nah... hal yang paling menarik bagi motorisweb adalah, bahwa rata-rata usia pemotor / biker disana sudahlah berusia cukup dewasa, bahkan sangat dewasa. Bayangkan... pemotor wanita di USA umumnya berusia dikisaran 39 tahun, dan pemotor prianya dikisaran usia 48 tahun. Bandingkan dengan rata-rata usia pemotor di Indonesia yang bahkan masih banyak yang dibawah umur (termasuk didalamnya adalah kaum pelajar).

Wanita USA Penunggang Motor Besar, bukan motor skutik layaknya di Indonesia

Fakta menarik lainnya adalah... ternyata sekira setengah dari seluruh pemotor wanita di USA mampu merawat motornya sendiri. Dan yang lebih hebat lagi, wanita pemotor di USA sangatlah memperhatikan perkara keselamatan. (Katanya.. ) 60% dari jumlah lady biker USA telah mengikuti kelas safety riding sebelum mulai bermotor dijalan raya. Dan 42% dari kaum prianya pun melakukan hal yang sama (mengikuti kelas safety riding).

Bandingkan dengan bikers Indonesia... berapa orang yang cukup memperhatikan safety riding...?

Kemudian perkara motor yang ditunggangi... nyatanya wanita Indonesia sangat suka dengan motor-motor jenis skuter matic. Sama sekali berbeda dengan kaum wanita di USA yang gemar mengendarai motor cruisers seperti kaum pria.

Menurut data persentasenya, 34% lady biker di USA mengendarai motor besar jenis cruiser. Kemudian pengendara motor skutik di angka 33% dan 10% sisanya adalah penunggang motor jenis sport.

Dari jumlah lady biker penunggang motor besar, merk terlaris disana adalah Ducati Scrambler dan Honda Rebel.

Hingga saat ini jumlah penunggang sepeda motor di USA masih didominasi pria. Namun begitu, jumlah pemotor wanitanya pun terus meningkat.
Sumber: detik.com, the drive, 11 September 2017

Comments