Skip to main content

Penjualan Motor Honda Oktober 2017 Kalah Jauuuhhhhh....!!

Baca Juga

Motorisweb.com - Om Bro sekalian pastinya tahu kalau selama ini motor merk Honda di Indonesia adalah penguasa pasar. Market sharenya lebih dari 70%, bahkan hampir mencapai angka 80%. Dan jumlah mayoritas tersebut bukanlah hanya di Indonesia, melainkan diseluruh dunia. Tapi siapa sangka bahwa disalah satu belahan dunia ini ternyata Honda dapat dikalahkan penjualannya oleh merk lain yang notabene merk lokal. Setidaknya pada bulan Oktober 2017 kemarin ini.

Beberapa bulan yang lalu Mtw pernah menuliskan sebuah artikel diblog ini, yang isinya perkara perkembangan motor dan mobil merk asli Indonesia. Silahkan Om Bro ke kolom pencarian...

Dalam artikel tersebut, Mtw mengulas bagaimana cerita motor Kanzen yang harus tutup total, motor Viar yang hanya unggul disegmen roda tiga, serta motor Dayang, Pirus dan lain-lain.

Yang lebih tragis lagi adalah nasib mobil Kancil yang remuk dilahap regulasi runyam dan akhirnya harus tumbang dilindas Bajaj BBG. Belum lagi mobil Esemka yang yang ditinggal kabur oleh para pemesan gegara dihadang oleh barisan LCGC. Mobil Fin Komodo yang justru lebih laku di Afrika ketimbang ditanah airnya sendiri. Kemudian mobil GEA dan Tawon yang tidak mampu menyengat pasar otomotif bumi pertiwi ini.

Penjualan Motor Honda Oktober 2017 Kalah Jauuuhhhhh....!!

Ada apa sih dengan negeri ini? Kenapa para pejabatnya tidak merasa malu pada perdana menteri India yang mobil dinasnya hanya seharga Rp100 jutaan saja? Atau malu pada perdana menteri tetangga, Malaysia, yang rela menunggang mobil seharga Rp300 jutaan...

Kenapa tidak bisa Indonesia ini punya merk motor sebesar Hero, Bajaj dan TVS yang menjadi tuan rumah dinegeri sendiri? Kenapa Astra masih menjadi buntut Honda, Toyota dan Daihatsu? Kenapa tidak bisa seperti Hero Motorcorp yang berhasil meronta dari cengkeraman Honda?! Kenapa tidak bisa seperti TVS yang berani memerdekakan diri dari jajahan Suzuki?

Entahlah... hanya Alloh dan para elite negara yang tahu jawabannya.

Kembali ke bahasan...

Ini serius lho Om Bro... Jika tahun lalu Hero Motor di India masih mengekor jumlah penjualan Honda, ternyata selama bulan Oktober 2017 kemarin, Hero justru berhasil mengungguli Honda.

Hero Motocorp berhasil menguasai pasar sepeda motor di India dengan total penjualan sebanyak 631.105 unit. Selisih cukup banyak dengan Honda yang hanya mampu menjual produknya sejumlah 466.535 unit saja.

Merk asli India berikutnya yang terkenal dengan armada roda tiga. Ialah Bajaj yang berhasil menempati posisi ketiga dengan 382.464 unit penjualan selama satu bulan. Tuh hebat kan, Om Bro? Bajaj yang mengusung produk Pulsar dan gagal di Indonesia, ternyata dinegerinya cukup banyak diminati. Pun begitu dengan TVS dan Royal Enfield.

Sementara itu, meski secara urutan paling bontot, namun secara angka, penjualan Suzuki cukup banyak. Jumlahnya mencapai 50.178 unit dalam satu bulan. Untuk lebih detailnya, silakkan Om Bro pelototin data dibawah ini,

1. Hero Motocorp: 631.105 unit,
2. Honda: 466.535 unit,
3. Bajaj: 382.464 unit,
4. TVS: 317.411 unit,
5. Royal Enfield: 65.209 unit,
6. Suzuki: 50.178 unit, (Mtw)
Sumber: rushlane.com

Comments