Pertamina Lubricant, Produsen Oli Nasional yang Go Internasional

Baca Juga

Motorisweb.com - PT.Pertamina Lubricants kembali melakukan penetrasi pasar ke wilayah Timur Tengah. Kali ini wilayah invasinya adalah Mesir.

Melalui Manager Grease and Specialty Products, Eko Budiarso dan Sales Area Manager V Retail Surabaya, Wahyudi Kurniawan disertai oleh Atase Perdagangan KBRI Cairo, Burman Rahman, mereka telah menyepakati transaksi kontrak penjualan pelumas dengan perusahaan Mesir, yakni Ashrafco, pada tanggal 28 September 2017 lalu di Kairo.

Menurut Eko Budiarso, penjualan Pelumas Pertamina ini merupakan trial order satu kontainer 20 feet yang mimiliki nilai US$56,695 atau Rp737 juta.

Sebagai jawabannya, Direktur Utama Ashrafco, Dr.Khaleed Hammad menyatakan bahwa kontrak ini adalah awal yang baik bagi hubungan Ashrafco bersama PT.Pertamina Lubricants, Indonesia. Khaled merasa yakin bahwa pelumas-pelumas produksi dari Pertamina memiliki kualitas tinggi dan mampu bersaing dengan produk-produk serupa di pasar Mesir.

Pertamina Lubricant, Produsen Oli Nasional yang Go Internasional

Duta Besar Indonesia untuk Mesir, Helmy Fauzy menjelaskan, PT.Pertamina Lubricants telah menjajaki peluang pengembangan pasar pelumas Indonesia di Mesir pada bulan Juni 2017 melalui delegasi PT.Pertamina Lubricants yang dipimpin oleh Direktur Sales & Marketing PT.Pertamina Lubricants, Andria Nusa. Penjajakan diawali dengan beberapa pertemuan bisnis dengan enam perusahaan Mesir yang sebelumnya telah mengimpor produk-produk part otomotif dari Indonesia semisal ban dan velg mobil

Ashrafco adalah perusahaan yang memiliki reputasi baik, bahkan merupakan peraih Primaduta Award 2016 karena loyalitasnya dalam membeli produk-produk asli Indonesia. Ashrafco juga merupakan agen tunggal untuk produk velg dari PT.Prima Alloy sejak tahun 1999, agen tunggal velg dari PT.Bangun Sarana Alloy sejak tahun 2004 serta agen tunggal ban dari PT.Elang Perdana sejak 2005.

Mengenai transaksi satu kontainer tersebut diatas, rencana pengirimannya akan segera dilakukan pada Oktober 2017 ini.

Jumlah populasi penduduk Mesir yang mencapai 93,62 juta jiwa (menurut Capmas September 2017), menjadikan negara Afrika-Arab tersebut sebagai pasar yang cukup potensial bagi produsen pelumas Indonesia.

Sejatinya saat ini sudah terdapat lebih dari 10 produk pelumas (lokal dan internasional) yang telah mendominasi pasar Mesir. Namun demikian, PT.Pertamina Lubricants merasa yakin bahwa produk-produknya mampu bersaing dengan merk lain di Mesir.

PRODUK-PRODUK PERTAMINA LUBRICANT
Sesuai dengan namanya, PT.Pertamina Lubricant adalah salah satu anak perusahaan dari PT.Pertamina yang bergerak dalam produksi minyak pelumas mesin (oli). Dan beberapa diantara produk-produknya adalah,

* Fastron, adalah oli untuk mesin bensin modern. Fastron merupakan oli jenis semi synthetic, yaitu hasil perpaduan antara oli mineral dengan bahan sintetis,

* Prima XP SAE 20W-50, adalah oli untuk mobil bermesin bensin. Namun demikian, ada juga orang-orang yang menggunakannya untuk pelumas mesin sepeda motor.

Sebenarnya penggunaan oli mobil pada sepeda motor dengan model kopling basah sangatlah tidak disarankan. Karena jika dipaksakan, dalam jangka panjang dapat mengakibatkan slip pada kopling.

Terjadinya slip kopling tersebut disebabkam karena oli untuk mobil tidak mengandung anti-slip. Dapat dipahami karena mobil menggunakan tipe kopling kering, berbeda dengan motor (tipe manual) yang menggunakan kopling jenis basah.

Mengenai cara pemilihan oli yang tepat untuk sepeda motor, saya sudah pernah membahas sebelumnya. Anda dapat menuju kotak pencarian disitus ini.

* Mesran Super SAE 20W-50 adalah pelumas mesin bensin yang sudah cukup dikenal oleh masyarakat Indonesia sejak lama. Apalagi diera 1990-an, Oli Mesran sudah pernah bekerjasama dengan Motor Honda untuk aplikasi pada Astrea dan GL series.

* Mesrania 2T Super-X merupakan pelumas untuk mesin bensin dua langkah yang menggunakan pendingin cairan (air), misalnya mesin tempel, speed boat, mesin ketam, mesin gergaji, bajaj, bemo dan lainnya.

* 2T Enviro adalah pelumas untuk mesin bensin 2 Tak berpendingin udara, seperti sepeda motor, mesin gergaji (chain saw) atau pun mesin potong rumput.

2T Enviro merupakan pelumas berjenis semi sintetis yang terbuat dari bahan dasar mineral dan Poly Isobutylene.

* Enduro 4T adalah oli mesin motor 4 langkah dengan additif anti-slip kopling serta telah memenuhi standar JASO-MA dan API-SJ serta memiliki kekentalan 20W-50.

* Enduro 4T Racing adalah pengembangan dari Enduro 4T. Tidak seperti Enduro 4T yang berjenis mineral, Enduro 4T Racing merupakan oli jenis semi sintetis. Dilengkapi dengan additif anti-slip kopling yang lebih kuat sehingga memenuhi standar JASO-MA2 dan API-SL.

Selain standarisasi / sertifikasi yang lebih tinggi, Enduro 4T Racing juga memiliki viskositas (kekentalan) yang lebih rendah, yakni SAE 10W-40. Dengan viskositas dikisaran tersebut, Pertamina menjamin oli Enduro 4T Racing lebih ringan untuk akselerasi motor, lebih irit bahan bakar serta memberi perlindungan yang lebih baik pada mesin motor.

* Enduro Matic adalah varian lain dari Enduro 4T series. Dan sesuai dengan namanya, Enduro Matic diperuntukkan bagi mesin sepeda motor 4 langkah dengan sistem transmisi otomatis dan tipe kopling kering.

***

Beberapa produk diatas hanyalah beberapa contoh dari beragam oli (pelumas) produksi dari Pertamina Lubricant.
Sumber: wikipedia, sindonews, 1 Oktober 2017, dan pengetahuan pribadi penulis

Comments