Museum Honda di Jepang, Tempat Motor Pertama Honda Sampai Sekarang

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro dan Tante Sis sekaligus, serta hadirin pembaca yang berbahaya... Jika Anda pecinta merk Honda, perlu rasanya Anda tahu perihal Honda Collection Hall. Itu adalah nama museum Honda di Jepang yang merupakan tempat penyimpanan motor pertama Honda sampai sekarang.

Di museum inilah tempat tersimpannya mesin kendaraan pertama yang diciptakan oleh Soichiro Honda.

Selain mesin kendaraan pertama Honda, disana juga tersimpan motor-motor serta mobil-mobil Honda, termasuk juga Asimo, yaitu robot canggih nan pintar ciptaan pabrikan Honda Jepang.

Honda Collection Hall Jepang terletak di dalam Sirkuit Montegi dengan ketinggian tiga lantai.

Untuk dapat melihat langsung koleksi Honda Collection Hall, Anda harus menebus tiket masuk seharga 1.000 Yen (kira-kira setara dengan Rp120,000). Namun sejatinya tiket tersebut bukanlah tiket masuk museum, melainkan tiket masuk ke kawasan Sirkuit Montegi. Sementara itu, untuk masuk kedalam museum, Anda sesungguhnya tidaklah dikenakan biaya apa pun aka gratis.

Beragam motor dan mobil yang tersimpan disana, mulai dari motor utilitas harian hingga motor balap berteknologi tercanggih. Demikian keterangan dari Deputy Head of Corporate Communication PT.Astra Honda Motor, Ahmad Muhibbuddin.

Setelah masuk kedalam museum, di lantai satu Anda akan mendapati motor Honda Super Cup C100 serta motor-motor sport fairing semisal Honda RC211V, RV213V, RS250RW, dan lainnya.

Honda Super Cup C100 merupakan motor yang cukup fenomenal dijamannya. Diproduksi secara massal pada kali pertama di Pabrik Honda Suzuka, Jepang pada tahun 1960.

Pada perkembangannya, seiring meningkatnya kebutuhan masyarakat akan sepeda motor, maka Honda mulai memproduksi Super Cup C100 di beberapa negara lain di dunia.

Puas melihat-lihat dilantai satu, segera menuju lantai dua, dimana disana tersimpan kendaraan yang justru lebih klasik lagi. Dia adalah sepeda onthel dengan mesin generator radio yang telah dimodifikasi sedemikian rupa.

Museum Honda di Jepang, Tempat Motor Pertama Honda Sampai Sekarang

Sepeda bermesin generator inilah yang menjadi cikal-bakal dari motor Honda modern dimasa sekarang.

Lanjut ke lantai tiga, maka dapat Anda saksikan berbagai model motor balap andalan Honda. Salah satunya adalah RC211V yang merupakan kuda pacu Valentino Rossi saat meraih gelar juara dunia MotoGP pada tahun 2003 lalu (Mtw).
Sumber: liputan6.com

Comments