Museum Polri Jakarta, Surabaya dan Semarang

Baca Juga

Motorisweb.com - Biar nggak jenuh ngomongin motor terus, kali ini Mtw akan share artikel mengenai Museum Polri yang terdapat di Jakarta, Surabaya dan Semarang. Dilengkapi dengan alamat, jam kunjungan serta informasi tiket masuknya.

MUSEUM POLRI JAKARTA
Diresmikan oleh Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 1 Juli 2009 yang merupakan hari Ulang Tahun Polri.

Didepan museum terdapat patung Bapak Kepolisian RI, yakni R.S.Soekanto Tjokrodiatmodjo. Patung monumen tersebut diresmikan pada 14 Februari 2001 oleh Presiden Abdurrahman Wahid (Gus Dur).

Awal ide berdirinya Museum Polri Jakarta dicetuskan oleh Jend.Bambang Hendarso Danuri yang adalah Kapolri periode 1 Oktober 2008 hingga 22 Oktober 2010.

Museum Polri Jakarta, Surabaya dan Semarang

Di dalam ruang pamer lantai dasar terpampang beberapa kendaraan kepolisian dimasa lalu, seperti sepeda onthel dan sepeda motor patroli polisi tandem yang dahulu digunakan selama masa pendudukan Belanda hingga masa kemerdekaan RI.

Koleksi persenjataan dan peralatan kepolisian diantaranya senjata mesin HMG/SG 43 dari Uni Soviet, tahun produksi 1946 yang pernah digunakan oleh Resimen II Brimob Jawa Barat selama masa perang Papua 1963. Selain itu ada juga Roket SPG 82 dari Uni Soviet, produksi 1946.

Masih dilantai satu, ada sepeda kumbang Soekitman yang menjadi saksi bisu gerakan 30 September 1965 (G30S/PKI).

Koleksi senjata yang lainnya adalah Garand M1 dari Amerika Serikat produksi 1917, Senapan Lee Enfield dari Inggris 1917 serta Senapan Mauser dari Jerman yang diproduksi pada kisaran tahun 1920 hingga 1938.

Selain koleksi senjata, di lantai satu museum juga dipamerkan beragam peralatan kepolisian yang pernah digunakan untuk kebutuhan komunikasi dan alat penyidikan kasus kejahatan dimasa itu.

Masih dilantai yang sama, terdapat Hall of Fame yang merupakan kutipan kata-kata dan foto-foto mantan Kapolri.

Beralih ke lantai 2 museum...

Dilantai ini terdapat bermacam-macam koleksi atribut dan seragam kesatuan polisi, tanda pangkat, dokumentasi (foto-foto bersejarah) serta peralatan deteksi uang palsu dan narkotika. Selain itu terdapat juga ruang laboratorium forensik dan identifikasi serta Kid Corner.

Di lantai ini juga dipamerkan aksi-aksi satuan kepolisian dalam melawan terorisme. Terdapat pula miniatur Monumen Gorom untuk mengenang keterlibatan Polri dalam operasi Trikora 1962.

Kemudian ke lantai tiga... Disana terdapat perpustakaan, ruang pameran temporer serta ruang audio visual. Ada pula monitor LCD yang menayangkan film-film dokumenter.

Museum Polri Jakarta dilengkapi dengan toilet serta pendingin udara disetiap lantainya. Hal itu tentunya demi kenyamanan pengunjung museum.

Alamat:
Jl.Trunojoyo No.3, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan
Telp.021-7210654

Hari/jam kunjungan:
Selasa-Minggu, 09.00-16.00
Tiket masuk:
Gratis.

MUSEUM POLRI SURABAYA
Nama lainnya adalah Museum Hidup 'Hoofdbureau' Polrestabes Surabaya.

Alamat:
Hoofdbureau, Jl.Sikatan No.1, Surabaya.

Diresmikan oleh Kapolri, Jend.Polisi Badrodin Haiti pada 10 October 2015. Areanya tidak begitu luas, namun tetap menyenangkan untuk dikunjungi, utamanya karena gratis aka tidak perlu beli tiket masuk. Cukup dengan menyerahkan KTP pada petugas di pos jaga museum.

Dimuseum Polri Surabaya terdapat sebuah koleksi lonceng berbahan kuningan yang dibuat oleh Paul Van Vlissingen dan Dudok Van Heel dari perusahaa Werkspoor pada 1843. Dan pada 1850 lonceng tersebut barulah tiba di Surabaya, berbarengan dengan selesainya pembangunan gedung Hoofdbureau van Politie te Soerabaia kala itu.

Koleksi lain di Museum Polri Surabaya adalah sepeda patroli yang diproduksi oleh Vesting Werrig Gedep pada kisaran tahun 1920 hingga 1925. Sepeda patroli inilah yang dahulu digunakan oleh polisi lokal bentukan Belanda yang dikenal bernama Polisi Penjaga Perkotaan.

Didalam museum, dipamerkan pula berbagai peralatan yang pernah digunakan oleh Polrestabes Surabaya dalam mengungkap kasus-kasus kejahatan. Diantaranya adalah alat penyadap suara, perekam suara, alat identifikasi, pencetak foto, pengering foto serta printer. Disana juga dipamerkan koleksi seragam yang pernah dipakai oleh kepolisian RI.

Tak ketinggalan koleksi senjata, diantaranya pistol Lee Enfield dari Inggris tahun 1895, pistol Leger Parabellum buatan tahun 1898, Shotgun Colt Doble Hammer dari Amerika Serikat tahun 1875, pistol Cold Revolver 38 yang dibuat tahun 1945, SMR Bren MK III dari Britania tahun 1935, SKS/Coeng dari Uni Soviet tahun 1935 dan lainnya...

Dan rupanya, selain hanya peralatan kepolisian, di dalam Museum Polri Surabaya pun tersimpan brankas geser berwarna hitam yang bertuliskan Jacobson Van Den Berg & Co.

Jacobson Van Den Berg & Co adalah perusahaan asuransi yang berdiri pada 1 Juni 1860 di Amsterdam, Belanda.

Brankas geser tersebut adalah peninggalan Kantor Perdagangan Kolonial Belanda yang dulu bertempat di gedung Politie Commissariaat 3 Sectie.

MUSEUM POLRI SEMARANG
Diresmikan pada 1 juli 2004 oleh Drs.Da’i Bachtiar,SH yang adalah Kapolri saat waktu itu.

Musemum Polri Semarang terdapat di dalam kompleks Akademi Kepolisian (AKPOL) Semarang.

Alamat:
Jl.Sisingamangaraja, Semarang.
Hari/Jam Kunjungan:
Hari kerja, pukul.07:00-15:00,
Tikel masuk: Gratis,

Awalnya museum tersebut adalah Museum AKPOL, namun kemudian dikembangkan hingga menjadi Museum Polri.

Didalam Museum Polri Semarang terdapat koleksi foto-foto sejarah, rupa-rupa senjata, replika bom bali serta foto satelit gelombang tsunami Aceh.

* Jarak tempuh ke Museum Polri Semarang,
- Dari Bandara: 12 km,
- Dari Pelabuhan: 15 km,
- Dari terminal bus: 10 km,
- Dari stasiun KA: 7 Km

* Fasilitas Museum Polri Semarang
- Ruang Pameran Tetap,
- Ruang Penyimpanan Koleksi,
- Ruang Administrasi,
- Ruang Audio Visual,
- Kantin/Cafetaria,
- Toilet,

* Program Museum,
Ceramah, Workshop, Seminar, Penyuluhan,
(Mtw)
Sumber: thearoengbinaproject.com, evelineseva.wordpress.com, wisatadanbudaya.blogspot.com

Comments