Review Konsumsi BBM Jupiter Z1, Seberapa Iritkah?

Baca Juga

Motorisweb.com - Sebelumnya Mtw sudah pernah share artikel mengenai konsumsi bahan bakar Yamaha Jupiter Z1. Tapi waktu itu fokus artikelnya justru pada Honda Beat vs Mio J. Jadi saat itu Si Jupi perannya hanya sebagai tokoh figuran saja.

Berbeda dengan artikel terdahulu, kali ini Mtw akan fokus pada konsumsi BBM Yamaha Jupiter Z1 saja dengan menggunakan bahan bakar jenis pertalite.

Review ini adalah hasil test dari Kang Kobay, admin blog sakahayangna.com dan kobayogas.com.

Awalnya, selama lebih dari 2 tahun lamanya motor Jupiter Z1 milik Kang Kobay selalu meminum BBM jenis pertamax. Hingga suatu hari, gegara stock pertamax di SPBU yang dikunjungi Kang Kobay ternyata kosong, maka dengan setengah ragu, Kang Kobay menggunakan BBM Pertalite.

Sebagai informasi, pada saat menggunakan pertamax, konsumsi BBM Jupiter Z1-nya Kang Kobay mencatat angka paling irit pada rentang 56 km/liter (kondisi normal) dan 60 km/liter (sedikit modifikasi).

Angka 60 km/liter tersebut didapat dengan sedikit modifikasi pada bagian gear set. Tapi disayangkan, dengan modifikasi kecil tersebut, akselerasi Si Jupie jadi terasa agak lambat.

Kembali ke Pertalite...

Kang Kobay melakukan uji coba selama satu minggu menggunakan BBM pertalite. Salah satu diantaranya dengan cara touring jarak pendek ke Sukabumi.

Rute keberangkatan touring ditempuh oleh Kang Kobay melalui jalur Cileungsi - Sentul - Cibinong - Bogor Kota (lingkar luar) - Ciawi - Sukabumi.

Kesan pertama yang terasa dari BBM pertalite tersebut adalah akselerasi motor yang terasa berat pada saat cuaca panas dan macet. Performa motor melambat serasa sedang berboncengan, meski sebenarnya riding sendirian.

Singkat cerita, sampailah Kang Kobay dilokasi tujuan...

Feel terbalik terasa pada perjalanan pulang pada malam hari. Akselerasi terasa ringan seperti pada saat menggunakan bahan bakar pertamax.

Perjalanan pulang dilakukan melalui jalur Cihideung dan menemui beberapa titik kemacetan, yakni di terminal Cihideung dan sepanjang ruas jalan Ciomas - Batutulis.

Review Konsumsi BBM Jupiter Z1, Seberapa Iritkah?

HASIL UJI COBA
Data uji coba yang dilakukan oleh Kang Kobay adalah sebagai berikut,
- Motor: Yamaha Jupiter Z1
- Tahun: 2015, Februari
- Kondisi motor: standar
- Tinggi / berat pengendara: 165cm/60kg
- Bahan bakar: pertalite
- Oli mesin: PFT hijau

Dari hasil pengujian diatas, Kang Kobay menyimpulkan bahwa Jupiter Z1 miliknya dengan meminum pertalite menghasilkan penurunan performa disiang hari. Sementara untuk pemakaian malam hari, performa motor tetap baik.

Konsumsi bahan bakar,
- Total jarak tempuh: 158 km
- Total konsumsi BBM: 2,97 liter
- Rerata konsumsi BBM: 158/2,97 = 53,1 km/liter

Dari data tersebut diatas, jelas terlihat bahwa penggunaan bahan bakar pertamax menghasilkan konversi yang lebih irit.

Jika takarannya hanya perkara irit, Mtw rasa hasil akhirnya akan seimbang, mengingat harga pertamax lebih mahal ketimbang pertalite. Namun jika menyangkut hal lain, jelas pemakaian pertamax lebih menguntungkan karena performa motor jadi lebih optimal.

Comments